FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU MAHASISWA DALAM MENYONTEK

Authors

  • Agustina Nicke Kakiay Universitas Gunadarma
  • Wigiyanti Universitas Gunadarma

DOI:

https://doi.org/10.55681/sentri.v1i2.247

Keywords:

Faktor yang Mempengaruhi- Perilaku-Menyontek-Mahasiswa

Abstract

Menyontek adalah perilaku menipu yang disebabkan oleh kurangnya kesadaran siswa akan pentingnya belajar dan tugas, serta keengganan untuk bekerja keras mempertahankan harga diri demi keberhasilan akademik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa ketakutan akan kegagalan dan tekanan orang tua untuk mencapai nilai yang baik merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi perilaku menyontek pada siswa. Ada beberapa faktor penyebab malas belajar, antara lain pengalaman, motivasi, mood/semangat yang kurang, dan fasilitas belajar yang kurang. Selain itu, siswa dapat terpengaruh untuk berperilaku malas jika orang tua mereka melakukannya juga. Ketakutan akan kegagalan dapat menjadi motivator yang kuat bagi siswa untuk menyontek, karena dapat menyebabkan konsep diri yang negatif, kecemasan dan pengalaman kegagalan. Tekanan yang diberikan orang tua serta tuntutan supaya lulus pada mahasiswa untuk mencapai nilai tinggi atau IPK yang tinggi merupakan faktor yang berkontribusi terhadap kecurangan, karena mahasiswa merasa mereka harus memenuhi tuntutan ini. Dosen psikologi diharapkan lebih serius dalam mengatasi dan membimbing mahasiswa yang melakukan perilaku menyontek. Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan berbagai layanan dan pendekatan. Sekolah memberikan hukuman dan sanksi yang lebih edukatif dan tepat kepada mahasiswa dengan tujuan untuk menunjukkan kesadaran mahasiswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

W. J. S. Poerwadarminta, “Kamus Umum Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka,” Diunduh dari BSE. Mahoni. com, 1989.

D. Hartanto, “Bimbingan dan Konseling Menyontek Mengungkapkan Akar Masalah dan Solusinya: Yogyakarta: PT.” Indeks, 2012.

A. Alhadza, “Masalah Perilaku Menyontek (cheating) di Dunia Pendidikan,” Online: www. depdiknas. go. id, 2007.

L. J. Moleong, “Moleong,” Metode Penelitian Kualitatif, 2019.

H. Syahatah, “Quantum Learning, Sukses Belajar Cara Islam,” Jakarta: PT Mizan publika. Diterjemahkan dari Ath-Thariq At-Tafawwuq: Ru’yah Islamiyyah, 2004.

H. B. Uno, “Perencanaan Pembelajaraan. jakarta: Bumi Aksara,” Search in, 2008.

S. Muhibbin, “Psikologi pendidikan dengan suatu pendekatan baru,” Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2000.

P. Suparno, “Filsafat konstruktivisme dalam pendidikan.” Yogyakarta: Kanisius, 1997.

N. S. Sukmadinata, “Landasan psikologi proses pendidikan,” 2019.

D. Ketut, “Proses Bimbingan Dan Konseling Disekolah,” 2016.

B. Slameto, “Faktor-faktor yang Mempengaruhinya,” Jakarta: Rineka Cipta, 2010.

M. Yaumi, “Pembelajaran berbasis multiple intelligences,” Jakarta: Dian Rakyat, pp. 642–650, 2012.

M. Deddy, “Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar, Bandung: PT,” Remaja Rosda Karya, 2002.

C. R. Pudjijogyanti, Konsep diri dalam proses belajar mengajar. Pusat Penelitian, UNIKA Atmaja Jaya, Bagian Penelitian Pendidikan, 1985.

Y. Indarto, “Hubungan Antara Orientasi Penguasaan dan Orientasi Performasi Dengan Intensi Menyontek (The Correlation between Mastery Oriented and Performance Oriented, and Intention of Cheating),” Sosiosains, vol. 17, no. 2004, 2004.

K. Wardan, PSIKOLOGI PENDIDIKAN (Konsep Dasar, Teori, dan Implikasinya dalam Pembelajaran). CV Literasi Nusantara Abadi, 2022.

M. Fitri, D. Dahliana, and S. Nurdin, “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Menyontek Pada Siswa SMA Negeri dalam Wilayah Kota Takengon,” JIMBK: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan & Konseling, vol. 2, no. 1, 2017.

E. M. Anderman, T. Griesinger, and G. Westerfield, “Motivation and cheating during early adolescence.,” J Educ Psychol, vol. 90, no. 1, p. 84, 1998.

C. Masada and S. Dachmiati, “Faktor pemengaruh perilaku siswa dan mahasiswa menyontek,” Sosio e-kons, vol. 8, no. 3, 2016.

B. Syaiful, “Guru dan anak didik dalam interaksi edukatif.” Rineka Cipta, 2014.

Downloads

Published

2022-10-17

How to Cite

Kakiay, A. N., & Wigiyanti, W. (2022). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU MAHASISWA DALAM MENYONTEK . SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 1(2), 427–433. https://doi.org/10.55681/sentri.v1i2.247