PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA BERBICARA BAHASA INGGRIS MATERI OFFERS AND SUGGESTIONS MELALUI METODE ROLE PLAYING KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 LUBUKLINGGAU TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Authors

  • Eva Gusseventini Sma Negeri 1 Lubuklinggau

DOI:

https://doi.org/10.55681/sentri.v1i2.249

Keywords:

Keterampilan, Role Play, Offers and Suggestions

Abstract

Salah satu kendala guru dalam mengajar pelajaran Bahasa Inggris adalah siswa lebih banyak menggunakan bahasa Indonesia sebagai alat komunikasi baik di sekolah maupun di rumah daripada menggunakan bahasa Inggris. Di lain sisi, pembelajaran bahasa Inggris di kelas lebih menjelaskan   pada ketrampilan membaca. Sementara itu, ketrampilan lain, utamanya ketrampilan berbicara ( speaking ) tidak banyak mendapat perhatian. Permasalahannya adalah bagaimana cara menanamkan dan mengajarkan  ketrampilan berbicara yang menarik di kelas. Salah satu alternatif        pemecahannya adalah  penerapan pembelajaran role play dengan materi offers and suggestion.  Tujuannya adalah mengkaji salah satu model pembelajaran yang efektif dalam upaya untuk memperbaiki kualitas proses pembelajaran mata pelajaran Bahasa Inggris yang berlangsung. Secara khusus, tujuan penelitian ini adalah untuk mengatasi masalah belajar Bahasa Inggris terutama untuk meningkatkan pemahaman dengan metode role play pada materi offers and suggestions . Tindakan dilaksanakan dalam 2 siklus dengan 2 kali pertemuan tiap siklus. Setiap siklus terdiri dari : Tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi, refleksi dan kembali ke tahap perencanaan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Sarwoko. 2016. English on Target for SMA/MA Grade X. Jakarta: Erlangga.

Sari K.D. 2017. BUPENA Buku Penilaian Autentik. Jakarta: Erlangga.

Kemendikbud.Bahasa Inggris Kelas XI Edisi Revisi 2017 Jakarta:Intan Pariwara

https://www.youtube.com/watch?v=DPQnIpVVHOU

https://core.ac.uk/download/275910049.pdf

Adelina, M. (2017). Terhadap Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris Siswa Pendahuluan Tinjauan Pustaka. Sap, 1(3), 344–353. https://doi.org/10.1016/j.jhealeco.2004.12.002.

Anggara W. Putra. Metode Role Playing Untuk Untuk Meningkatkan Keterampilan Siswa Kelas V SDN Wonosari 4. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 9 Tahun ke-5. 2016

Djamarah, Syaiful & Zain, A. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Arsyad, Azhar. 2010. Media Pembelajaran. Jakarta: RajaGrafindo Persada

Djumingin, Sulastriningsih. 2011. Strategi dan Aplikasi Model Pembelajaran Inovatif Bahasa dan Sastra. Makassar: Badan Penerbit UNM

________. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Angkasa.

https://wirahadie.com/materi-bahasa-inggris-kelas-11-bab-1/amp/

https://repositori.kemdikbud.go.id/19915/1/Kelas%20XI_Bahasa%20Inggris_KD%203.1%20%284%29.pdf

https://www.neliti.com/id/publications/267860/peningkatan-keterampilan-berbicara-bahasa-inggris-dengan-teknik-role-play-pada-s

Downloads

Published

2022-10-17

How to Cite

Gusseventini, E. (2022). PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA BERBICARA BAHASA INGGRIS MATERI OFFERS AND SUGGESTIONS MELALUI METODE ROLE PLAYING KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 LUBUKLINGGAU TAHUN PELAJARAN 2021/2022. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 1(2), 455–469. https://doi.org/10.55681/sentri.v1i2.249