MENGEKSPLORASI POTENSI APLIKASI CANVA DALAM MEMBANGUN MEDIA PEMBELAJARAN DAN PROMOSI SEKOLAH DI MTSM SANIANG BAKA

Authors

  • Yendi Putra Universitas Mahaputra Muhammad Yamin, Solok
  • Edwin Anwar Universitas Mahaputra Muhammad Yamin, Solok
  • Etika Melsyah Putri Universitas Mahaputra Muhammad Yamin, Solok
  • Ilham Junaidi Universitas Mahaputra Muhammad Yamin, Solok
  • Lili Wahyuni Universitas Mahaputra Muhammad Yamin, Solok
  • Rasidah Nasrah Universitas Mahaputra Muhammad Yamin, Solok
  • Rita Dwi Putri Universitas Mahaputra Muhammad Yamin, Solok
  • Jeprimansyah Jeprimansyah Universitas Mahaputra Muhammad Yamin, Solok
  • Reti Handayani Universitas Mahaputra Muhammad Yamin, Solok

DOI:

https://doi.org/10.55681/ejoin.v2i2.2368

Keywords:

Aplikasi Canva, Metode Pembelajaran, Promosi, MtsM Saning Bakar

Abstract

Kemajuan IT terus meningkat seiring dengan meningkatnya kebutuhan manusia dalam melakukan aktivitas pembelajaran. dengan eksplorasi potensi aplikasi Canva sebagai alat utama dalam mengembangkan media pembelajaran dan promosi sekolah di Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah (MTSM) Saniang Baka. Melibatkan kolaborasi antara guru, siswa, dan staf sekolah, penelitian ini memfokuskan pada penerapan Canva untuk menciptakan materi pembelajaran yang inovatif dan membangun strategi promosi sekolah yang efektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Canva memainkan peran krusial dalam meningkatkan kualitas materi pembelajaran dengan desain visual yang menarik, memudahkan guru dalam mengintegrasikan elemen-elemen multimedia untuk meningkatkan pemahaman siswa. Secara bersamaan, penggunaan Canva untuk promosi sekolah, seperti pembuatan poster dan brosur, secara positif memperkuat citra sekolah dan meningkatkan daya tarik di mata masyarakat. Ditemukan bahwa partisipasi siswa meningkat ketika disajikan dengan materi pembelajaran yang lebih menarik secara visual. Implementasi Canva di MTS Saniang Baka telah memberikan kontribusi positif terhadap pengembangan media pembelajaran inovatif dan strategi promosi sekolah yang efektif, menandakan potensi besar aplikasi ini dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan citra sekolah..

Downloads

Download data is not yet available.

References

M. Lubis, D. Yusri, and M. Gusman, “Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis E-Learning (Studi Inovasi Pendidik MTS. PAI Medan di Tengah Wabah Covid-19),” Fitrah J. Islam. Educ., vol. 1, no. 1, pp. 1–18, 2020, doi: 10.53802/fitrah.v1i1.1.

R. T. Hidayah, D. Iskamto, and R. K. Putri, “Pelatihan Pembuatan Bahan Ajar Dengan Canva dan Kahoot! Pada MTs Qirotussab’ah Kudang Kabupaten Garut,” J. Pengabdi. Masy. Akad., vol. 2, no. 2, pp. 83–88, 2023, doi: 10.54099/jpma.v2i2.609.

E. Anwar et al., “Pelatihan Pembuatan Media Promosi Menggunakan Aplikasi Canva Pada Pontren MAM Saning Baka,” J. Pengabdi. Kpd. Masy. Mahaputra Muhammad Yamin, vol. 2, no. 1, pp. 67–75, 2023, doi: 10.36665/jupemy.v2i1.372.

A. M. Rahmad et al., “Sosialisasi Mengenai Kebersihan Lingkungan Serta Pelatihan Penggunaan Aplikasi Canva Bagi Remaja Surau Di Nagari Koto Hilalang Socializing Regarding The Environmental Hygiene And Training Of The Canva Application For The Musholla Youth At Koto Hilalang Vi,” 2012.

K. Puspita*, M. Nazar, L. Hanum, and M. Reza, “Pengembangan E-modul Praktikum Kimia Dasar Menggunakan Aplikasi Canva Design,” J. IPA Pembelajaran IPA, vol. 5, no. 2, pp. 151–161, 2021, doi: 10.24815/jipi.v5i2.20334.

C. M. N. Ertinez, “Pengembangan Media Poster Digital Menggunakan Aplikasi Canva sebagai Suplemen Pembelajaran pada Materi Tata Surya Kelas VII DI SMP / MTs,” Skripsi, pp. 1–196, 2022.

E. Aryani, “Respon Kemenarikan Multimedia Menggunakan Canva Pada Materi Keteladanan Nabi Yunus A.S Di Mts Al-Munawwarah Kelas VIII,” J. Pendidik. Profesi Guru Madrasah, vol. 2, pp. 97–104, 2022.

R. AM, Y. Agustina, R. Rahmat, M. F. Rosadi, A. Febrian, and Y. Putra, “Sosialisasi Mengenai Kebersihan Lingkungan Serta Pelatihan Penggunaan Aplikasi Canva Bagi Remaja Surau Di Nagari Koto Hilalang,” J. Pengabdi. Kpd. Masy. Mahaputra Muhammad Yamin, vol. 2, no. 1, pp. 36–48, 2023, doi: 10.36665/jupemy.v2i1.275.

S. Resmini, I. Satriani, and M. Rafi, “Pelatihan penggunaan aplikasi canva sebagai media pembuatan bahan ajar dalam pembelajaran bahasa Inggris,” Abdimas Siliwangi, vol. 4, no. 2, pp. 335–343, 2021, [Online]. Available: https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/abdimas-siliwangi/article/view/6859

K. N. Isnaini, D. F. Sulistiyani, and Z. R. K. Putri, “Pelatihan Desain Menggunakan Aplikasi Canva,” SELAPARANG J. Pengabdi. Masy. Berkemajuan, vol. 5, no. 1, p. 291, 2021, doi: 10.31764/jpmb.v5i1.6434.

Y. Putra, Y. Yuhandri, and S. Sumijan, “Meningkatkan Keamanan Web Menggunakan Algoritma Advanced Encryption Standard (AES) terhadap Seragan Cross Site Scripting,” J. Sistim Inf. dan Teknol., 2021, doi: 10.37034/jsisfotek.v3i2.44.

L. Hijrah, M. F. Arransyah, K. Putri, N. Arija, and R. K. Putri, “Pelatihan Penggunaan Canva Bagi Siswa di Samarinda,” Plakat (Pelayanan Kpd. Masyarakat), vol. 3, no. 1, p. 98, 2021, doi: 10.30872/plakat.v3i1.5849.

Downloads

Published

2024-02-07