MEMBANGUN GENERASI CERDAS: TANTANGAN DAN STRATEGI DI DESA TUMBANG TANJUNG DENGAN MINIM TENAGA PENDIDIK

Authors

  • I Nyoman Urip Institut Agama Hindu Negeri Tampung Penyang Palangka Raya
  • Aldy Fito Christo Institut Agama Hindu Negeri Tampung Penyang Palangka Raya
  • Cristina Dela Institut Agama Hindu Negeri Tampung Penyang Palangka Raya
  • Ica Institut Agama Hindu Negeri Tampung Penyang Palangka Raya
  • Jinny Ningsih Institut Agama Hindu Negeri Tampung Penyang Palangka Raya
  • Lutfi Wijaksono Institut Agama Hindu Negeri Tampung Penyang Palangka Raya
  • Miftahur Rahmah Institut Agama Hindu Negeri Tampung Penyang Palangka Raya
  • Muhaimin Institut Agama Hindu Negeri Tampung Penyang Palangka Raya
  • Nor Baiti Institut Agama Hindu Negeri Tampung Penyang Palangka Raya
  • Prabavesa Premananda Sakti Institut Agama Hindu Negeri Tampung Penyang Palangka Raya
  • Tamara Mawarni Institut Agama Hindu Negeri Tampung Penyang Palangka Raya
  • Yunia Rahma Institut Agama Hindu Negeri Tampung Penyang Palangka Raya
  • Jasiah Institut Agama Hindu Negeri Tampung Penyang Palangka Raya
  • Jeffry Simson Supardi Institut Agama Hindu Negeri Tampung Penyang Palangka Raya
  • I Kadek Kartika Yase Institut Agama Hindu Negeri Tampung Penyang Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.55681/ejoin.v2i9.3344

Keywords:

Pendidikan, Generasi Cerdas, Karakter

Abstract

Pemikiran manusia terus berkembang yang tercermin dalam perubahan makna dan pemahaman tentang pendidikan. Perubahan ini didorong karena adanya temuan-temuan baru dan perkembangan yang pesat dalam sistem pendidikan seperti kemajuan teknologi turut mempengaruhi transformasi ini, menjadikan pendidikan sebagai upaya yang berkelanjutan untuk melestarikan warisan budaya dan mempersiapkan generasi masa depan. Membangun generasi cerdas dan berkarakter menjadi krusial dalam konteks kemajuan bangsa. Artikel ini akan membahas pentingnya pendidikan karakter yang seimbang dengan kecerdasan, serta tantangan dalam implementasinya, terutama dalam konteks minimnya tenaga pendidik di desa Tumbang Tanjung, Pulau Malan, Kalimantan Tengah. Melalui program pengabdian masyarakat berbasis Kuliah Kerja Nyata (KKN) Moderasi Beragama, diusulkan strategi-strategi praktis seperti pendirian Rumah Belajar yang berfungsi sebagai pusat pendidikan alternatif. Program ini bertujuan untuk meningkatkan akses pendidikan, menyediakan bimbingan belajar tambahan, dan melatih keterampilan bagi masyarakat, sehingga mampu membentuk generasi yang tidak hanya cerdas, tetapi juga berkarakter kuat, yang mampu menghidupkan nilai-nilai luhur bangsa dan agama. Dengan sinergi antara pemerintah, masyarakat, dan lembaga pendidikan, diharapkan upaya ini akan melahirkan generasi yang siap menghadapi tantangan masa depan dan berkontribusi positif bagi kemajuan bangsa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abd Rahman, B., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani, Y. (2022). Pengertian pendidikan, ilmu pendidikan dan unsur-unsur pendidikan. Al Urwatul Wutsqa, 2(01).

Cornish, F., Breton, N., Moreno-Tabarez, U., Delgado, J., Rua, M., de-Graft Aikins, A., & Hodgetts, D. (2023). Participatory action research. Nature Reviews Methods Primers, 3(1), 34.

Hartinah, S., Patimah, L., Faruk, A., Zulkarnain, F., Mardikawati, B., & Prastawa, S. (2024). Inovasi Pendidikan Berkarakter Menciptakan Generasi Emas 2045. Journal on Education, 6(2), 13230-13237.

Junaedi, F. (2019). Participatory Action Research, Metode Riset untuk Analisis Sosial Partisipatif. Ilmu Komunikasi, Universitas Muhamadiyah Yogyakarta, Yogyakarta: Ilmu Komunikasi UMY.

Muhibbin, A., Prasetiyo, W. H., Saputra, R. C., Sari, W. N., Fatmawati, Y. I., Pramudika,

R. G., Nashiroh, A. L., Hariyanti, H., Sawitri, N. W., & Saputri, A. I. (2020). Penguatan generasi cerdas, kreatif, dan berkarakter bagi siswa, guru, dan tendik Mim Janti Klaten. Buletin KKN Pendidikan, 2(2), 50-55.

Nasucha, Y., Sutopo, A., Ahmad, A., Fatmawati, F., Astuti, T. I., & Mrihatini, A. (2021). Penguatan generasi cerdas dan berkarakter bagi masyarakat Tangen, Sragen. Buletin KKN Pendidikan, 3(1), 63-73.

Nurussalami, N. (2022). Pengelolaan tenaga pendidik dan kependidikan dalam peningkatkan mutu pendidikan. Intelektualita, 11(01).

Rianto, H. (2015). PERAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN EWARGANEGARAAN MEMBANGUN GENERASI CERDAS DAN BERKARAKTER. Sosial Horizon: Jurnal

Pendidikan Sosial, 2(1), 14-21.

Tambunan, P., Ardhiansyah, M. F., & Kurniawan, M. G. (2020). Pengaruh suasana lingkungan belajar terhadap konsentrasi belajar siswa dalam mata pelajaran produktif. Jurnal Pensil: Pendidikan Teknik Sipil, 9(3), 175-182.

Downloads

Published

2024-09-03