KAJIAN PELAKSANAAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN STIT HAFAS PRODI MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM DI MAN 1 INOVASI KOTA SUBULUSSALAM ACEH
Keywords:
Kajian PPL, Mahasiswa Prodi Manajemen Pendidikan IslamAbstract
PPL merupakan salah satu kegiatan akademik yang bersifat intrakurikuler yang mencakup latihan mengajar dan tugas-tugas kependidikan lainnya secara terbimbing, terarah dan terpadu untuk memenuhi persyaratan pembentukan tenaga profesional dalam kependidikan. Fokus kajian ini adalah upaya mendeskripsikan Kajian Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) bagimahasiswa program studi Manjemen pendidikan Islam STIT HAFAS yang dilaksanakan oleh empat orang mahasiswa yang tergabung dalam kelompok mahasiswa di MAN 1 Inovasi Kota Subulussalam tahunak ademik 2022-2023. Data diperoleh melalui kegiatan observasi berperan serta, wawancara, dan dokumentasi selanjutnya di analisa dengan menerapkan proses pengumpulan, reduksi, dan penarikan kesimpulan. Hasil pembahasan menunjukkan bahwa praktik pengalaman lapangan (PPL) mahasiswa MAN 1 Inovasi Kota Subulussalam sebagai upaya penguatan calon guru dan administrasi menjadi pendidik profesional dapat terlaksana dengan memuaskan, mulai dari tahap persiapan, pembekalan, pembuatan program kerja, yang meliputi: administrasi, pelaksanaan praktik mengajar, keterlibatan mahasiswa dalam kegiatan ektra kurikuler, pembelajaran pada bidang layanan khusus dan penilaian yang dilakukan oleh guru pamong dan dosen pembimbing.
Downloads
References
Hamalik, O. 2005.Pendidikan Guru BerdasarkanPendekatanKompet ensi.Jakarta: BumiAksara.
Sahertian, P. A. 1992. Paradigmakategori guru kaitannyadenganprofesionalisas itenagakependidikan.PidatoPeng ukuhan Guru Besar IKIP Malang.
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. 2014. Qualitative data analysis: a methods sourcebook. Sage Publications, Inc.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.