PERANCANGAN DESAIN LABEL, KEMASAN & PENETAPAN BAURAN PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN OMSET PELAKU USAHA MIKRO
Keywords:
MSMEs, Label, Packaging, Marketing Mix, Social mediaAbstract
Pelatihan pengabdian kepada masyarakat dengan tema Perancangan Desain Label, Kemasan & Penetapan Bauran Pemasaran Untuk Meningkatkan OmsetPelaku Usaha Mikro. Mitra pengabdian yaitu anggota Majelis Ta'lim Annisa Baitul Ilmi Kelurahan Matamalagi dan kegiatan dihadiri 13 ibu-ibu. Metode pengabdian kepada masyarakat dengan pelatihan di lakukan melalui beberapa tahapan sebagai berikut: 1). observasi & identifikasi; 2). penetapan pelaksanaan; 3). persiapan oleh tim; 4). terlaksananya kegiatan; 5). peserta dapat mengaplikasikan pemasaran ke bisnisnya; 6). Evaluasi; 7). laporan hasil. Pelaksanaan diuraikan sebagai berikut: 1). pemaparan materi mengenai bauran pemasarn (marketing mix); 2). pemaparan cara penentuan harga ke sebuah produk; 3). pemaparan kemasan poduk; 4). Memaparkan desain logo pada produk. Hasil pelatihan mencakup pemahaman peserta tentang penentuan harga, strategi promosi melalui media sosial, serta pentingnya kemasan dan label pada produk. Diskusi dan tanya jawab memberikan kesempatan peserta untuk memahami dan menerapkan bauran pemasaran dalam bisnis yang dijalankan selama ini.
Downloads
References
Agustina, W., Indonesia, L. I. P., & No, J. K. T. (2011). Teknologi Pengemasan, Desain, dan Pelabelan Kemasan Produk Makanan. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Subang.
Darsana, I. M., Rahmadani,S., Salijah, E., Akbar, A. Y., Bahri,K. N., Amir, N. H.,... & Nugroho, A. (2023). Strategi Pemasaran. CV. Intelektual Manifes Media.
Dayat,M.(2019). Strategi Pemasaran Dan Optimalisasi Bauran Pemasaran Dalam Merebut Calon Konsumen Jasa Pendidikan. Jurnal Mu’allim,1(2),299-218.
Effendi, N. I., Mulyana, M., Apriani, A., Titing, A. S., Nugroho, H., Purnama, D., ...
Dewanthi, D. S. (2022). Strategi Pemasaran. Global Eksekutif Teknologi.
Kaihatu,T.S.(2014).ManajemenPengemasan.Penerbit Andi.
Kristanto, T., Muliawati, E. C., Arief, R., & Hidayat, S. (2017). Strategi peningkatan omset ukmpercetakan dengan pendekatan analisis SWOT. SESINDO 9, 2017.
Munawaroh, M., & Zaman, B. (2020). Peran Majelis Taklim dalam Meningkatkan Pemahaman Keagamaan Masyarakat. Jurnal Penelitian, 14(2), 369-392.
Nasution, M. I., Prayogi, M. A., & Nasution, S. M. A. (2017). Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Volume Penjualan. Jurnal Riset Sains Manajemen, 1(1), 1-12.
Rahmawati, F. (2013). Pengemasan dan pelabelan. Biomaterials, 29(34), 4471-4480.
Suci,Y.R.(2017).PerkembanganUMKM(Usahamikrokecildanmenengah)diIndonesia.jurnal ilmiahcanoekonomos,6(1),51-58.
Swastha, B., & Handoko,T. H.(2002).Manajemen pemasaran. Edisi Kedua. Cetakan Kedelapan. Jakarta: Penerbit Liberty.
Wijaya, W. A., & Rahayu, W. P. (2014). Pemenuhan regulasi pelabelan produk industri rumah tangga pangan (IRTP) di Bogor. Jurnal Mutu Pangan: Indonesian Journal of Food Quality, 1(1), 65-73.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Susetyowati Sofia, Dwi Iin Kahinah, Agilistya Rahayu, Digor Mufti, Ikhwanul Kiram, Hardianti Daeng Parany
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.