KEPEMIMPINAN INOVATIF KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING MADRASAH
Keywords:
Kepemimpinan, Inovatif, Daya SaingAbstract
Disetiap organisasi posisi dan peran pimpinan selalu sangat sentral. Maju dan mundurnya organisasi sangat tergantung pada sejauh mana pimpinan mampu berimajinasi memajukan organisasinya. Demikian pula dalam konteks madrsah sebagai organisasi, maka posisi kepala madrasah juga sangat dalam memajukan lembaga yang dipimpinnya. Seorang pemimpin yang inovatif adalah seorang pemimpin yang memiliki gaya kepemimpinan sebagai democratic style atau gaya kepemimpinan yang tidak mengambil keputusan dari sudut pandangnya saja melainkan mengumpulkan semua ide-ide dari seluruh pegawainya lalu melakukan musyarawah dan diputuskan bersama. Artinya menjadi seorang pemimpin yang inovatif adalah melalui gaya kepemimpinan yang diterapkan oleh pemimpin tersebut. Untuk memenangkan persaingan, para penyelenggara pendidikan setidaknya mempunyai sikap kompetitif dalam menjalankan tugas kelembagaannya. Terkait hal itu, pimpinan perlu melakukan analisis kebutuhan peserta didik serta memetakan kecenderungan dan kekuatan persaingan, menetapkan standar mutu, dan merumuskan tuntutan kebutuhan dan kecenderungan lingkungan.
Karakter kepemimpinan inovatif yang paling efektif adalah mampu menggambarkan secara jelas visi mereka tentang hasil akhir dari inovasi mereka. Mereka mampu dengan jelas menggambarkan cita cita, mimpi, harapan, dan imaginasi tentang perubahan yang ingin mereka capai. Mereka mampu melukiskannya dengan sangat baik, sehingga menginspirasi orang-orang yang dipimpinnya untuk bekerja lebih keras mewujudkannya. Daya saing madrasah dalam konteks era kekinian merupakan suatu hal yang mutlak. Daya saing ini berkorelasi dengan mutu madrasah, semakin berkualitas dan professional pengelolaan madrasah maka ia akan semakin kompetitif. Urgensi Peningkatan Mutu dan Daya saing Madrasah Penyelenggaraan pendidikan yang efektif dan efisien dari sebuah madrasah seharusnya mengacu kepada kepentingan masyarakat yang kompleks dan terus berubah dari setiap masa.Karena itulah,kapabilitas dan kompetensi kerja yang dimiliki oleh para lulusan madrasah harusnya memiliki kesesuaian dengan kebutuhan masyarakat:pengguna jasa lulusan.
Downloads
References
Ali, Zainuddin. (2008). Pendidikan Agama Islam. Cet. II; Jakarta: Bumi Aksara.
Asmani, Jamal Ma’mur (2009). Manajemen Pengelolaan dan Kepemimpinan Pendidikan Profesional. Jogjakarta: Diva Press.
Danim, et.al (2011). Profesi Kependidikan, Cet. II; Bandung: Alfabeta,
2011.
Dani, S..(2010). Kepemimpinan Pendidikan, kepemimpinan jenius (IQ+EQ),Etika, Perilaku Motivasional, dan Mitos. CV. Alfabeta.
Danim, Sudarwan. (2010).Perkembangan Peserta Didik. Cet. I; Bandung: Alfabeta.
Daradjat, Zakiah. (2000). Ilmu Pendidikan Islam. Cet.I; Jakarta: Bumi Aksara,
Dedi Mulyasana (2015). Pendidikan Bermutu dan Berdaya Saing, Cet ke III, Bandung, PT. Rosdkarya.
Fatah, Nanang (2008). Landasan Manajemen Pendidikan. Cet.8: Bandung: PT.Rosdakarya,
Hadis, Abdul dan Nurhayati. (2010) Manajemen Mutu Pendidikan. Cet. I; Bandung: Alfabeta.
Kartono, Kartini. (2010) Pemimpin dan Kepemimpinan. Cet. VIII; Jakarta: Raja Grafindopersada.
Marno dan Triyo Supriyatno (2008). Manajemen dan kepemimpinan Pendidikan Islam, PT. Refika Aditama
Mulyasa, EH. (2009) Menjadi kepala Madrasah Profesional, Bandung:PT Remaja Rosdakarya.
Muchsin, M. et al. (2010). Pendidikan Islam Humanistik: Alternatif Pendidikan Pembebasan Anak. Cet. I; Bandung: Refika Aditama,
Undang-undang RI Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Cet. IV; Jakarta: Sinar Grafika, 2011.
Undang-undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Rohiat, (2008). Kecerdasan Emosional Kepemimpinan Kepala Madrasah, PT. Refika Aditama,
Sri Damayanti, (2008). Profesionalisme Kepala madrasah. (online), (http://Akhmadsudrajat.wordpress.com, Profesionalisme Kepala Madrasah)
Wahjosumidjo. (2002). Kepemimpinan Kepala Madrasah. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.