PENERAPAN AUM PTSDL DALAM PELAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING GUNA MENGETAHUI KESULITAN BELAJAR SISWA/I SLTA

Authors

  • Nurmawati Universitas Muhammadiyah Prof dr Hamka
  • Siti Hajar Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • Yusi Rida Alsyaina Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • Zulfa Salma Octavia Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • Laily Azkia Kamila Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • Raisya Zahra Ramadhani Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • Nayla Zahra Kamila Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • Bariq Fil’Ardi Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • Aliya Rosida Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

DOI:

https://doi.org/10.55681/ejoin.v2i7.3165

Keywords:

Aum ptsdl, bimbingan konseling, kesulitan belajar

Abstract

Pada zaman modern banyak orang lebih memilih menggunakan teknologi untuk mempermudah urusan. Dengan perkembangan yang pesat ini para konselor juga mengembangkan metode untuk menganalisis masalah perkembangan individu peserta didik. Penerapan ini guna melihat keefektivitasan program instrumen AUM PTSDL dalam pelayanan bimbingan untuk mengidentifikasi dan memahami kesulitan belajar siswa SLTA secara komprehensif. Adanya penerapan AUM PTSDL untuk mendorong keberhasilan konselor dalam meningkatkan kualitas belajar peserta. Dampak baik dari program ini konselor dapat menganalisis kesulitan pada peserta didik dengan mudah dan instrumen ini pastinya telah terstruktur. Implikasi program AUM PTSDL pada konselor dalam melayani konseling cukup baik sehingga dapat meningkatkan pengetahuan para konselor dalam memahami potensi belajar siswa. Intrumen non test tersebut mendukung kegiatan penerapan dalam layanan bimbingan konseling dalam mengatasi masalah masalah khusus kegiatan belajar

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustin, Yuni. 2023. “Mengenal Kesulitan Belajar Pada Siswa SMA.” Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran ke-6: 9–18.

Arsini, Yenti, Rizky Rindi Adelia, Amira Mufidah Harahap, and Muhammad Syahda Aldi. 2023. “Analisis Kebutuhan (Need Assessment) Dalam Manajemen Bimbingan Dan Konseling Dengan Teknik Aum Umum Dan Aum Ptsdl.” Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (JITK) 1(2): 406–15. https://ejournal.edutechjaya.com/index.php/jitk.

Author 1, Author 2, and Author 3. 2017. “Title Article.” Seminar Nasional: Jambore Konseling 3 00(00): XX–XX.

Hartanto, Dody dkk. 2020. “BUKU PANDUAN Teori Dan Praktik Pemahaman Individu Teknik Non Tes.” Bimbingan Dan Konseling- Universitas Ahmad Dahlan: 1–99.

Ifdil, Ifdil et al. 2021. “Efektivitas Penggunaan Aplikasi Pengolahan Alat Ungkap Masalah Seri PTSDL (SP-AUM PTSDL Versi. 1) Bagi Guru Bimbingan Dan Konseling/Konselor Di Sumatera Barat.” Jurnal Konseling dan Pendidikan 9(4): 392.

Muderawan, I Wayan, I Gusti Lanang Wiratma, and Muthia Zahra Nabila. 2019. “Analisis Faktor-Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Siswa Pada Materi Kelarutan Dan Hasil Kali Kelarutan.” Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia 3(1): 17.

Putri, Ade Chita, Anggun Putri Dewantari Sembiring, Annisa Rambe, and Ayu Landa Fitri. 2022. “Pemanfaatan Aum Umum Dan Aum Ptsdl Bagi Guru BK.” Jurnal Pendidikan dan Konseling 4(4): 16–19.

Rahima, Raja, and Fitra Herlinda. 2017. Instrumen Bk 1 Teknik Non Tes (Teori Dan Praktek).

Solihatun, Solihatun. 2019. “Gambaran Kesulitan Belajar Siswa Serta Implikasinya Terhadap Pelayanan Bimbingan Dan Konseling.” Jurnal Counseling Care 2(2): 56–64.

Ujud, Sartika et al. 2023. “Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sma Negeri 10 Kota Ternate Kelas X Pada Materi Pencemaran Lingkungan.” Jurnal Bioedukasi 6(2): 337–47.

Downloads

Published

2024-07-15