PERANCANGAN DESAIN LABEL, KEMASAN DAN PENETAPAN BAURAN PEMASARAN PADA MAJELIS TA’LIM AL-KAUSAR HARAPAN INDAH

Authors

  • Susetyowati Sofia Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Aprisa Rian Histiarini Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Istika Ahdiyanti Institut Agama Islam Negeri Sorong
  • Iin Indri Sukmana Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Jeany Vince Worabay Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Muhamad Angga Saputra Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Muhamad Irsandi Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Muhamad Sukrun Universitas Muhammadiyah Sorong

DOI:

https://doi.org/10.55681/ejoin.v2i5.2778

Keywords:

Labels, Packaging, Marketing Mix, Digital Marketing, Ta'lim Assembly

Abstract

Tim mengadakan Pengabdian Kepada Masyarakat dengan tema Perancangan Desain Label Kemasan Dan Penetapan Bauaran Pemasaran Pada Majelis Ta’lim Al-Kausar Harapan Indah. Mitra pengabdian adalah ibu-ibu yang tergabung dalam majelis ta’lim di Kelurahan Klawuyuk. Sebelum tim menyampaikan tentang pemasaran, tim produksi memberikan praktek berinovasi mengolah buah nangka sebagai bolu nangka sebagai produk. Ibu-ibu yang dihadiri  sebanyak 17 orang dan 85% dari kehadiran yang ditargetkan. Tujuan tim memberikan inovasi itu untuk meningkatkan dan mengembangkan minat ibu-ibu majlis taklim yang belum memiliki usaha atau ingin menjalankan usaha untuk memulai, dan menjualnya. Dan Bagi ibu-ibu yang memiliki usaha kecil-kecilan pengetahuan dan wawasan tentang perancangan desain label, kemasan dan penetapan bauran pemasaran dapat memberikan peluang ibu-ibu Majelis Taklim Al-Kausar Harapan Indah untuk dapat mengembangkan usaha dengan lebih baik dan meningkatkan penghasilan. Metode yang digunakan pengabdian dilakukan beberapa tahapan yaitu : 1). pelatihan pembuatan label; 2). pelatihan penentuan packaging; 3). pelatihan bauran dan pemasaran secara digital di media sosial. Pembuatan label suatu produk menggunakan aplikasi Canva. Aplikasi mudah digunakan dan terdapat banyak pilihan gambar, warna, bentuk, font, serta elemen yang digunakan. Label kemasan umumnya bersifat unik dengan tujuan menarik perhatian calon konsumen untuk membeli produk. Pelatihan penentuan packaging menggunakan kemasan plastik mika, alasan memilih packaging tersebut karena harganya terjangkau, mudah dibawa, dan sesuai dengan karateristik produk. Pelatihan bauran  pemasaran secara digital yaitumemanfaatkan platform media sosial untuk keperluan pemasaran seperti Fac ebook, Instagram, Tiktok untuk mempromosikan jualannya. Pada bauran pemasaran ini, masyarakat akan diberi pelatihan tentang 4P (Product, Price, Place, Promotion). Hal ini bertujuan untuk meningkatkan penjualan produk atau layanan melalui strategi pemasaran yang efektif dan menyediakan layanan produk yang sesuai dengan harapan pelanggan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Supertini et al., (2020). (2019). Materi Landasan Teori Tentang Pemasaran. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Kotler, & Amstrong. (2012). Packaging Involves Designing And Producing The Container Or Wrapper For A Product. Manajemen.

Rachmawati, R. (2011). Peranan Bauran Pemasaran (Marketing Mix) terhadap Peningkatan Penjualan. Jurnal Kompetensi Teknik, 2(2), 143–150.

Jhuji, E. a. (2020). Pengertian, Ruang Lingkup Manajemen, dan Kepemimpinan Pendidikan Islam. Jurnal Literasi Pendidikan Nusantara, 1(2), 113.

Efendi Putri Intan. (2019). Pengaruh Produk, Harga, Dan Daya Tarik Iklan Terhadap Minat Beli Konsumen Handphone Oppo Pada Mahasiswa Umsurabaya. 8–43.

Rachmawati, R. (2011). Peranan Bauran Pemasaran (Marketing Mix) terhadap Peningkatan Penjualan. Jurnal Kompetensi Teknik, 2(2), 143–150.

Dwi Imani, R., Sucipto, H., Afridah, N., Syaifulloh, M., & Bambang Riono, S. (2023). Penyuluhan Pentingnya Label Pada Kemasan Produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Desa Randusanga Wetan. ITAKARYA : Jurnal Pengabdian Mayarakat, 1(1), 43–55. https://e- journal.citakonsultindo.or.id/index.php/CITAKARYA/article/view/235

Linton, J. D., Klassen, R., Jayaraman, V., Walker, H., Brammer, S., Ruparathna, R., Hewage, K., Thomson, J., Jackson, T., Baloi, D., Cooper, D. R., Hoejmose, S. U., Adrien-Kirby, A. J., Sierra, L. A., Pellicer, E., Yepes, V., Giunipero, L. C., Hooker, R. E., Denslow,

D., … Anane, A. (2020). No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title. Sustainability (Switzerland), 14(2), 1–4. http://www.unpcdc.org/media/15782/sustainable procurement practice.pdf%0Ahttps://europa.eu/capacity4dev/unep/document/briefing-note- sustainable-public- procurement%0Ahttp://www.hpw.qld.gov.au/SiteCollectionDocuments/ProcurementGuide IntegratingSustainability.pd

Viera Valencia, L. F., & Garcia Giraldo, D. (2019). 済無No Title No Title No Title. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 2, 11–22.

Downloads

Published

2024-05-17