PELATIHAN PEMBUATAN SABUN MANDI PADAT BAHAN HERBAL DI MEJING LOR RW 3 AMBARKETAWANG GAMPING SLEMAN

Authors

  • Anik Nuryati Politehnik Kesehatan Yogyakarta
  • Sujono Politehnik Kesehatan Yogyakarta
  • Ully Rahmawati Politehnik Kesehatan Yogyakarta
  • Rita Rena Pudyastuti Politehnik Kesehatan Yogyakarta
  • Siti Nuryani Politehnik Kesehatan Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.55681/ejoin.v2i1.2240

Keywords:

Pelatihan, Pembuatan Sabun

Abstract

Politehnik Kesehatan Yogyakarta (Polkesyo) salah satu unit Pelaksana Teknis Direktorat Jendral kesehatan, memiliki tugas melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi,  salah satu upaya yang ditempuh dengan membekali  sumber daya manusia dalam bidang kesehatan yang akan berdampak pada tercapainya derajat kesehatan masyarakat yang optimal. Kondisi sosial budaya masyarakat dengan Gerakan Masyarakat Sehat (GERMAS) oleh Polkesyo Jurusan Teknologi Laboratorium Medis dibekali sdm germas untuk mewujudkan gerajat kesehatan masyarakat yg optimal melalui pegabdian masyarakat. Pengabdian masyarakat dilaksanakan di Dusun Mejing Lor RW O3. Kesempatan ini bertepatan dengan terjadinya pandemic, dimana setiap orang dituntut untuk PHBS dengan sering mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir. Bertepatan dengan kondisi tersebut, mengadakan pengabmas dengan pelatihan yang berkaitan Pembuatan Sabun Mandi Padat  Bahan Herbal, sehingga warga bisa mengurangi pengeluaran untuk membeli sabun mandi. Pembuatan sabun herbal ini salah satu contoh hasil implementasi hasil penelitian 3 tahun perturut turut pada herbal ekstrak kayu manis sebagai zat aktif untuk anti jamur dan anti bakteri.  Pelatihan melalui leflet yang diberikan dengan harapan masyarakat mampu membaca dan membuat sabun sendiri sehingga mampu memelihara kesehatan baik individu maupun untuk masyarakat di lingkungannya. Dengan harapan jika kader PKK sudah maju dapat dijadikan program untuk tambahan ekonomi keluarga PKK. Bahan kontak berupa alat bantu leaflet  dan video untuk pelatihan digunakan sebagai media pembelajaran pelatihan yang bersifat permanen dan berkesinambungan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Banaransoap D. 2016.Cara Membuat sabun mandi sederhana (untuk Pemula) diakses tgl 16 Juni 2016. Dari https://banaransoap.com/category/sabun-mandi-alami/.

Hartuti,S.2014. Pembuatan Dan Karakterisasi Sabun Padat Berbahan Dasar Vco Dan Susu, Kambing Dengan Penambahan Minyak Kayu Manis Sebagai Parfum Skripsi,Fakultas Kimia .UGM.

Irmayanti PT, Wijayanti PAD, Arisanti CIS. 2014. Optimasi Formula Sediaan Sabun Mandi Cair Dari Ekstrak Kulit Manggis (Garcinia Mangostana Linn.). dalam JurnalKimia (Journal of Chemistry) Vol.8. No 2 juli 2014. Dari https://ojs.unud.ac.id/index.php/jchem/article/view/11765.

Kasenda. JCN; YamLean. PVY., Lolo WA. 2016. Formulasi Dan Pengujian Aktivitas Antibakteri Sabun Cair Ekstrak Etanol Daun Ekor Kucing (Acalypha Hispida Burm.F) Terhadap Pertumbuhan Bakteri Staphylococcus Aureus. Pharmacon vol 5 no.3.2016. Program Studi Farmasi FMIPA UNSRAT Manado,9511.

Downloads

Published

2024-01-19