PELATIHAN PENYUSUNAN LEMBAR AKTIVITAS YANG MENGUATKAN LITERASI MATEMATIKA SISWA BAGI GURU SEKOLAH DASAR DAN MENENGAH

Authors

  • Tria Gustiningsi Universitas Jambi
  • Feri Tiona Pasaribu Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.55681/ejoin.v2i7.3155

Keywords:

Literasi Matematika, Lembar Aktivitas Siswa, Pelatihan, Pendampingan

Abstract

Literasi matematika merupakan kemampuan yang harus dimiliki oleh semua siswa. Untuk menguatkan kemampuan literasi matematika siswa, guru harus mampu menyusun perangkat ajar yang dapat menguatkan kemampuan literasi matematika siswa, salah satunya melalui lembar aktivitas siswa. Oleh karena itu, pelatihan dan pendampingan kepada guru dilakukan dengan tujuan untuk memberikan pemahaman kepada guru mengenai penyusunan lembar aktivitas yang dapat menguatkan kemampuan literasi matematika siswa. Kegiatan pelatihan dilakukan secara online melalui zoom meeting, lalu dilakukan pendampingan kepada guru melalui grup whatsapp. Berdasarkan hasil rancangan lembar aktivitas yang dibuat oleh guru, menunjukkan guru memahami materi yang telah diberikan dan mampu menyusun lembar aktivitas yang menguatkan literasi matematika siswa. Selain itu, berdasarkan hasil kuisioner menunjukkan bahwa pelatihan dilakukan dengan sangat baik dan guru sangat puas terhadap kegiatan yang telah dilakukan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Gustiningsi, T. (2015). Pengembangan Soal Matematika Model PISA Untuk Mengetahui Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas Vii. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 1(1), 139–158. Retrieved from http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jpmrafa/article/view/1228

Gustiningsi, T., Putri, R. I. I., Zulkardi, & Hapizah. (2022). Secondary Mathematics Teachers’ Ability in Solving PISA-Like Mathematics Problems. AIP Conference Proceedings, 2577, G. American Institute of Physics Inc. https://doi.org/10.1063/5.0096217

Gustiningsi, T., Putri, R. I. I., Zulkardi, & Hapizah. (2024a). Learning Video for Supporting Mathematical Literacy: How to Design It? AIP Conference Proceedings, 3052(1). American Institute of Physics. https://doi.org/10.1063/5.0201006

Gustiningsi, T., Putri, R. I. I., Zulkardi, & Hapizah. (2024b). LEPscO: Mathematical Literacy Learning Environment for the Guru Penggerak Program. Journal on Mathematics Education, 15(2), 661–682. https://doi.org/10.22342/jme.v15i2.pp661-682

Gustiningsi, T., Putri, R. I. I., Zulkardi, & Hapizah. (2024c). Supporting Students’ Mathematical Literacy Skill Using Digital Tools. AIP Conference Proceedings, 3046(1). https://doi.org/10.1063/5.0194695

Gustiningsi, T., Putri, R. I. I., Zulkardi, Z., Inderawati, R., Kurniadi, E., Herlina, R., … Septimiranti, D. (2022). Pelatihan Pendesainan Perangkat Pembelajaran yang Melibatkan Literasi Matematika untuk Guru Sekolah Menengah. Jumat Pendidikan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 64–69. https://doi.org/10.32764/abdimaspen.v3i2.2493

Kemendikbud. (2021). Panduan Penguatan Literasi dan Numerasi di Sekolah.

Kemendikbudristek. (2022). Buku Panduan Capaian Hasil Asesmen Nasional. Pusat Asesmen Pendidikan Kemdikbudristek. Retrieved from https://pusmendik.kemdikbud.go.id/

OECD. (2018). PISA 2022 Mathematics Framework. Retrieved from https://www.oecd.org/pisa/publications/pisa-2021-assessment-and-analytical-framework.htm

OECD. (2023). PISA 2022 Results (Volume I). OECD. https://doi.org/10.1787/53f23881-en

Pratama, L. D., & Lestari, W. (2020). Pengaruh Pelatihan terhadap Kompetensi Pedagogik Guru Matematika. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 04(01), 278–285. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i1.207

Slameto, Sulasmono, B. S., & Wardani, K. W. (2017). Peningkatan Kinerja Guru Melalui Pelatihan Beserta Faktor Penentunya. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 27(2).

Sufri, Pasaribu, F. T., Junita, R., Ramalisa, Y., & Gustiningsi, T. (2023). Pembuatan Film Animasi Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Toontastic Bernuansa Budaya Jambi Sebagai Upaya Optimalisasi Literasi Teknologi Bagi Guru-Guru SMP dan SMA. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bidang Ilmu Komputer (ABDIKOM), 2(2), 2964–3759. Retrieved from https://ejournal.upnvj.ac.id/index.php/abdikom

Sumirattana, S., Makanong, A., & Thipkong, S. (2017). Using Realistic Mathematics Education and The DAPIC Problem-Solving Process to Enhance Secondary School Students’ Mathematical Literacy. Kasetsart Journal of Social Sciences, 38, 307–315. https://doi.org/10.1016/j.kjss.2016.06.001

van der Wal, N. J., Bakker, A., & Drijvers, P. (2017). Which Techno-mathematical Literacies Are Essential for Future Engineers? International Journal of Science and Mathematics Education, 15, 87–104. https://doi.org/10.1007/s10763-017-9810-x

Wijaya, A. (2016). Students’ Information Literacy: A Perspective from Mathematical Literacy. Journal on Mathematics Education, 7(2), 73–82. https://doi.org/10.22342/jome.v7i2.3532

Wijaya, A., van den Heuvel-Panhuizen, M., & Doorman, M. (2015). Teachers’ Teaching Practices and Beliefs Regarding Context-Based Tasks and Their Relation with Students’ Difficulties in Solving These Tasks. Mathematics Education Research Journal, 27, 637–662. https://doi.org/10.1007/s13394-015-0157-8

Downloads

Published

2024-07-15