FAKTOR - FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENERAPAN SAK EMKM PADA UMKM BATIK DI SURAKARTA

Authors

  • Suvia Putri Anjani Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Surakarta
  • Astuning Saharsini Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.55681/sentri.v1i2.257

Keywords:

Pengetahuan Akuntansi, Sosialisasi, KesiapanPelaku UMKM, Penerapan SAK EMKM

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh variabel bebas pengetahuan akuntansi, sosialisasi, kesiapan pelaku UMKM terhadap penerapan SAK EMKM pada UMKM. Penelitian ini memiliki populasi yaitu 165 UMKM batik di Surakarta yang terdaftar di Dinas Koperasi UKM dan Perindustrian Kota Surakarta. Jumlah sample 62 responden UMKM batik di Surakarta. Data dikumpulkan dengan teknik kuisioner. Alat analisis penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda dan pengolahan data menggunakan program Statistik SPSS 19. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pengetahuan akuntansi dan kesiapan pelaku UMKM berpengaruh secara signifikan terhadap penerapan SAK EMKM, sementara untuk sosialisasi tidak berpengaruh secara signifikan terhadap penerapan SAK EMKM.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Badria., N & Diana., N (2018). Persepsi Pelaku Umkm Dan Sosialisasi Sak Elkm Terhadap Diberlakukannya Laporan Keuangan Yang Berbasis Sak Emkm 1 Januari 2018. Malang : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Malang.

Ghozali, Imam (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penelitian Universitas Diponegoro; Semarang.

Hudha, C (2017) . Pengaruh Tingkat Pendidikan, Pengetahuan Akuntansi dan Pelatihan Akuntansi terhadap penggunaan informasi akuntansi dimoderasi ketidakpastian lingkungan usaha kecil menengah.

Janrosi.,V (2018).Persepsi Pelaku UMKM Dan Sosialisasi SAK EMKM Terhadap Diberlakukannya Laporan Keuangan Yang Berbasis SAK EMKM 1 Januari 2018.Jurnal Akuntansi Keuangan Dan Bisnis, 11(1), 55–66.

Kurniawan., s Julianto., p &Paradita. A (2019) . Pengaruh Tingkat Penerapan Sistem Pencatatan Akuntansi, Tingkat Pemahaman Akuntansi Dan Tingkat Kesiapan Pelaku Umkm Terhadap Penerapan Sak Emkm Pada UMKM Di Kabupaten Gianyar..

Mouti, D. A (2020) . Pengaruh Persepsi Pemilik Dan Pengetahuan Akuntansi Pelaku Usaha Barbershop Terhadap Penggunaan Informasi Akuntansi.

Nuraisah.,S(2019). Mengungkap Kesiapan Umkm Dalam Menerapkan Sak Emkm Sebagai Salah Satu Strategi Menghadapi Era Industri 4.0.Skripsi thesis, Universitas Wiraraja. 600 – 657.

Pardita.,A , Julianto.,P ,& Kurniawan.,S (2019). Pengaruh Tingkat Penerapan Sistem Pencatatan Akuntansi, Tingkat Pemahaman Akuntansi dan Tingkat Kesiapan Pelaku UMKM Terhadap Penerapan SAK EMKM Pada UMKM di Kabupaten Gianyar. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Humanika.Vol. 9(3).

Prakoso.,A, Sinarasri.,A, &Sukesti.,F (2018). Latar Belakang Pendidikan, Pengaruh Latar Belakang Pendidikan, Pengetahuan Akuntansi Pemilik, Dan Ukuran Usaha Kecil Menengah (Ukm) Terhadap Penerapan Sak-Emkm Di Kota Semarang. Vol 9(1). Hal.48-62.

Putra.,A, Azlina dan Julita N (2018) . KECIL MENENGAH (SAK EMKM) PADA KOTA PEKANBARU (Studi Empiris Pada UMKM Di Kota Pekanbaru). Vol 1.;. www.siagaonline.com

Rismawandi.,R., Lestari.,I.R., & Meidiyustiani.,R (2017).Kualitas SDM, Persepsi Pelaku UMKM, Pemahaman UMKM, Sosialisasi SAK EMKM Terhadap Implementasi SAK EMKM.Owner : Riset Dan Jurnal Akuntansi, 6(1), 580-592. https://doi.org/10.33395/owner.v6i1.608

Rizky.,A (2021) . Pengaruh Pemahaman Akuntansi, Sosialisasi SAK EMKM, Tingkat Pendidikan Dan Motivasi Kerja Terhadap Implementasi SAK EMKM Di Kota Tangerang Selatan SKRIPSI Diajukan Kepada Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Untuk Memenuhi Syarat-Syarat Guna Meraih Gelar Sarjana A.;

Susilowati.,M, Marina.,A., & Rusmawati.,Z (2021). Pengaruh Sosialisasi Sak Emkm, Persepsi Pelaku Umkm, Dan Pemahaman Akuntansi Terhadap Penerapan Sak Emkm Pada Laporan Keuangan Umkm Di Kota Surabaya.

Sugiyono.(2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R & D. Bandung: CV Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: CV Alfabeta.

Tanmaela.,S (2021) . Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penerapan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro Kecil Dan Menengah (SAK EMKM) Terhadap EMKM Di Kota Banjarbaru. Vol 10.;http://journal.stiei-kayutangi-bjm.ac.id/

Downloads

Published

2022-10-17

How to Cite

Anjani, S. P., & Saharsini, A. (2022). FAKTOR - FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENERAPAN SAK EMKM PADA UMKM BATIK DI SURAKARTA. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 1(2), 558–569. https://doi.org/10.55681/sentri.v1i2.257