PENGARUH IKLAN, HARGA, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP PENJUALAN MELALUI MARKETPLACE LAPTOP AXIOO

Authors

  • Rahul Anwar Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Heni Rohaeni Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Indah Rizki Maulia Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Keywords:

Advertising, Price, Product Qualit, Sales

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Iklan, Harga, dan Kualitas Produk terhadap penjualan melalui marketplace. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif. Populasi pada penelelitian ini yaitu konsumen pada PT Tera Data Indonusa TBK. Penggunaan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Simple systematic Sampling dengan perhitungan rumus slovin yaitu didapatkan 100 orang konsumen. Data analisis menggunakan Smart PLS 3.0. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji validitas, uji reabilitas, uji r-square, uji q- square dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukan bahwa iklan tidak berpengaruh terhadap penjualan sebesar 62.5%. Harga tidak berpengaruh terhadap penjualan sebesar 73%. Kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap penjualan sebesar 89% dan sisanya sebesar 36,5% dipengaruhi faktor lain.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Gunawan, Didik Gunawan. 2022. “Pengaruh Label Halal, Electronic Word Of Mouth Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Skincare Safi Melalui Brand Image Dan Brand Trust.” Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam 8(1): 815.

Nuraeni, Yuni Siti, dan Dwi Irawati. 2021. “Pengaruh Online Customer Review, Kualitas Produk, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee (Studi Kasus Pada Mahasiswa Ubsi).” Procuratio :

Sumaa, Susilawati, Agus Supandi Soegoto, dan Reitty L Samadi. 2021. “Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Iklan Media Sosial Terhadap Minat Beli Di E-Commerce Shopee (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi Manado).” Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi 9(4): 304–13. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/36229.

Riyandika, M., & Saad, B. (2020). Pengaruh Good Corporate Governance terhadap Profitabilitas pada Sektor Perbankan yang Terdaftar di BEI pada Tahun. Jurnal Keuangan Dan Perbankan, 17, 35–45.

Janner Simarmata Aditya Halim Perdana Kusuma, Acai Sudirman, Agung Purnomo Siti Aisyah, Syafrida Hafni Sahir, Astri Rumondang Salmiah, Fitria Halim, Alexander Wirapraja Darmawan Napitupulu, Brand Management: Esensi, Posisi dan Strategi, Yayasan Kita Menulis, 2020, VI.

Ni Luh Gde Sari Dewi Astuti, I Gde Dirga Surya Arya Widhyadanta, dan Retno Juwita Sari, “Pengaruh Brand Image Dan Brand Awareness Lazada Terhadap Keputusan Pembelian Online,” E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, 10.10 (2021), 897 <https://doi.org/10.24843/eeb.2021.v10.i10.p07>.

Innes Hernikasari, Hapzi Ali, dan Hadita Hadita, “Determinasi Citra Merek Melalui Kepuasan Pelanggan Bear Brand: Analisis Harga Dan Kualitas Produk (Review Manajemen Pemasaran),” Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3.1 (2022), 437–50 <https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i1.1004>.

Ulfi Ansyah Alfitroch, “Pengaruh Iklan,Promo Gratis Ongkos Kirim, dan Diskon Terhadap Keputusan Pembelian Pada Aplikasi Belanja Online (Warga Rt 8 Kelurahan Karangbesuki Kota Malang),” Skripsi Manajemen, Universitas Islam Malang, 2019.

Fenny Krisna Marpaung et al., “Pengaruh Harga, Promosi, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Indomie Pada Pt. Alamjaya Wirasentosa Kabanjahe,” Jurnal Manajemen, LMII Medan, 7.1 (2021), 49–64 <http://ejournal.lmiimedan.net>.

Golan Hasan dan Winson Leon, “Seafood Purchase Decision In Batam Mediation By Product Quality Pengaruh Strategi Promosi , Harga , Iklan , Kualitas Pelayanan , Kepercayaan Pelanggan Terhadap Keputusan Pembelian Seafood Di Batam Dimediasi Oleh Kualitas Produk,” 4.January (2023), 189–99.

Maria Magdalena dan Suroso Winardi, “Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian pada Roti CV. Rima Bakery di Kota Padang,” Jurnal Pundi, 4.1 (2020), 55–70 <https://doi.org/10.31575/jp.v4i1.217>.

Susilawati Sumaa, Agus Supandi Soegoto, dan Reitty L Samadi, “Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Iklan Media Sosial Terhadap Minat Beli Di E-Commerce Shopee (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi Manado),” Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 9.4 (2021), 304–13.

Heni Rohaeni, “Peranan Promosi Melalui Personal Selling Terhadap Volume Penjualan,” Ecodemica, IV.2 (2016), 223–31.

Heni Rohaeni, “Pengaruh Harga, Promosi dan Inovasi Terhadap Kepuasan Pelanggan Provider Telkomsel Pada Generasi Milenial Muslim di Kota Bekasi,” Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 8.02 (2022), 2159–66.

Indah Rizki Maulia, “IJM : Indonesian Journal of Multidisciplinary Pengaruh Kompensasi dan Motivasi Kerja pada Kinerja Karyawan,” 1 (2023), 2435–46.

Indah Rizki Maulia, “Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan,” 1, 2024, 76–91.

Jumawan, J., Soehardi, S., Wijayaningsih, R., Jumawan, J., Winarso, W., Nursal, M. F., & Fikri, A. W. N. (2021). MODEL PENINGKATAN KEPUTUSAN KONSUMEN MELALUI KUALITAS PRODUK, HARGA DAN FOOD SAFETY UMKM IKAN ASIN PANIMBANGAN BANTEN. Jurnal Ilmiah Manajemen Ubhara, 3(2), 156-169. Winarso, W., Nursal, M. F., & Fikri, A. W. N. (2021). MODEL PENINGKATAN KEPUTUSAN KONSUMEN MELALUI KUALITAS PRODUK, HARGA DAN FOOD SAFETY UMKM IKAN ASIN PANIMBANGAN BANTEN. Jurnal Ilmiah Manajemen Ubhara, 3(2), 156-169.

Jumawan et al., “Penggunaan Analisis SWOT untuk Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Penjualan,” 4.1 (2024).

M Fadhli Nursal,Rana Adilah, dan Dewi Sri Wulandari, “PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH , HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SERUM HANASUI ( Studi Pada Mahasiswa Universitas Bhayangkara Jakarta Raya ),” 2 (2023), 2823–41.

M Fadhli Nursal et al., “Pengaruh kualitas pelayanan dan kualitas harga terhadap kepuasan pelanggan small street coffe rawalumbu bekasi,” 18.1 (2022), 68–74.

Downloads

Published

2024-03-05

How to Cite

Anwar, R., Rohaeni, H., & Maulia, I. R. (2024). PENGARUH IKLAN, HARGA, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP PENJUALAN MELALUI MARKETPLACE LAPTOP AXIOO. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 3(3), 1695–1710. Retrieved from https://ejournal.nusantaraglobal.or.id/index.php/sentri/article/view/2449