PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DALAM MENGOLAH LIDAH BUAYA SEBAGAI HAND SANITIZER

Authors

  • Serepina Tiur Maida Universitas Mpu Tantular, Jakarta, Indonesia
  • Bolean Silalahi Universitas Mpu tantular
  • Emanuel Mantero Universitas Mpu tantular
  • Ojakma Sihar Panaili Tumanggor Universitas Mpu tantular

DOI:

https://doi.org/10.55681/ejoin.v2i5.2708

Keywords:

Pemberdayaan Masyarakat, Proses, Pensanitasi tangan

Abstract

Virus selalu mengalami perkembangan dari waktu ke waktu, sehingga bisa dibilang sulit sekali mati atau hilang.Virus yang sangat cepat kena ke orang lain,  salah satunya melalui tangan dan ini akan berdampak dan akan menular. Hand sanitizer yang merupakan antiseptik pembersih tangan hadir sebagai jalan keluar dari permasalahan tersebut. Lidah buaya adalah salah satu tumbuhan sehat yang dapat di olah menjadi ramuan kesehatan. Tujuan penelitian, untuk mengetahui bagaimana pemberdayaan masyarakat untuk mengolah lidah buaya sebagai hand sanitizer atau di sebut sebagai pensanitasi tangan  yaitu  cairan atau gel, umumnya digunakan untuk mengurangi patogen pada tangan. Pemakaian penantiasi tangan berbasis alkohol lebih disukai daripada mencuci tangan menggunakan sabun dan air pada berbagai situasi di tempat pelayanan kesehatan. Penelitian menggunakan metodelogi kualitatif dengan pengumpulan  data dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini melalui berapa tahap pengenalan, tahap pemberdayaan masyarakat, dan tahap pelaksanaan tindakan nyata. adanya pemberdayaan ini, maka dapat memberikan pembekalan dalam membuat hand sanitizer dari lidah buaya dengan harapan penjaringan sumberdaya manusia bisa menjadi peluang penghasilan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abu, H. (2008). Pengorganisasian Dan Pengembangan Masyarakat Model Dan Strategi Pembangunan Berbasis Kerakyatan. Bandung: Humaniro.

Adinda Permatasari, N. S. (2020). Pembuatan Hand Sanitizer Alami Dengan Memanfaatkan Tumbuhan Daun Sirih Di Rw 04 Desa Setia Mekar. Abdipraja: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol. 1 No.1.

Amalia Nur Milla, Neneng Nurbaeti. (2020). Pelatihan Penerapan Protokol Kesehatan, Pembuatan Hand Sanitizer Alami Dan Ketahanan Pangan Keluarga Di Masa Pandemi Covid-19. Jmm (Jurnal Masyarakat Mandiri), Vol. 4, No. 5, Hal. 1018-1029.

Anwas, O. M. (2013). Pemberdayaan Masyarakat Di Era Global. Bandung: Alfabeta.

Ayu Candra Puspita. N. (2020). Studi Kemampuan Hand Sanitizer Terhadap Penurunan Bakteri-Jamur Dan Dampaknya Terhadap Kesehatan Kulit Manusia. Seminar Nasional (Esec) .

Data Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) dan Usaha Besar (UB) Tahun 2017-2018. Mangkunegara (2002). Perilaku Konsumen. Bandung: Refika Aditama

News, Antara. (2020). BKPM sebut UMKM sumbang PDB sebesar 61,7 persen. Antaranews.Com. https://www.antaranews.com/berita/1794321/bkpmsebut-umkm- sumbang-pdb-sebesar-617-persen.

Ruslan, R. (2016). Manajemen Public Relations & Media Komunikasi: Konsepsi dan Aplikasi. Jakarta: Rajawali Press.

Ruslan, R. (2018). Metode Penelitian Public Relations dan Komunikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Saladin, D. (2012). Manajemen Pemasaran, Analisis, Perencanaan, Pelaksanaan dan Pengendalian. Bandung: Linda Karya

Downloads

Published

2024-05-05