MEMBANGUN IDE BISNIS DARI NOL PADA MAHASISWA UNIVERSITAS ESA UNGGUL

Authors

  • Muniroh Universitas Esa Unggul
  • Fahmi Tamzil Universitas Esa Unggul
  • Andi Hidayat Muhmin Universitas Esa Unggul

DOI:

https://doi.org/10.55681/ejoin.v2i2.2374

Keywords:

Bisnis, Mahasiswa Universitas Esa Unggul

Abstract

Menjadi calon entrepreneur  yang mampu dan berwawasan global. Tidak hanya berwirausaha pada skup nasional tetapi meningkat hingga sampai ke skup internasional,mahasiswa dari hasil mengikuti perkuliahan  mempelajari materi kewirausahaan 1(satu)  sampai  kewirausahaan 3 (tiga)sehingga mampu berdaya saing dalam dunia nasional dan gelobal dengan peningkatan kemampuan dan motivasi yang selalu diasah bagi seluruh mahasiswa universitas esa unggul sehingga wawasan mereka mampu bersaing  baik secara  teori dan praktek serta dapat terlaksananya kegiatan hasil dari seminar – seminar dan bahkan terjun langsung didalam berwirausaha yang diselenggaranakan hasil dari perkuliahan kewirausahaan 3 (Tiga) menghasilkan  Festival Bazaar Kewirausahaan Mahasiswa  Universitas ESa Unggul. Metode pelaksanakan program pengabdian masyarat dilakukan dengan memberikan kuliah umum dan terjun lagsung kelapangan bagaimana cara mengajarkan mahasiswa  menjual produk yang mereka hasilkan dengan mengikuti bazar sebagai peserta dalam menjajakan/ menjual produk yang dihasilkan sehingga mereka mampu mempunyai visi dan misi kedepan sebagai jiwa entrepreneur yang bisa meningkatkan UMKM di Indonesia untuk saat ini dan yang akan datang kegiatan seminar dilaksanakan pada tanggal 08 Desember 2023 dan pelaksanaan Festival bazaar Kewirausahaan Mahasiswa UEU dilaksanakan  pada tanggal 11 – 12 Janurai 2024 terlaksana selama 2 hari serta didampingi oleh dosen pengampu kewirausahan untuk menilain hasildan produk yang dijualsaat itu. Hasil program entrepreneur para mahasiswa diharapkan bisamenjadi ujung tombak dan motivasi mereka untukterus meningkatkan produk yang dihasilkan agar bisamenghasilkan produk yang disukaibaik pangsapasar nasionalmaupun internasional  (FEB Unila, 2017)(https://feb.unila.ac.id/id/global-entrepreneur-jadi-tujuan-mahasiswa-feb-unila/).

Downloads

Download data is not yet available.

References

FEB Unila. (2017). Global Entrepreneur" Tujuan Mahasiswa FEB Unila. https://feb.unila.ac.id/id/global-entrepreneur-jadi-tujuan-mahasiswa-feb-unila/

Firdhy Esterina Chrystin. (2020). Prediksi Pertumbuhan Penduduk Indonesia 2024. https://data.tempo.co/data/804/prediksi-pertumbuhan-penduduk-indonesia-2024

Lubis, D. M. U. (2020). Pemahaman Mahasiswa Terhadap Ide Bisnis Dan Konsep Keuangan Dalam Pembelajaran Kewirausahaan. Majalah Kulit Politeknik ATK Yogyakarta, 19(2), 83–90. https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=&cad=rja&uact=8&ved=2ahUKEwi8r8b-pe__AhWz1jgGHR_uAvQQFnoECBsQAQ&url=https%3A%2F%2Fe-jurnal.atk.ac.id%2Findex.php%2Fbptkspk%2Farticle%2Fdownload%2F125%2F83&usg=AOvVaw3ZCkwW5wvw8o2j6DikxXa8&opi=8

Novianti, P., & Habra, M. D. (2022). Pengaruh Motivasi Dan Mental Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha (Studi Kasus Pedagang Kaki Lima Di Lapangan Segitiga Lubuk Pakam). Jurnal Bisnis Mahasiswa, 3(2), 110–109. https://doi.org/10.60036/jbm.v3i2.64

Pasaribu, I. M., & Safaruddin, S. (2023). Pengembangan Metode Pembelajaran Kewirausahaan Berbasis Praktik Untuk Menumbuhkan Minat Berwirausaha Mahasiswa Prodi Adm Bisnis Polmed. Bisnis-Net Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 6(1), 119–126. https://doi.org/10.46576/bn.v6i1.3218

PKM CornerUMB. (n.d.). PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA (PKM) 2024. https://ditmawa.mercubuana.ac.id/pkm-3/.

Downloads

Published

2024-02-10