SOSIALISASI KEJADIAN IKUTAN PASCA IMUNISASI (KIPI) TERHADAP IMUNISASI POLIO PADA MASYARAKAT DESA SINDANG KASIH KEC. RANOMEETO BARAT KAB. KONAWE SELATAN

Authors

  • Sahidin Universitas Halu Oleo
  • Wahyuni Universitas Halu Oleo
  • Fadhliyah Malik Universitas Halu Oleo
  • Rahmat Muliadi Universitas Halu Oleo
  • I Gusti Ray Sadimantara Universitas Halu Oleo
  • Fahria Nadiryati Sadimantara Universitas Halu Oleo

DOI:

https://doi.org/10.55681/ejoin.v2i9.3426

Keywords:

KIPI, Polio, Children, Sindang Kasih

Abstract

Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat terhadap sosialisasi Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) terhadap Imunisasi Polio pada Masyarakat Desa Sindang Kasih, Kecamatan Ranomeeto Barat, Kabupaten Konawe Selatan bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman ibu-ibu mengenai pentingnya imunisasi polio serta penanganan Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI). Kegiatan ini dilaksanakan pada 27 Agustus 2024, dihadiri oleh 22 peserta yang terdiri dari ibu-ibu yang mempunyai bayi atau  balita. Metode yang digunakan pada kegiatan ini  adalah ceramah dan diskusi interaktif. Hasil pre-test menunjukkan sebagian besar peserta memiliki pemahaman yang kurang mengenai KIPI, namun setelah sosialisasi dan sesi tanya jawab, terjadi peningkatan signifikan pada pemahaman peserta, sebagaimana dibuktikan oleh hasil post-test. Antusiasme peserta dalam bertanya mengindikasikan tingginya kepedulian terhadap kesehatan anak-anak mereka. Kegiatan ini berhasil mengurangi kecemasan terkait KIPI dan diharapkan dapat meningkatkan partisipasi dalam program imunisasi polio di masa mendatang

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustini, dan Rahim. (2021). Analisis faktor dominan yang berhubungan dan mempengaruhi pada pemberian imunisasi polio di Puskesmas Jakabaring. JIKA, 6(2). Palembang: Univertitas Kader Bangsa.

Chrisnawati, Subarjo, Anggraini, dan Maratning. (2022). Gambaran pengetahuan ibu tentang kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI) DPT-HIB di Puskesmas Asam-Asam tahun 2021. Jurnal Keperawatan Suaka Insan (JKSI), 7(1). Banjarmasin: Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Suaka Insan Banjarmasin

Hasifah, H., & Arifatus Sholihah, N. (2022). Penyuluhan Kesehatan tentang Pentingnya Imunisasi pada Anak di Wilayah Kerja Puskesmas Alas Kabupaten Sumbawa. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2).

Hety, D. S., & Susanti, I. Y. (2020). Pengetahuan Ibu Tentang Cara Penanganan Kejadian Ikutan Paska Imunisasi (KIPI) Pada Bayi Usia 0-1 Tahun Di Puskesmas Mojosari Kabupaten Mojokerto. Journal for Quality in Women’s Health, 3(1), 72–77. https://doi.org/10.30994/jqwh.v3i1.53.

Khoirunnisa, M., & Sari, C. A. (2018). Gambaran Cakupan Imunisasi Inactivated Polio Vaccine (IPV) Berdasarkan Faktor Indeks Dan Kipi Bagi Bayi Dan Balita Di Upt Puskesmas Pagarsih Kota Bandung. Jurnal Ilmiah JKA (Jurnal Kesehatan Aeromedika), 4(1), 51-55.

Kusumaningrum, Widayati, dan Rahmawati. (2023). Hubungan pemberian imunisasi dengan KIPI (Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi) di wilayah kerja Puskesmas Wirosari II. Journal of TSCS1Kep, 8(2). Purwodadi: Universitas An Nuur.

Kuswaningsih, Yunariyah, dan Jannah. (2024). Gambaran pengetahuan dan sikap ibu tentang pemberian imunisasi dasar lengkap pada balita di Desa Bangilan wilayah kerja Puskesmas Bangilan. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(5), 514-520. Surabaya: Keperawatan Tuban Poltekkes Kemenkes Surabaya.

Maemunah, Susmini, dan Tuanany. (2023). Faktor-faktor yang mempengaruhi kelengkapan imunisasi dasar pada bayi di Posyandu Dewi Sartika Kota Malang. Care: Jurnal Ilmiah Ilmu Kesehatan, 11(2), 356-371. Malang: Universitas Tribhuwana Tunggadewi.

Putri, Faturrahman, dan Maywati. (2022). Analisis perilaku ibu yang tidak memberikan imunisasi dasar pada bayi (Kajian teori Health Belief Model (HBM) di Desa Cipicung wilayah kerja UPTD Puskesmas Culamega Kabupaten Tasikmalaya Tahun 2021). Jurnal Kesehatan Komunitas Indonesia, 18(1). Tasikmalaya: Universitas Siliwangi.

Supriatin, Lestari, Hikmat, Kurniasih, Asiah, Wahyuni, dan Amaliah. (2023). Optimalisasi pencegahan polio pada bayi melalui program imunisasi polio di Desa Megu Cilik Kecamatan Weru Kabupaten Cirebon. Jurnal Pengabdian Masyarakat Mandira Cendikia, 2(6). Cirebon: Institut Teknologi Kesehatan Mahardika.

Downloads

Published

2024-09-23