EDUKASI PENCEGAHAN STUNTING MELALUI PERMAINAN GAME BOARD PADA IBU DENGAN BAYI DAN BALITA DI GAMPONG SUAK INDRAPURI MEULABOH

Authors

  • Susanti Poltekkes Kemenkes Aceh
  • Sri Gustini Poltekkes Kemenkes Aceh
  • Muhammad Husaini Poltekkes Kemenkes Aceh
  • Fikar Marziah Poltekkes Kemenkes Aceh
  • Islahuddin Poltekkes Kemenkes Aceh
  • Jelita Poltekkes Kemenkes Aceh

DOI:

https://doi.org/10.55681/ejoin.v2i9.3408

Keywords:

Edukasi pencegahan stunting, game board, ular tangga stunting, Gampong Suak Indrapuri

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan dalam pencapaian  pilar pertama dari 6 pilar transformasi kesehatan yaitu transformasi pelayanan primer. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat mengambil tema  “Edukasi Pencegahan Stunting Melalui Permainan Game Board  Pada Ibu Dengan Bayi Dan Balita di Gampong Suak Indrapuri Meulaboh”. Mitra dalam kegiatan ini adalah gampong Keluarga Berencan (KB) Suak Indrapuri di wilayah kerja Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Barat dan berada di wilayah kerja Puskesmas Suak Ribee. Sasaran kegiatan adalah ibu yang memiliki bayi dan balita yang aktif mengunjungi Posyandu yang diadakan pada tanggal 20 setiap bulannya. Gampong Suak Indrapuri merupakan salah satu dari 10 desa dalam wilayah kerja  Puskesmas Suak Ribee. Terletak di bibir pantai ujung karang kecamatan Johan Pahlawan. Jumlah bayi dan balita di gampong Suak Indrapuri berjumlah  40 bayi dan terdapat 4 balita yang mengalami stunting. Beberapa kegiatan pencegahan stunting telah dilakukan melalui kegiatan posyandu, namun peningkatan pengetahuan ibu, keterampilan ibu dan motivasi ibh menjadi fokus yang harus diperhatikan . Solusi permasalahan yang ditawarkan dalam upaya pencegahan stunting pada bayi dan balita akan dilakukan edukasi melalui penyuluhan tentang stunting dan pencdgahannya  dan permainan Game Board  Ular Tangga Stunting. Tujuan Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan ibu dalam upaya pencegahan dan perawatan stunting agar ibu dapat menunjang proses tumbuh kembang anak. Manfaat kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini agar orang tua terutama ibu yang memiliki bayi dan balita baik yang memiliki anak stunting dan anak sehat mengetahui pentingnya pencegahan dan perawatan stunting.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Kampung KB Suak Indra Puri. Seujahtera. https://kampungkb.bkkbn.go.id/kampung/4767/seujahtera.

Rahayu, A., Yulidasari, F., Putri, A. O. & Anggraini, L. Study Guide - Stunting dan Upaya Pencegahannya. Buku stunting dan upaya pencegahannya (2018).

Kemenkes RI. Penurunan Prevalensi Stunting tahun 2021 sebagai Modal Menuju Generasi Emas Indonesia 2045 – Sehat Negeriku. https://sehatnegeriku.kemkes.go.id/baca/umum/20211227/4339063/penurunan-prevalensi-stunting-tahun-2021-sebagai-modal-menuju-generasi-emas-indonesia-2045/.

Kesehatan, D. J. P. mengenal stunting. https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/1388/mengenal-apa-itu-stunting.

Dinas Kesehatan Provinsi Aceh. Profil Kesehatan Aceh tahun 2020. Aceh, Dinas Kesehat. 1–193 (2021).

Amiruddin, A. et al. Phenomenology study of stunting nutrition for babies in the work area of pante kuyun health center, aceh jaya district. Open Access Maced. J. Med. Sci. 9, 462–467 (2021).

Abdurrahman, A. et al. Penyuluhan Kesehatan tentang Pencegahan Stunting dengan Perbaikan Pola Asuh Gizi Mulai dari Masa Hamil sampai Balita. J. Kreat. Pengabdi. Kpd. Masy. 5, 2658–2667 (2022).

Indonesian Government. Presidential Decree of Republic Indonesia No 72/2021 about Accelerating Stunting Reduction. Indones. Gov. 23 (2021).

pemerintah aceh. Peraturan_Gubernur_Aceh_Nomor_014_Tahun_2019.pdf. (2019).

BKKBN. kampung keluarga berencana. https://www.bkkbn.go.id/berita-inpres-kampung-kb-perkuat-institusi-keluarga.

Rahmah, G. Z., Kurniasari, R., Kesehatan, F. I. & Karawang, U. S. The Influence Of Nutrition Education Media forms On Increasing Mother’s Knowledge To Prevent Stunting In Children. J. Gizi Kesehat. 15, 131–139 (2023).

Edyta, M. E. & Aditia, P. Perancangan Board Game Sebagai Media Edukasi Pola Hidup Sehat Pada Anak. e-Proceeding Art Des. 4, 447 (2017).

Rusdiyah, R. Pengaruh Pola Asuh Menggunakan Media Permainan Ular Tangga Terhadap Pengetahuan Pencegahan Stunting Pada Ibu Hamil Di Wilayah Kerja Puskesmas Baturadua Tahun 2022. J. Kesehat. Ilm. Indones. / Indones. Heal. Sci. J. 7, 197–203 (2022).

Downloads

Published

2024-09-17