EDUKASI PENCEGAHAN PENYAKIT DIARE DI SDN 94 KENDARI

Authors

  • Asriullah Jabbar Fakultas Farmasi Universitas Halu oleo
  • Dian Munasari Solo Fakultas Farmasi Universitas Halu Oleo
  • Nasrudin Fakultas Farmasi Universitas Halu Oleo
  • Wahyuni Fakultas Farmasi Universitas Halu Oleo
  • Astrid Indalifiany Fakultas Farmasi Universitas Halu Oleo
  • Halik Fakultas Farmasi Universitas Halu Oleo
  • Hafizhah Fakultas Farmasi Universitas Halu Oleo
  • Kasmawati Fakultas Farmasi Universitas Halu Oleo
  • Nurcahyani Pratiwi R Fakultas Farmasi Universitas Halu Oleo
  • Rahman Fakultas Farmasi Universitas Halu Oleo
  • Wa Ode Muslifah Fakultas Farmasi Universitas Halu Oleo
  • Mubarak Fakultas Kedokteran Universitas Halu Oleo
  • Muhammad Ilyas Y Politeknik Bina Husada Kendari

DOI:

https://doi.org/10.55681/ejoin.v2i7.3133

Keywords:

Edukasi, Penyakit Diare, Pencegahan Diare, Nambo, Kecamatan Abeli, Kota Kendari

Abstract

Diare adalah peningkatan pengeluaran tinja dengan konsistensi lebih lunak atau lebih cair dari biasanya, dan terjadi paling sedikit 3 kali dalam 24 jam. Sementara untuk bayi dan anak-anak, diare didefinisikan sebagai pengeluaran tinja >10 g/kg/24 jam. Diare dapat mengakibatkan penurunan nafsu makan, sakit perut, rasa lelah, hingga penurunan berat badan. Diare juga dapat mengakibatkan kehilangan cairan elektrolit secara mendadak sehingga mengakibatkan penderita mengalami komplikasi seperti dehidrasi, kerusakan organ. Tujuan pengabdian ini adalah untuk mengedukasi siswa SDN 94 Kendari tentang penyakit diare dan pencegahannya yaitu dengan cara mencuci tangan dengan baik dan benar, tidak jajan sembarangan, menjaga kebersihan lingkungan. Metode yang digunakan pada kegiatan ini adalah presentasi materi, tanya jawab antara pemateri dan siswa SD serta menggunakan poster sebagai media pengingat kepada siswa-siswi mengenai pencegahan penyakit diare. Dengan adanya kegiatan pengabdian ini siswa-siswi SDN 94 Kendari terpapar informasi mengenai penyakit diare dan cara mencegah penyakit diare

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ibrahim, I., Sartika, R. A. D., Triyanti, & Permatasari, T. A. E. 2021. Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kejadian Diare pada Siswa Sekolah Dasar di Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, Indonesia. Indonesian Journal of Public Health Nutrition, Vol. 2 (1), 34–43.

Indriyani, D. P. R., & Putra, I. G. N. S. 2020. Penanganan terkini diare pada anak: tinjauan pustaka. Intisari Sains Medis, Vol. 11 (2), 928–932.

Iqbal, A. F., Setyawati, T., Towidjojo, V. D., & Agni, F. 2022. Pengaruh Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Terhadap Kejadian Diare Pada Anak Sekolah the Effect of Clean and Healthy Living Behavior on the Event of Diarrhea in School Children. Jurnal Medical Profession (MedPro), Vol. 4 (3), 271–279.

Irma, I., Lestari, H., Gunawan, E., & AF, S. 2023. Edukasi Pencegahan Diare pada Anak Sekolah Dasar Negeri 12 Kota Kendari. PRAXIS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol. 2 (2), 117–122.

Kayrus, A., & Latifah, S. 2019. Penatalaksanaan Diare pada Anak di Puskesmas Gedong Tataan dengan Pendekatan Dokter Keluarga. Jurnal Kesehatan Dan Agromedicine, Vol.6v(2), 434–441.

Lusida, N., Lubis, M. H., Andriyani, A., & Ernyasih, E. 2023. Pengetahuan Dan Perilaku Makanan Jajanan Terhadap Kejadian Diare Pada Siswa Sd Negeri Setu Kota Tangerang Selatan. Environmental Occupational Health and Safety Journal, 4(1), 84.

Nur, Q., & Siswani. 2019. Hubungan Perilaku Mencuci Tangan Dengan Kejadian Diare Pada Anak Di Ruang Kanak-Kanak Rsud Abepura. Jurnal Keperawatan Tropis Papua, Vol. 02 (02), 1–4.

Tuang, A. 2021. Analisis Analisis Faktor yang Berhubungan dengan Kejadian Diare pada Anak. Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada, Vol. 10 (2), 534–542.

Downloads

Published

2024-07-12