PENINGKATAN PENGETAHUAN ANAK SEKOLAH TENTANG CUCI TANGAN YANG BENAR SELAMA PANDEMI COVID 19 DI DUSUN TAMBAK BAYAN, DEPOK, SLEMAN, YOGYAKARTA

Authors

  • Novi Istanti SekolahTinggi Ilmu Kesehatan Wira Husada Yogyakarta
  • Antok Nurwidi Antara SekolahTinggi Ilmu Kesehatan Wira Husada Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.55681/ejoin.v1i4.772

Keywords:

Penyuluhan Kesehatan, Pengetahuan Anak Sekolah, Cuci Tangan Yang Benar

Abstract

Cuci tangan merupakan salah satu tindakan protokol kesehatan yang perlu dilakukan oleh masyarakat selama pandemi Covid 19 setelah beraktifitas di luar rumah. Penyakit Covid 19 bisa menular dari manusia ke manusia lain lewat kontak erat dan droplet (percikan cairan pada saat bersin dan batuk) (Kemenkes, 2021). Mencuci Tangan dengan sabun dan air mengalir merupakan tindakan atau upaya untuk mencegah atau menghilangkan kuman, kotoran dan bakteri yang menempel pada tangan, jari, sela-sela jari maka mencuci tangan merupakan kegiatan yang wajib yang harus dilakukan khususnya dalam mencegah virus Covid 19 (Ramadani, dkk, 2020).Oleh karena itu, anak sekolah perlu dibekali dengan pengetahuan tentang cara cuci tangan yang benar. Kelompok sasaran untuk kegiatan pengabmas ini adalah anak usia sekolah di Dusun Tambak Bayan, Depok, Sleman, Yogyakarta. Responden dalam kegiatan ini berjumlah 6 anak usia sekolah. Metode pengabdian yang dilakukan adalah pre test-penyuluhan-demonstasi-post test. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa ada perbedaan pengetahuan anak sekolah sebelum dan setelah diberikan penyuluhan dan demonstrasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdat M, &Kresno S. (2017). Studi Kualitatif tentang Pelaksanaan Program Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Tatanan Rumah Tangga dalam Cakradonya Dent J 2017; 9(1):62-72. http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/CDJ/article/download/9880/7830, diakses tgl 5 November 2017)

Andriansyah Y &Rahmantari D. (2013), Penyuluhan dan Praktik PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) dalam Mewujudkan Masyarakat Desa Peduli Sehat. http://journal.uii.ac.id/index.php/ajie/article/download/7847/6859.

Dinkes (2015). Rumah Tangga Sehat Dengan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat. www.dinkes.jogjaprov.go.id.

Harsono B & Soesanto, S. (2009). Perbedaan Hasil Belajar Antara Metode Ceramah Konvensional Dengan Ceramah Berbantuan Media Animasi Pada Pembelajaran Kompetensi Perakitan Dan Pemasangan Sistem Rem, JURNAL PTM 9, NO. 2, Desember 2009: 71-79. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JPTM/article/viewFile/202/210.

Rahmat, A. (2010). Efektifitas Metode Diskusi dan Ceramah dalam Meningkatkan Motivasi Beragama pada Mata Pelajaran PAI Siswa Kelas IX di SMP 03 dan SMP 07 Kota Gorontalo. Jurnal Dakwah, 11, No.1, Januari – Juni.

Suhandi D, Ibrahim Y, &Budjang G. (2013). Efektifitas Penggunaan Metode Diskusi pada Mata Pelajaran Sosiologi di SMA Negeri 2 Sungai Ambawang. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 2, No. 9.

Website https://www.google.com/. (2021). ‘Leaflet 6 langkah cuci tangan’ diakses tanggal 17 Juni 2021

Downloads

Published

2023-04-14