HEALTH EDUCATION HIPERTENSI PADA MASYARAKAT DI DESA UWEMANJE

Authors

  • Ahmil Universitas Widya Nusantara
  • I Wayan Adi Sucipta Universitas Widya Nusantara
  • Aprilia Tresyane Apandano Universitas Widya Nusantara
  • Deslin N Salarupa Universitas Widya Nusantara
  • Faisal Akbar Universitas Widya Nusantara
  • Moh. Anzar Universitas Widya Nusantara
  • Eka Putri Wardini Universitas Widya Nusantara
  • Winda Laode Ahmai Universitas Indoensia Maju
  • Widya Sapitri Universitas Widya Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.55681/ejoin.v1i4.716

Keywords:

Health Education, Masyarakat, Hipertensi

Abstract

Hipertensi ditandai dengan meningkatnya tekanan darah (Blood Pressure) yang terus-menerus di arteri sistemik. Tekanan darah umumnya dinyatakan sebagai rasio tekanan darah sistolik (yaitu, tekanan yang diberikan darah pada dinding arteri saat jantung berkontraksi) dan tekanan darah diastolik (tekanan saat jantung berelaksasi). Hipertensi biasa di juluki si pembunuh senyap (silent killer) karena walaupun sebenarnya keadaan hipertensi kita sudah parah kita tidak merasakan gejala dan tidak merasakan tanda sakit apa pun ditubuh. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 12 Maret 2023 di Gereja Balai Keselamatan Korps 2 Desa Uwemanje Dusun II. Adapun jumlah Masyarakat yang terlibat sebanyak 21 orang. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah pre-test dan post-test dengan menggunakan kuesioner serta pemberian Healt Education Kesehatan penyakit hipertensi kepada masyarakat. Hasil Pre-Test dari masyarakat di desa uwemanje diperoleh nilai rata rata sebesar 25.5 sedangkan setelah dilakukan kegiatan Post-Test diperoleh rata rata 29.2 hal ini terjadi peningkatan pengetahuan masyarakat setelah dilakukan health education. Keberhasilan peningkatan pengetahuan masyarakat desa Uwemanje didukung dengan penyampaian materi melalui metode ceramah. Edukasi ini dilakukan untuk meningkatkan pemahaman pada masyarakat terkait pola hidup sehat dan pencegahan hipertensi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dinas Kesehatan provinsi sulawesi tengah. 2020. Profil Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah. Palu.

Dominiczak, Anna F. at all. 2019. “Hypertension. HHS Public Access.” doi: 10.1038/nrdp.2018.14.Hypertension.

Kemenkes. n.d. Laporan Nasional Riskesdas 2018. Kementerian Kesehatan RI.

SRIYONO. 2015. “Pengaruh Tingkat Pendidikan Dan Pemahaman Masyarakat Tentang Ikan Berformalin Terhadap Kesehatan Masyarakat, Faktor Exacta.” 8(1):79–91.

Unger, Thomas, Claudio Borghi, and at all. 2020. “Clinical Practice Guidelines 2020 International Society of Hypertension Global Hypertension Practice Guidelines International Society of Hypertension.” 1334–57. doi: 10.1161/HYPERTENSIONAHA.120.15026.

Yulia Vera, Susi Yanti. 2020. “PENYULUHAN PEMANFAATAN TANAMAN OBAT DAN OBAT TRADISIONAL INDONESIA UNTUK PENCEGAHAN DAN PENANGGULANGAN. Jurnal Education and Development PENYAKIT HIPERTENSI DI DESA SALAM.” 8(1):11–14.

Zakiyatul Ulya, Asep Iskandar, Fajar Tri Asih. 2017. “PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN DENGAN MEDIA POSTER TERHADAP PENGETAHUAN MANAJEMEN HIPERTENSI PADA PENDERITA HIPERTENSI, Jurnal Keperawatan Soedirman, Volume 12, No.1 Maret 2017.” 12(1):38–46.

Downloads

Published

2023-04-06