GERAKAN MASYARAKAT CEGAH KEJADIAN STUNTING MELALUI EDUKASI DI DESA DAENGGUNE KEC. KINOVARO KAB. SIGI

Authors

  • Suaib Universitas Widya Nusantara
  • Izul Huda Universitas Widya Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.55681/ejoin.v1i4.728

Keywords:

Stunting, Edukasi, Ibu Rumah Tangga

Abstract

Gerakan masyarakat cegah stunting merupakan kegiatan penyuluhan tentang stunting bertujuan memberikan informasi kepada masyarakat khususnya ibu rumah tanggah di desa daenggune untuk meningkatkan pemahaman mengenai stunting. Sasaran kegiatan ini adalah ibu rumah tangga yang ada di dusun I dan II desa danggune. Memilih ibu rumah tangga dusun I dan II desa daenggune sebagai objek kegiatan dengan alasan agar mereka lebih memahami stunting dan cara pencegahannya. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari jumat 13 maret 2023. Metode yang di gunakan adalah diawali dengan observasi, sosialisasi stunting dan pemeriksaan Kesehatan ibu rumah rumah tangga. Edukasi cegah stunting pada ibu rumah tangga di dusun I dan IIĀ  Desa Daenggune sangat bermanfaat bagi ibu rumah tangga karena dapat menambah pengatahuan dan memberi motivasi dan dapat di terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Rohmah, M., & Natalie, R. S. (2020). Kejadian Stunting di Tinjau dari Pola Makan dan Tinggi Badan Orang Tua Anak Usia 12-36 Bulan di Puskesmas Kinoivaro Kabupaten Sigi Provinsi Sulawesi Tengah. Journal for Quality in Women's Health, 3(2), 207-215.

Putra, A. P. T. (2022). PENGARUH EKONOMI KELUARGA TERHADAP TERJADINYA STUNTING PADA ANAK DI KABUPATEN DONGGALA PROVINSI SULAWESI TENGAH (Doctoral dissertation, universitas hasanuddun).

Siti Haryani, (2021). Pencegahan Stunting Melalui Pemberdayaan Masyarakat dengan komunikasi informasi dan edukasi di Wilayah Desa Candire Semarang.

Siti Rahmawati, (2021) Gerakan Pencegahan Stunting melalui edukasi pada masyarakat di Desa Muntoi Kabupaten Bolang.

World Health Organization. 2018. InterpretationGuide Nutrition Landscape Information System(NLIS). Switzerland.

WHO Press.World Health Organization. 2019. Target Penururan Angka Kejadian Stunting Tahun 2025. Switzerland: WHO Press.

Downloads

Published

2023-04-07