STRATEGI PENGELOLAAN PROGRAM ADIWIYATA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA PEDULI LINGKUNGAN DI SMAN 1 GERUNG LOMBOK BARAT
Keywords:
Strategi Pengelolaan Adiwiyata, Karakter, lingkungan HidupAbstract
Strategi merupakan metode atau rencana yang dibuat melalui proses yang dilakukan secara khusus dengan melibatkan sumber daya manusia yang memadai dalam mencapai suatu tujuan yang diharapkan, strategi sangat diperlukan dalam pembelajaran sehingga akan berpengaruh terhadap pengelolaan pembelajaran terutama pembelajaran lingkungan yang mana akan membentuk karakater siswa. Pembentukan karakter siswa peduli lingkungan bisa diterapkan dengan adanya program adiwiyata, namun dalam penerapannya belum berjalan dengan baik disebabkan tidak semua orang atau peserta didik di sekolah mempunyai perilaku hidup sehat. Kurangnya kesadaran akan pentingnya lingkungan bersih dan sehat disekolah dikarenakan potensi SDM yang minim, sarana dan prasarana yang kurang memadai serta kurangnya manajemen pengelolaan lingkungan hidup dan kurangnya campur tangan dari lingkungan keluarga, responsif para guru, siswa dan karyawan sekolah terhadap pengelolaan sekolah yang berwawasan lingkungan hidup serta sulitnya menerapkan kantin bebas 4P (plastik, pewarna, pemanis, pengawet) sesuai standar adiwiyata
Downloads
References
Afriyeni, Y. (2018). Pembentukan karakter anak untuk peduli lingkungan yang ada di sekolah adiwiyata mandiri SDN 6 Pekanbaru. PAUD Lectura. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 123-.
Angreani, A., Saefudin, S., & Solihat, R. (2022). Virtual laboratory based online learning: Improving environmental literacy in high school students. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 8(1), 10–21. https://doi.org/10.22219/jpbi.v8i1.18120
Handayani, T., Wuryadi, W., & Zamroni, Z. (2015). Pembudayaan Nilai Kebangsaan Siswa Pada Pendidikan Lingkungan Hidup Sekolah Dasar Adiwiyata Mandiri. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 3(1), 95–105. https://doi.org/10.21831/jppfa.v3i1.7815
Hasanah, U., & Deiniatur, M. (2018). Character Education in Early Childhood Based on Family. Early Childhood Research Journal (ECRJ), 1(1), 50–62. https://doi.org/10.23917/ecrj.v1i1.6578
Istiqomah, S. S. (2021). The formation of student character education during distance learning. ETUDE: Journal of Educational Research, 1(3), 87–95. https://alejournal.com/index.php/etude/article/view/32
Jeronen, E., Jeronen, J., & Raustia, H. (2009). Environmental education in Finland - A case study of environmental education in nature schools. International Journal of Environmental and Science Education, 4(1), 1–23.
Landriany, E. (2014). Implementasi kebijakan adiwiyata dalam upaya mewujudkan pendidikan lingkungan hidup di SMA Kota Malang. Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan, 2 No 1.
Lloret-Climent, M. (1999). Systems approach to the concept of mutation. Cybernetics and Systems, 30(3), 249–259. https://doi.org/10.1080/019697299125271
MARINI, A. (2017). Character Building Through Teaching Learning Process: Lesson in Indonesia. PONTE International Scientific Researchs Journal, 73(5). https://doi.org/10.21506/j.ponte.2017.5.43
Mariyati, l. I., & prihatiningrum, a. E. (2018). Gambaran perilaku sehat guru smp sebagai inisiator sekolah adiwiyata dengan model teori planned behavior. Prosiding Semnas Ppm, 1(1), 1727.
Mukminin. (2014). Strategi pembentukan karakter peduli lingkungan di sekolah adiwiyata mandiri. Jurnal Pendidikan Islam, 19.02.227-.
Rokhman, F., Hum, M., Syaifudin, A., & Yuliati. (2014). Character Education for Golden Generation 2045 (National Character Building for Indonesian Golden Years). Procedia - Social and Behavioral Sciences, 141, 1161–1165. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.05.197
Siti Badriyah Rushayati, M. N. A. (2018). Program Efektivitas Adiwiyata Terhadap Perilaku Ramah Lingkungan Warga Sekolah Di Kota Depok. Jurnal Pengelolaan Sumberdaya Alam Dan Lingkungan (JPSL), 8 No.2.
Somsak, K., Adisak, S., & Paitool, S. (2015). A development of participation of primary school students in conservation of school environments. Educational Research and Reviews, 10(18), 2599–5605. https://doi.org/10.5897/err2015.2420
Suhirman, S., & Yusuf, Y. (2019). The effect of problem-based learning and naturalist intelligence on students’ understanding of environmental conservation. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 5(3), 387–396. https://doi.org/10.22219/jpbi.v5i3.9817
Sumarmi, Wahyuningtyas, N., Sahrina, A., & Aliman, M. (2022). The Effect of Environmental Volunteer Integrated with Service Learning (EV_SL) to Improve Student’s Environment Care Attitudes and Soft Skills. Pegem Egitim ve Ogretim Dergisi, 12(1), 168–176. https://doi.org/10.47750/pegegog.12.01.16
Wardani, D. N. K. (2020). Analisis Implementasi Program Adiwiyata dalam Membangun Karakter Peduli Lingkungan. Journal of Islamic Education Management, 1(1), 60–7.
Zubaidah, S., Ismanto, B., & Sulasmono, B. S. (2007). Evaluasi program sekolah sehat di Sekolah Dasar Negeri. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(1), 72–8.
Zurqoni, Retnawati, H., Arlinwibowo, J., & Apino, E. (2018). Strategy and implementation of character education in senior high schools and vocational high schools. Journal of Social Studies Education Research, 9(3), 370–397. https://doi.org/10.17499/jsser.01008
اMs. Kyungok Lee. (2006). The relationship of school year, sex and proficiency on the use of learning strategies in learning English of Korean junior high school students. Jurnal Asen EFL, 1999(December), 1–6.