ANALISIS FAKTOR PENYEBAB KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA KELAS V SD NTO NATIONAL PLUS PRIMARY SCHOOL
Keywords:
Kesulitan belajar, matematika, faktor-faktor penyebabAbstract
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) kesulitan yang dialami oleh peserta didik kelas V SD NTO National Plus Primary School dalam pembelajaran matematika, 2) faktor peyebab kesulitan belajar matematika yang dialami oleh peserta didik kelas V. Metode penelitian ini yakni kualitatif, dengan teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, angket, wawancara, dokumentasi dan dilengkapi dengan catatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dengan jumlah informan yaitu 5 orang yang terdiri dari 1 guru mata pelajaran matematika kelas V dan 4 orang peserta didik. Dari hasil analisis data menunjukan bahwa jenis kesulitan belajar yang dialami oleh peserta didik kelas V SD NTO Nasional Plus Primary School yaitu kesulitan memahami konsep, kesulitan dalam keterampilan menghitung dan kesulitan dalam memecahkan masalah. Faktor penyebab kesulitan belajar matematika berasal dari faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal yang berasal dari dalam diri peserta didik meliputi sikap peserta didik dalam belajar matematika, motivasi peserta didik yang masih kurang, kesehatan tubuh yang tidak optimal dan kemampuan pengindraan peserta didik yang kurang. Sedangkan faktor eksternal yang berasal dari luar diri peserta didik meliputi kurangnya variasi mengajar guru, penggunaan media pembelajaran yang belum berinovasi dan belum maksimal dan sikap guru dalam memberikan pelajaan yang kurang baik.
Downloads
References
Abas, N. I., Wardana, A. A., & Puspawati, D. (2022). Faktor Penggunaan E-Wallet Pada Generasi Milenial Di Area Solo Raya. Manager: Jurnal Ilmu Manajemen, 5(3), 262–269.
Afista, T. L., Fuadina, A. L., Aldi, R., & Nofirda, F. A. (2024). Analisis Perilaku Konsumtif Gen-Z Terhadap Digital E-wallet DANA. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 3344–3350.
Anjani, D. A. D., Misidawati, D. N. M. D. N., & Awali, H. A. H. (2022). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Generasi Z Dalam Menggunakan Sistem Pembayaran E-Wallet. Sahmiyya: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 124–134.
Kesuma, P., & Nurbaiti, N. (2023). Minat Menggunakan E-Wallet Dana Di Kalangan Mahasiswa Di Kota Medan. Jesya (Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Syariah), 6(1), 694–703.
Kurniawan, E., Sardini, S., Wulandari, C. H., & Silalahi, P. R. (2023). Analisis Minat Penggunaan Digital Payment di Kota Medan. Jurnal Manajemen Riset Inovasi, 1(1), 234–247.
Kurniawati, A., & Ariyani, N. (2022). Strategi Promosi Penjualan pada Marketplace Shopee. PROPAGANDA, 2(1), 65–79. https://doi.org/10.37010/prop.v2i1.514
Muhammad, P. W. (2023). Analisis Penggunaan E-Wallet Kalangan generasi Z di Yogyakarta dengan Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM). Doctoral dissertation, Universitas Islam Indonesia.
Natsir, K., Bangun, N., Attan, M. B., & Landias, J. S. (2023). Penggunaan Qris Sebagai Alat Pembayaran Digital Untuk Meningkatkan Produktivitas Umkm. Jurnal Serina Abdimas, 1(3), 1154–1163.
Nawawi, H. H. (2020). Penggunaan E-wallet di Kalangan Mahasiswa. Emik, 3(2), 189–205.
Prameswari, A. (2021). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Konsumen Dalam Menggunakan Sistem Pembayaran E-Wallet (Studi Kasus Pada Mahasiswa UINSU Medan). Al-Sharf: Jurnal Ekonomi Islam, 2(2), 126–139.
Pranurti, C. T., & Basmantra, I. N. (2023). Dompet Digital Sebagai Alat Alternatif Pembayaran Non-Tunai Pada Umkm Di Desa Padangsambian. Kaibon Abhinaya: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 27–33.
Simorangkir, Z. Z., & Afgani, K. F. (2021). The analysis on factors influencing the use of mobile payment system among generation Z in Bekasi city. Advanced International Journal of Business, Entrepreneurship and SMEs, 3(9), 334–348.
Sugiyono. (2019). METODE PENELITIAN KUANTITATIF KUALITATIF dan R&D. ALFABETA.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 rosalinda boleng, Wara Sabon Dominikus, Vera Rosalina Bulu
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.