INOVASI PRODUK UNTUK PENINGKATKAN REVENEU STREAM USAHA BUMDESA KRAMAT KECAMATAN DUDUKSAMPEYAN

Authors

  • Aries Kurniawan Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Saed Nabel Universitas Muhammadiyah Gresik

Keywords:

Inovasi, Desain Thinking, BUMDesa, Purwarupa

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana BUMDesa Kramat dapat m inovasi produk sehingga dapat memenuhi kebutuhan masyarakat. Desa Kramat Kecamatan Duduksampeyan, Kabupaten Gresik, Provinsi Jawa Timur.Melalui proses design thinking maka dapat diketahui inovasi yang harus dilakukan pengurus BUMDesa sehingga dapat memenuhi kebutuhan masyarakat desa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan data kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi kepada informan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Hasilnya, dengan adanya inovasi yang dilakukan dapat menghasilkan produk baru yang dapat memberikan kepuasan msyarakat dalam pemenuhan air bersih.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdillah, Yusri. "Inovasi dan pengembangan produk UKM handikraf untuk pasar pariwisata di Bali." Profit: Jurnal Administrasi Bisnis 10.2 (2016): 52-65.

Maulana, Yogi Sugiarto, and Alisha Alisha. "Inovasi Produk dan Pengaruhnya Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasus pada Restoran Ichi Bento Cabang Kota Banjar)." Inovbiz: Jurnal Inovasi Bisnis 8.1 (2020): 86-91.

Saputro, Samuel Henry, and Maria Widyastuti. "Analisis Minat Dan Keputusan Pembelian Melalui Harga, Kualitas Dan Inovasi." Jurnal Manajemen dan Bisnis (2022): 92-102.

Sholehah, Siti Daimatus. Analisis Inovasi Produk Pakaian Untuk Mencapai Keunggulan Bersaing Pada Usaha Penjahit Pakaian Di Desa Sukowono Kecamatan Sukowono Kabupaten Jember. Diss. Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember, 2022.

Yuliana, Yuliana, and Rahmat Hidayat. "Pengaruh Harga Dan Inovasi Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan." eProceedings of Applied Science 4.3 (2018).

Sisca, Sisca, et al. Manajemen Inovasi. Yayasan Kita Menulis, 2021.

Fajrillah, Fajrillah, et al. Smart entrepreneurship: peluang bisnis kreatif & inovatif di era digital. Yayasan Kita Menulis, (2020).

Primadiningsih, Ratu Amalia, And Rahmat Izwan Heroza. "Evaluasi Dan Perancangan Ulang User Experience Modul Registrasi Pada Simrs Khanza Menggunakan Metode Design Thinking" (Studi Kasus: Rsud Banyuasin). Diss. Sriwijaya University, (2022).

Hussein, Ananda Sabil. Metode Design Thinking untuk Inovasi Bisnis. Universitas Brawijaya Press, (2018).

Meinel, Christoph, and Larry Leifer, eds. Design Thinking Research: Interrogating the Doing. Springer Nature, (2021).

Leifer, Larry, and Christoph Meinel. "Looking further: Design thinking beyond solution-fixation."Design thinking research. Springer, Cham, (2019). 1-12.

Alwasilah, A. Chaedar. Pokoknya studi kasus: Pendekatan kualitatif. Kiblat Buku Utama, (2022).

Hussein, Ananda Sabil. "Metode Design Thinking untuk Inovasi Bisnis". Universitas Brawijaya Press, (2018).

Ahsani, Hafiz Fazrullah. Proses Branding Kallia Coffee Dalam Menghadapi Persaingan Bisnis. Diss. UMSU, (2021).

Putri, Salma Amaliani, et al. "Penerapan Design Thinking Eco-Boba dalam Pemanfaatan Limbah Cacahan Plastik dan Kemasan Paket E-commerce." Journal of Technopreneurship on Economics and Business Review 3.2 (2022): 71-81.

Downloads

Published

2022-09-19 — Updated on 2022-09-19

Versions

How to Cite

Kurniawan, A., & Nabel, S. (2022). INOVASI PRODUK UNTUK PENINGKATKAN REVENEU STREAM USAHA BUMDESA KRAMAT KECAMATAN DUDUKSAMPEYAN . SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 1(1), 54–62. Retrieved from https://ejournal.nusantaraglobal.or.id/index.php/sentri/article/view/195