PKM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI TEKNIK PEMASARAN HASIL OLAHAN DURIAN

Authors

  • Kartini Marzuki Universitas Negeri Makassar
  • Untung Universitas Negeri Makassar
  • Syamsul Bakhri Gaffar Universitas Negeri Makassar
  • Nasrah Natsir Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.55681/ejoin.v2i5.2871

Keywords:

Pemberdayaan Masyarakat, Pengolahan Durian, Teknik Pemasaran Efektif

Abstract

Ketika musim durian tiba, harga durian menjadi sangat murah karena jumlahnya yang melimpah. Namun karena bersifat musiman, masyarakat hanya dapat mengandalkan hasil penjualannya ketika musim durian tiba, dan ketika musim durian berlalu masyarakat sama sekali tidak dapat memanfaatkannya sebagai sumber penghasilan, padahal penggemarnya sangat banyak. Tujuan dilaksanakanya kegiatan PkM ini adalah untuk memberdayakan masyarakat petani durian melalui Teknik pemasaran yang tepat dari hasil olahan durian. Adapun metode yang digunakan dalam kegiatan PkM ini adalah melalui Teknik penyuluhan dan praktek langsung pada masyarakat terutama bagaimana mengolah durian yang dapat tahan lama dan Teknik pemasaran yang efektif. Hasil kegiatan ini dapat terlihat dari antusias peserta dan pengetahuan dan ketermpilan yang diperoleh peserta. Ketika praktik berlangsung peserta sudah dapat mengemas dengan benar dan dapat menyebutkan cara pemasaran yang efektif yang dapat menjangkau masyarakat luas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abd Samad, dkk., 2021, Profil Sosial Ekonomi Pedagang Durian Desa Sabbang Kecamatan Sabbang Kabupaten Luwu Utara, Jurnal LA GEOGRAFIA VOL. 19 NO 3 Juni 2021.

Aswaja Pressindo. Rusdiana, 2014. Kewirausahaan Teori dan Praktik. Bandung: CV Pustaka Setia.

Joesyiana, Kiki, 2017. Strategi Pengembangan Industri Rumah Tangga di Kota Pekan Baru (Studi Kasus Usaha Tas Rajut Industri Pengolahan Kreatifitas Tali Kur). Jurnal Valuta Universitas Islam Riau. Jurnal Valuta Vol. 3 No 1. Pekan Baru, Riau.

Muizu, Wa Ode Zusnita. 2017. “Pendampingan Pengelolaan UMKMDi Kecamatan Talun Kabupaten Cirebon Jawa Barat.” Prosiding Seminar Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat (SNP2M) 2017 (pp.100-103) 2017: 100–103.

Nurul Istifadah1, Heru Tjaraka. 2017. Kreativitas dan Inovasi Pada Industri Kreatif Untuk Meningkatkan Daya Saing dan Kesinambungan Pemerintah Kecamatan Sabbang, 2019, Evaluasi Kinerja Kecamatan Sabbang

.

Downloads

Published

2024-05-29