PENYULUHAN PENCEGAHAN DAN PENGENDALIAN HIPERTENSI MELALUI POLA HIDUP SEHAT DI DESA BALANE

Authors

  • Ade sulistyawati Universitas Widya Nusantara
  • Fitriany Nur Universitas Widya Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.55681/ejoin.v1i4.710

Keywords:

Hipertensi, lansia

Abstract

Lansia atau lanjut usia adalah sesorang yang berusia 60 tahun keatas (Kemenkes RI 2019), lansia lebih memiliki resiko atau memungkinkan untuk mengalami berbagai penyakit. Hipertensi adalah suatu keadaan dimana terjadinya peningkatan tekanan darah diatas ambang batas normal yaitu 120/80 mmHg. Batas tekanan darah yang masih dianggap normal adalah kurang dari 130/85 mmHg,  bila tekanan darah sudah lebih dari 140/90 mmHg dinyatakan hipertensi. Berdasarkan hasil pembagian kuesioner pre penyuluhan terdapat <15 orang yang tidak mengetahui tentang hipertensi, dan 7 orang yang paham tentang hipertensi. Tingginya angka tersebut menunjukam pentingnya penyebaran informasi terkait pencegahan dan pengedalian hipertensi. Pengabdian masyarakat tersebut bertujuan meningkatkan  kesadaran perilaku hidup sehat guna mencegah terjadinya hipertensi. Kegiatan dilaksanakan 20 maret 2023 di Desa Balane Kecematan Kinovaro Kabupaten Sigi. Penyuluhan dilakukan dengan metode ceramah dengan menggunakan media leaflet, berisi materi tentang pencegahan dan pengendalian hipertensi disertai diskusi tanya jawab.  Penyuluhan juga disertai dengan pemeriksaan kesehatan gratis. setelah dilakukan penyuluhan, lansia diminta mengisi kuesioner untuk memastikan pemahaman mengenai hipertensi setelah dilakukan pemaparan materi tersebut dan hasilnya menujukan peningkatan pengetahuan masyarakat terkait pencegahan dan pengendalian hipertensi. Dengan demikian diharapkan setelah mengikuti penyuluhan masyarakat terbantu dalam memerangi hipertensi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Nisak, Maimunah, & Admadi. (2018). Edukasi Kesehatan Dalam Upaya Pencegahan. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2.

Nuraini. (2015). Hubungan Pengetahuan dengan Sikap Diet Hipertensi pada Lansia (Correlation Between Knowledge with Attitude towards Hypertension Dietary on The Elderly). Jurnal Ilmu Medis Indonesia (JIMI). 3.

RI, K. (2018). Hubungan Pengetahuan dengan Sikap Diet Hipertensi pada Lansia(Correlation Between Knowledge with Attitude towards Hypertension Dietary on The Elderly). JurnalIlmu Medis Indonesia (JIMI), 2.

RI, K. (2019). Edukasi Kesehatan Dalam Upaya Pencegahan. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2.

Triyanto. (2017). Hubungan Pengetahuan dengan Sikap Diet Hipertensi pada Lansia (Correlation Between Knowledge with Attitude towards Hypertension Dietary on The Elderly). Jurnal Ilmu Medis Indonesia (JIMI), 1.

(WHO), W. H. (2021). Hubungan Pengetahuan dengan Sikap Diet Hipertensi pada Lansia(Correlation Between Knowledge with Attitude towards Hypertension Dietary on The Elderly). JurnalIlmu Medis Indonesia (JIMI), 2.

Downloads

Published

2023-04-04