STRATEGI PENINGKATAN MINAT USAHA SANTRI MELALUI PELATIHAN SANTRIPRENEUR DI PANTI ASUHAN MUHAMMADIYAH KABUPATEN SORONG
Keywords:
Pelatihan, Panti Asuhan, Santripreneur, Minat Usaha, Strategi ProduksiAbstract
Kegiatan pengabdian dengan tema Strategi Peningkatan Minat Usaha Santri Melalui Pelatihan Santripreneur Di Panti Asuhan Muhammadiyah Kabupaten Sorong. Kegiatan dilaksanakan di Panti Asuhan Putri Muhammadiyah Kabupaten Sorong yang beralamatkan di Jl. Wortel Malasom, Malawele, Distrik Aimas, Kabupaten Sorong, Papua Barat Daya. Kegiatan pelatihan ini dihadiri oleh 19 mitra yang terdiri dari santri putra dan santri putri. Alasan pelaksanaan santripreneur di panti asuhan yaitu : 1). mengatasi tantangan ekonomi; 2). pembentukan karakter, 3). meningkatkan ketrampilan. Metode pelaksanakan dengan tahapan : 1). pemaparan materi tentang pemanfaatan dan pengolahan daun kangkung; 2). respon yang baik umpan balik berlangsung; 3).praktek pembuatan keripik kangkung; 4. diskusi; 5. penguatan materi. Para santri dan santriwati mendapatkan penguatan materi mengenai aspek kewirausahaan dan strategi produksi. Penguatan materi ini memperluas wawasan para santri dan santriwati dalam menjalankan usaha mereka di masa yang akan datang. Dengan kegiatan pengabdian dari tim diharapkan selalu berinovasi dan menciptakan nilai tambah dengan melihat perluasan pasar potensial. Program ini memberikan dorongan bagi santri untuk mengembangkan kemandirian dan keterampilan wirausaha, serta memberikan kontribusi positif terhadap ekonomi lokal.
Downloads
References
Aisyah, S. S. (2018). Strategi Tahfidzul Quran Pada Santriwati di Pondok Yatim Istanbul Baba Murat Korkmaz Aceh Besar. 1–26.
Arifianti, R. (2014). Definisi Strategi Produksi dan Keputusan Strategi Produksi/ Operasi. 1–52.
Hasanah, N. (2017). Pendidikan Karakter Kemandirian Anak di Panti Asuhan Dharmo Yuwono Purwokerto. (Doctoral Dissertation, IAIN PURWOKERTO)., 10. eprints.uinsaizu.ac.id
Hendrawan, J. S., & Sirine, H. (2017). Pengaruh Sikap Mandiri, Motivasi, Pengetahuan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha. Journal of Innovation and Entrepreneurship, 02(03), 291–314. https://doi.org/10.1097/SCS.0b013e318240fa84
Herudiansyah, G., Candera, M., & Pahlevi, R. (2019). Penyuluhan Pentingnya Label Pada Kemasan Produk Dan Pajak Pada Usaha Kecil Menengah (Ukm) Desa Tebedak Ii Kecamatan Payaraman Ogan Ilir. Suluh Abdi, 1(2), 84–89. https://doi.org/10.32502/sa.v1i2.2296
Hilyatin, D. L. (2016). Pemberdayaan Kewirausahaan Santri Berbasis Madrasah Santripreneur di Pondok Pesantern Darussalam. 132–143.
Maksum, T., & Wajdi, M. B. N. (2018). Pengembangan Kemandirian Pesantren Melalui Program Santripreneur. Engagement : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 221–232. https://doi.org/10.29062/engagement.v2i2.40
Rizqia, Helena, and D. S. S. (2013). Pelatihan Pengertian Pelatihan menurut Sedarmayanti. Pelatihan Pengertian Pelatihan Menurut Sedarmayanti, 198, 1–12.
Widnyana, I. W., Widyawati, S. R., & Warmana, G. O. (2018). Pengaruh Pemberian Mata Kuliah Kewirausahaan Dan Pelatihan Wirausaha Terhadap Minat Wirausaha Ekonomi Kreatif Pada Mahasiswa Unmas Denpasar. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 1(1), 171–177.
Zamroni, Z., Baharun, H., Febrianto, A., Ali, M., & Rokaiyah, S. (2022). Membangun Kesadaran Santripreneur Berbasis Kearifan Lokal di Pondok Pesantren. Al-Tijary, 7(2), 113–127. https://doi.org/10.21093/at.v7i2.4264s
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Susetyowati Sofia, Andi Hasrun, Lisna Aprilla, Muhammad Adi Adzan, Nanda Riri Fadilah, Nadia Palinoan Turu Allo, Zalsafilla Julianti Astuti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.