STRATEGI PENINGKATAN MINAT USAHA SANTRI MELALUI PELATIHAN SANTRIPRENEUR DI PANTI ASUHAN MUHAMMADIYAH KABUPATEN SORONG

Authors

  • Susetyowati Sofia Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Andi Hasrun Institut Agama Islam Negeri Sorong
  • Lisna Aprilla Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Muhammad Adi Adzan Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Nanda Riri Fadilah Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Nadia Palinoan Turu Allo Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Zalsafilla Julianti Astuti Universitas Muhammadiyah Sorong

DOI:

https://doi.org/10.55681/ejoin.v2i5.2779

Keywords:

Pelatihan, Panti Asuhan, Santripreneur, Minat Usaha, Strategi Produksi

Abstract

Kegiatan pengabdian dengan tema Strategi Peningkatan Minat Usaha Santri Melalui Pelatihan Santripreneur Di Panti Asuhan Muhammadiyah Kabupaten Sorong. Kegiatan dilaksanakan di Panti Asuhan Putri Muhammadiyah Kabupaten Sorong yang beralamatkan di Jl. Wortel Malasom, Malawele, Distrik Aimas, Kabupaten Sorong, Papua Barat Daya. Kegiatan  pelatihan ini dihadiri oleh 19 mitra yang terdiri dari santri putra dan santri putri. Alasan pelaksanaan santripreneur di panti asuhan yaitu  : 1). mengatasi tantangan ekonomi; 2). pembentukan karakter, 3). meningkatkan ketrampilan. Metode pelaksanakan dengan tahapan : 1). pemaparan materi tentang pemanfaatan dan pengolahan daun kangkung; 2). respon yang baik umpan balik berlangsung; 3).praktek pembuatan keripik kangkung; 4. diskusi; 5. penguatan materi. Para santri dan santriwati mendapatkan penguatan materi mengenai aspek kewirausahaan dan strategi produksi. Penguatan materi ini memperluas wawasan para santri dan santriwati dalam menjalankan usaha mereka di masa yang akan datang. Dengan kegiatan pengabdian dari tim diharapkan selalu berinovasi dan menciptakan nilai tambah dengan melihat perluasan pasar potensial. Program ini memberikan dorongan bagi santri untuk mengembangkan kemandirian dan keterampilan wirausaha, serta memberikan kontribusi positif terhadap ekonomi lokal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aisyah, S. S. (2018). Strategi Tahfidzul Quran Pada Santriwati di Pondok Yatim Istanbul Baba Murat Korkmaz Aceh Besar. 1–26.

Arifianti, R. (2014). Definisi Strategi Produksi dan Keputusan Strategi Produksi/ Operasi. 1–52.

Hasanah, N. (2017). Pendidikan Karakter Kemandirian Anak di Panti Asuhan Dharmo Yuwono Purwokerto. (Doctoral Dissertation, IAIN PURWOKERTO)., 10. eprints.uinsaizu.ac.id

Hendrawan, J. S., & Sirine, H. (2017). Pengaruh Sikap Mandiri, Motivasi, Pengetahuan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha. Journal of Innovation and Entrepreneurship, 02(03), 291–314. https://doi.org/10.1097/SCS.0b013e318240fa84

Herudiansyah, G., Candera, M., & Pahlevi, R. (2019). Penyuluhan Pentingnya Label Pada Kemasan Produk Dan Pajak Pada Usaha Kecil Menengah (Ukm) Desa Tebedak Ii Kecamatan Payaraman Ogan Ilir. Suluh Abdi, 1(2), 84–89. https://doi.org/10.32502/sa.v1i2.2296

Hilyatin, D. L. (2016). Pemberdayaan Kewirausahaan Santri Berbasis Madrasah Santripreneur di Pondok Pesantern Darussalam. 132–143.

Maksum, T., & Wajdi, M. B. N. (2018). Pengembangan Kemandirian Pesantren Melalui Program Santripreneur. Engagement : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 221–232. https://doi.org/10.29062/engagement.v2i2.40

Rizqia, Helena, and D. S. S. (2013). Pelatihan Pengertian Pelatihan menurut Sedarmayanti. Pelatihan Pengertian Pelatihan Menurut Sedarmayanti, 198, 1–12.

Widnyana, I. W., Widyawati, S. R., & Warmana, G. O. (2018). Pengaruh Pemberian Mata Kuliah Kewirausahaan Dan Pelatihan Wirausaha Terhadap Minat Wirausaha Ekonomi Kreatif Pada Mahasiswa Unmas Denpasar. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 1(1), 171–177.

Zamroni, Z., Baharun, H., Febrianto, A., Ali, M., & Rokaiyah, S. (2022). Membangun Kesadaran Santripreneur Berbasis Kearifan Lokal di Pondok Pesantren. Al-Tijary, 7(2), 113–127. https://doi.org/10.21093/at.v7i2.4264s

Downloads

Published

2024-05-17