PENGARUH ONLINE CONSUMER REVIEW DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI MARKETPLACE SHOPEE

Authors

  • Jumawan Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Edy Soesanto Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Fajar Cahya Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Cinka Amalia Putri Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Selvia Annisa Permatasari Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Sabrina Setyakinasti Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Merry Louis Ottay Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

DOI:

https://doi.org/10.55681/sentri.v3i6.2964

Keywords:

E-commerce, Ulasan Pelanggan, Kualitas Produk, Keputusan Pembelian

Abstract

Dalam era e-commerce yang semakin berkembang, interaksi antara ulasan pelanggan online dan kualitas produk memainkan peran penting dalam membentuk keputusan pembelian konsumen di marketplace. Artikel ini membahas pentingnya pemahaman tentang hubungan ini dalam konteks pembelian online. Pendahuluan memberikan gambaran umum tentang e-commerce, pertumbuhan marketplace, dan peran ulasan pelanggan serta kualitas produk dalam keputusan pembelian. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis interaksi antara ulasan pelanggan online dan kualitas produk serta dampaknya terhadap keputusan pembelian konsumen. Metode penelitian dilakukan dengan menganalisis literatur dan penelitian terkait yang telah dilakukan sebelumnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ulasan pelanggan yang positif dapat memperkuat persepsi konsumen tentang kualitas produk dan membentuk citra merek yang baik, sementara ulasan negatif dapat mengurangi kepercayaan konsumen dan mempengaruhi keputusan pembelian. Kualitas produk yang baik juga dianggap sebagai faktor utama dalam meningkatkan kepuasan konsumen, membangun reputasi merek yang kuat, dan mempengaruhi daya saing merek dalam pasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anasrulloh, M., W.H., M., & Haliza, H. (2024). Pengaruh Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Pada Market Place Shopee. Jurnal Ilmiah Ecobuss, 12(1), 13-18.

Ardianti, A.N. and W. Widiartanto. (2019). Pengaruh Online Customer Review dan Online Customer Rating terhadap Keputusan Pembelian melalui Marketplace Shopee. (Studi pada Mahasiswa Aktif FISIP Undip). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, vol. 8, no. 2, pp. 55-66

Fauziah, Y. (2023). Pengaruh Online Consumer Review, Kualitas Produk dan Persepsi Harga terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Komunikasi dan Ilmu Sosial, Vol. 1 (1)

Fitri Yanti, R., Wahyudi, H., & Amrullah, A. (2023). Pengaruh Online Customer Review dan Online Customer Rating terhadap Keputusan Pembelian Pelanggan Marketplace Blibli di Kota Padang. Seminar Nasional Riset Ekonomi Dan Bisnis, 1(1), 376–386.

Hasanah, U. ., Pudjoprastyono, H., & Izaak, W. C. . (2023). Pengaruh Online Customer Review Dan Online Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pada Marketplace (Studi Pada Pengguna Aplikasi Shopee Di Jawa Timur). Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 4(5), 6956–6963.

Nainggolan, R.A & David Humala Sitorus. (2023). Pengaruh Kualitas Produk Dan Review Produk Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Pada Marketplace Shopee Di Kota Batam. Jurnal Ekonomi &Amp; Manajemen Indonesia, 23(2), 49–59.

Nuraeni, Yuni Siti; Irawati, Dwi. (2021). Pengaruh Online Customer Review, Kualitas Produk, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee (Studi Kasus Pada Mahasiswa UBSI). Procuratio : Jurnal Ilmiah Manajemen, v. 9, n. 4, p. 439-450

Downloads

Published

2024-06-14

How to Cite

Jumawan, J., Soesanto, E., Cahya, F., Putri, C. A., Permatasari, S. A., Setyakinasti, S., & Ottay, M. L. (2024). PENGARUH ONLINE CONSUMER REVIEW DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI MARKETPLACE SHOPEE. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 3(6), 2854–2862. https://doi.org/10.55681/sentri.v3i6.2964