PERAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN DALAM PEMBELAJARAN

Authors

  • Alfina Lailan STAI Darul Ulum Kandangan

Keywords:

Peran, Teknologi Pendidikan, Pembelajaran

Abstract

Ilmu pendidikan berkembang dengan pesat. Kemajuan teknologi berdampak besar terhadap segala bidang, termasuk pendidikan. Pembangunan sistem pendidikan di Indonesia hanya mungkin dapat terlaksana sebagai yang diharapkan apabila dipahami arti penting teknologi pendidikan dan dengan demikian maka peran dan potensinya dapat diwujudkan secara optimal. Teknologi pendidikan bukan hanya ilmu pengetahuan, tetapi juga merupakan sumber informasi dan sumber belajar yang memenuhi kebutuhan pendidikan dan mempermudah proses pembelajaran. Teknologi pendidikan tidak hanya terbatas pada alat dan barang atau perangkat keras saja tetapi juga perangkat lunak, dan perangkat otak. Bidang teknologi pendidikan meliputi desain, pengembangan, pemanfaatan, pengelolaan dan penilaian. Teknologi pendidikan berperan dalam meningkatkan produktivitas pendidikan, menyelenggarakan pendidikan kemungkinan-kemungkinan yang lebih bersifat individual, meningkatkan kemampuan belajar, memungkinkan distribusi kualitas pendidikan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Eka Nurillahwaty. Peran Teknologi Dalam Dunia Pendidikan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, Vol. 1, 2022

Miarso, Yusufhadi. 2011. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana

Salma, Dewi Prawiradilaga. 2013. Mozaik Teknologi Pendidikan E-Learning. Jakarta:Kencana.

Salma, Dewi Prawiradilaga, 2012. Wawasan Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana

Syafriafd Non. Peran Teknologi Pendidikan Dalam Pembelajaran. Jurnal Al- Aulia, Vol. 6, 2020.

Salsabila Unik Hanifah, Peran Teknologi Pendidikan Dalam Pembelajaran, Jurnal Keislaman dan Ilmu Pendidikan, Vol. 3, 2021.

https://www.kompasiana.com/tutinamaku/5bcaf02643322f2c44578c72/peranan-teknologi-dalam-dunia-pendidikan.

Downloads

Published

2024-07-05

How to Cite

Lailan, A. (2024). PERAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN DALAM PEMBELAJARAN. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 3(7), 3257–3262. Retrieved from https://ejournal.nusantaraglobal.or.id/index.php/sentri/article/view/3115