PENGARUH RASIO KEUANGAN TERHADAP PERTUMBUHAN LABA PADA PERUSAHAAN FOOD AND BEVERAGE YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE TAHUN 2017-2021

Authors

  • Hayyin Aziza Firly Universitas Muhammadiyah Ponorogo
  • Arif Hartono Universitas Muhammadiyah Ponorogo
  • Titin Eka Ardiana Universitas Muhammadiyah Ponorogo

DOI:

https://doi.org/10.55681/sentri.v2i8.1393

Keywords:

Current Ratio, Total Asset Turnover, Debt to Equity Ratio, Return On Assets, Pertumbuhan Laba

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh rasio keuangan terhadap pertumbuhan laba pada perusahaan food and beverage yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2017-2021. Sampel dalam penelitian ini yaitu 10 perusahaan pada sub sektor food and beverage  yang memiliki laporan keuangan periode tahun 2017-2021. Dengan menggunakan teknik crandom sampling di dapatkan jumlah sampel sebanyak 50 sampel. Data Penelitian ini kemudian diproses dan di analisis menggunakan Regresi Linear Berganda dengan menggunakan Program SPSS. Hasil pengujian hipotesis pertama menunjukkan bahwa current ratio tidak berpengaruh terhadap pertumbuhan laba. Hal ini disebabkan karena pertumbuhan laba lebih banyak disebabkan pada faktor-faktor lain seperti penjualan yang meningkat, pengendalian biaya yang efektif serta manajemen risiko yang baik. Hasil pengujian hipotesis kedua menunjukkan bahwa total assets turnover tidak berpengaruh terhadap pertumbuhan laba. Hal ini karena prioritas perusahaan dalam menggunakan asetnya bukan untuk tujuan penjualan, melainkan untuk menjamin hutangnya, sebagaimana yang terlihat dari data yang menunjukkan hutang perusahaan sampel yang rata-rata meningkat. Hasil pengujian pada hipotesis ketiga menunjukkan bahwa debt to equity ratio berpengaruh negative signifikan terhadap pertumbuhan laba. Hal ini karena nilai debt to equity ratio rendah maka biaya hutang beserta bunga yang harus di bayar perusahaan juga rendah sehingga mengakibatkan perusahaan dapat memiliki laba yang tinggi dan berpengaruh pada pertumbuhan laba. Hasil pengujian pada hipotesis keempat menunjukkan bahwa return on assets berpengaruh negatif terhadap pertumbuhan laba. Hal ini mengindikasikan bahwa perusahaan kurang efisien mengelola aktiva yang dimilikinya untuk proses produksi. Hasil pengujian hipotesis simultan menunjukkan bahwa current ratio, total assets turnover, debt to equity ratio dan return on assets  secara simultan berpengaruh terhadap pertumbuhan laba dengan tingkat determinasi sebesar 69,2%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Brigham, E. F., & Houston, J. F. (2016). Dasar-Dasar Manajemen Keuangan Edisi 14. Jakarta: Salemba Empat.

Handayani, A. (2013). Analisis Rasio Keuangan Untuk Menilai Kinerja Keuangan Perusahaan (Studi Pada Perusahaan Semen Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2009-2011). Jurnal Administrasi Bisnis, Vol 2 No 1.

Harahap, S. S. (2019). Analisis Kritis Atas Laporan Keuangan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Harjito, A., & Martono. (2019). Manajemen Keuangan. Edisi Kedua, Cetakan Pertama. Yogyakarta: EKONISIA.

https://gopublic.idx.co.id/ diakses pada 24 Mei 2023

https://www.idx.co.id/id/ diakses pada 24 Mei 2023

Kasmir. (2020). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Keown, A. J., Martin, J. D., Petty, J. W., & Scott Jr, D. F. (2011). Manajemen Keuangan: Prinsip dan Penerapan Edisi Kesepuluh. Jakarta: PT. Indeks.

Kieso, D. E., Weygandt, J. J., & Warfield, T. D. (2019). Intermediate Accounting. John Willey & Sons.

Meythi. (2016). Pengaruh Arus Kas Operasi Terhadap Harga Saham Dengan Persistensi Laba Sebagai Variabel Intervening. Makalah SNA IX.

Munawir, S. (2017). Analisa Laporan Keuangan Edisi Keempat. Yogyakarta: Liberty.

Nurcahyono, K. S. (2014). Analisis Rasio Keuangan Untuk Memprediksi Kondisi Financial Distress. Management Analysis Journal.

Safitri, A. M., & Mukaram. (2018). Pengaruh ROA, ROE dan NPM Terhadap Pertumbuhan Laba Pada Perusahaan Sektor Industrri Barang Konsumsi Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Riset & Bisnis, Vol 4 No 1, 25-39.

Sujarweni, V. W. (2020). Analisis Laporan Kuangan: Teori, Aplikasi dan Hasil Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Syamsudin, & Primayuta, C. (2016). Rasio Keuangan dan Prediksi Perubahan Laba Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Manajemen dan Bisnis, Vol 13 No 1.

Utari, D., Purwanti, A., & Prawironegoro, D. (2014). Manajemen 12345 Keuangan Edisi Revisi. Jakarta: Mitra Wacana Media.

www.kemenperin.go.id diakses pada 21 Juli 2022

Zulkifli. (2018). Pengaruh Current Ratio, Debt to Equity Ratio dan Net Profit Margin Terhadap Earning Growth Pada Perusahaan Pertambangan Yang Tercatat di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Ekonomi, Vol 23 No 2, 175-189.

Downloads

Published

2023-08-13

How to Cite

Firly, H. A., Hartono, A., & Ardiana, T. E. (2023). PENGARUH RASIO KEUANGAN TERHADAP PERTUMBUHAN LABA PADA PERUSAHAAN FOOD AND BEVERAGE YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE TAHUN 2017-2021. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 2(8), 3258–3268. https://doi.org/10.55681/sentri.v2i8.1393