PENDAMPINGAN DIGITAL MARKETING UNTUK MENINGKATKAN PENDAPATAN UMKM DI DESA BUAH BERAK

Authors

  • Nanang Ermanto Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai
  • Yufa Putri Septiarini Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai
  • Jefry Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai
  • Ani Pujiati Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai
  • Ade Sandra Dewi Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai

DOI:

https://doi.org/10.55681/ejoin.v2i9.3376

Keywords:

Digital Marketing, MSMEs, Increased Income

Abstract

Perkembangan teknologi digital telah memberikan dampak besar pada berbagai sektor ekonomi, termasuk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Studi ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran pemasaran digital dalam pengembangan UMKM di Desa Buah Berak. Pemasaran digital menjadi sarana yang efektif untuk memperluas pasar dan meningkatkan pendapatan dari penjualan produk yang sebelumnya hanya dijual secara tradisional. Dengan menggunakan media sosial UMKM di Desa Buah Berak dapat menjangkau lebih banyak konsumen dan meningkatkan daya saing mereka. Pengabdian ini dilakukan dengan mendatangi langsung lokasi UMKM. Mahasiswa KKN mendampingi UMKM dalam penerapan digital marketing seperti pembuatan maps dan media pemasaran online. Diharapkan dengan adanya pemasaran digital berkontribusi pada peningkatan penjualan, memperkuat merek dan loyalitas konsumen. Selain itu, pemasaran digital membantu UMKM dalam mengatasi keterbatasan sumber daya dan memperbaiki strategi pemasaran mereka.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asmawiyah, A., Kapriani, K., Basar, N. F., Nurjaya, N., Hariyanti, H., Aisyah, N., & Anggraeni, D. (2022). Sosialisasi Strategi Pemasaran Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Era Digitalisasi. Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), 5(9), 2993-3001

Chaffey, D., & Ellis-Chadwick, F. (2022). Digital Marketing: Strategy, Implementasi, and Practice. United Kingdom: Pearson Education Limited.

Fitriany, Fitriany, and Sri Endarti Halim. 2023. “Sosialisasi Digital Marketing Bagi Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (Umkm).” Arunika: Jurnal Pengabdian Masyarakat 2(1):27–33. doi: 10.53654/ar.v2i1.369.

Lesmanah, Unung, Oktriza Melfazen, and Cepi Yazirin. 2023. “Pelatihan Digital Marketing Untuk Meningkatkan Pemasaran Produk UMKM Ikan Asin.” I-Com: Indonesian Community Journal 3(4):1719–25. doi: 10.33379/icom.v3i4.3338.

Libstiani, I. 2021. “Pencatatan Laporan Keuangan Pada Usaha Kecil.” (Disertasi Doktoral, SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI INDONESIA JAKARTA). (20):7–23.

Muhlizi, A. F. (2017). Penataan Regulasi Dalam Mendukung Pembangunan Ekonomi Nasional. Jurnal Rechts Vinding: Media Pembinaan Hukum Nasional, 6(3), 349. https://doi.org/10.33331/rechtsvinding.v6i3.191

Kotler, P., & Armstrong, G. (2018). Principles of Marketing, Seventeenth Edition. In Pearson

Solihin, D., Ahyani, A., Karolina, K., Pricilla, L., & Octaviani, I. S. (2021). Pelatihan Pemasaran Online Berbasis Digital Untuk Meningkatkan Penjualan Bisnis Online Pada Umkm Di Desa Cicalengka Kecamatan Pagedangan Kabupaten Tangerang. Dedikasi Pkm, 2(3), 307. https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v2i3.10726

Suhanto, S., and Y. Yumetri Abidin. 2021. “Laporan Pengabdian Pada Masyarakat:" Sosialisasi Peran UMKM Sebagai Salah Satu Upaya Dalam Mencapai Sustainable Development Goals".”

Downloads

Published

2024-09-09