EDUKASI PENCEGAHAN SINDROM DISPEPSIA PADA MASYARAKAT DI RSUD Dr ISHAK UMARELLA MALUKU TENGAH PROVINSI MALUKU

Authors

  • Rifah Zafarani Soumena Universitas Pattimura

DOI:

https://doi.org/10.55681/ejoin.v2i2.2290

Abstract

Sindrom dispepsia adalah sekumpulan gejala berupa nyeri, perasaan tidak enak pada perut bagian atas disertai dengan gejala lainnya seperti rasa penuh saat makan, cepat kenyang, kembung, bersandiwara, nafsu makan menurun, mual, muntah, dan dada terasa panas. Tingginya aktifitas pekerjaan sehari-hari yang dilakukan membuat pola makan terganggu. Selain itu pasien anak dengan diagnosis sindrom dispepsia dengan kelompok usia sekolah dasar di RSUD dr Ishak Umarella makin meningkat. Hal tersebut dapat disebabkan pola makan yang tidak teratur dan sibuknya beraktivitas sehingga terlambat makan. Tujuan pelaksanaan kegiatan ini untuk memberikan edukasi kepada para orang tua menjaga pola makan dan memberikan contoh makan yang teratur kepada anak. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan pengabdian masyarakat ini adalah dengan memberikan penyuluhan melalui ceramah dan memberikan leaflet berisi materi penyuluhan di Poli RSUD Dr Ishak Umarella. Hasil kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah meningkatnya kesadaran masyarakat tentang bahaya dan pencegahan sindrom dispepsia

Downloads

Download data is not yet available.

References

Enck P, Azpiroz F, Boeckxstaens G, Elsenbruch S, Feinle-Bisset C, Holtmann G, Lackner JM, Ronkainen J, Schemann M, Stengel A, Tack J, Zipfel S, Talley NJ. Functional dyspepsia. Nat Rev Dis Primers. 2017;3(3):17081.

Zakiyah Wildani, Mukni GI. Definisi, penyebab, klasifikasi, dan terapi sindrom. J Health Sains. 2021;2(7):1-8

Barberio B, Mahadeva S, Black CJ, Savarino E V., Ford AC. Systematic review with meta-analysis: global prevalence of uninvestigated dyspepsia according to the Rome criteria. Aliment Pharmacol Ther. 2020;52(5):762-73.

Aziz I, Palsson OS, Whitehead WE, Sperber AD, Simrén M, Törnblom H. Epidemiology, clinical characteristics, and associations for rome IV functional nausea and vomiting disorders in adults. Clin Gastroenterol Hepatol. 2019;17(5):878-86.

Fithriyana, R. Faktor-Faktor yang berhubungan dengan kejadian dispepsia pada pasien di wilayah kerja Puskesmas Bangkinang Kota. PREPOTIF Jurnal Kes Masy. 2018;2(2):43-54.

Irfan W. Hubungan Pola Makan Dan Sindrom Dispepsia Pada Mahasiswa Pre Klinik Fakultas Kedokteran Uin Syarif Hidayatullah Jakarta Tahun 2019 [skripsi]. Jakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta; 2019. Fak Kedokt UIN SYyarif Hidayatullah Jakarta. 2019.

Putri NA, Maria I, Mulyadi D. Hubungan karakteristik individu, pola makan, dan stress dengan kejadian dyspepsia pada mahasiswa Program Studi Kedokteran Universitas Jambi Angkatan 2018. JOMS. 2022;2(1):1-11

Saputra WA. Faktor Resiko Kejadian Gastritis Pada Pasien Rawat Jalan Di Puskesmas Poasia Kota Kendari. Global Health Science. 2017

Hidayah AN, Rahmah Y, Hasanah N. Perbedaan Tingkat Stres, Keteraturan Makan Dan Kejadian Sindrom Dispepsia Pada Siswa Asrama Dan Non Asrama Di Smk Kesehatan Samarinda. Heal Sci J. 2020;2(1):1-12.

Arsyad RP, Irmaini I, Hidayaturrami H. The Relationship Between Dyspepsia Syndrome and Students’ Learning Achievement at SMAN 4 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kedokteran Biomedis. 2018;4(1):1-7.

Hidayat F, Husen HA, Pencegahan Penyakit Dispepsia Sejak Dini Melalui Edukasi Kesehatan Kepada Siswa SMP Negeri 1 Kota Ternate. Meambo. 2022;1(2):1-5.

Downloads

Published

2024-02-07