PELATIHAN PEMBALUTAN DAN PEMBIDAIAN PADA DOKTER KECIL DI SD SWASTA BAKTI II MEDAN

Authors

  • Deni Susyanti Akademi Keperawatan Kesdam I/ Bukit Barisan
  • Kipa Jundapri Akademi Keperawatan Kesdam I/ Bukit Barisan Medan
  • Nita Mayrani Siregar Akademi Keperawatan Kesdam I/ Bukit Barisan Medan
  • Erita Gustina Akademi Keperawatan Kesdam I/ Bukit Barisan Medan
  • Josia Edyanta Purba Akademi Keperawatan Kesdam I/ Bukit Barisan Medan

DOI:

https://doi.org/10.55681/ejoin.v2i1.2154

Keywords:

Pembalutan, Pembidaian

Abstract

Kasus traumatologi seiring dengan kemajuan jaman cenderung semakin meningkat, sehingga setiap orang akan dituntut mampu memberikan pertolongan pertama pada kasus kecelakaan yang menimpa pada orang lain di sekitar kita. Beberapa di antara kasus traumatologi sering pula dijumpai dalam kehidupan sehari-hari, misalnya kaki tergelincir ketika menuruni tangga, anak- anak sekolah berlari- lari mengejar temannya akhirnya tergelincir. Pemberian pertolongan pertama melalui imobilisasi yang benar akan sangat bermanfaat dan menentukan prognosis kasus trauma. Sebagian besar kasus traumatologi membutuhkan pertolongan dengan pembalutan. Pemasangan bidai yang dilakukan dengan cara yang salah akan menyebabkan cedera yang lebih parah. Tujuan kegiatan ini adalah terlaksananya pelatihan pembalutan dan  pembidaian pada dokter kecil di SD Swasta Bakti 2 Medan. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 4 November 2023. Jumlah peserta 30 orang dokter kecil SD Swasta Bakti 2 Medan. Hasil kegiatan yaitu tingkat pemahaman dokter kecil tentang pembalutan dan  pembidaian meningkat menjadi sangat baik yang diukur dengan menggunakan kuesioner dan kemampuan melakukan praktek sesuai dengan materi yang telah diberikan. Para dokter kecil mampu melakukan pembalutan dan  pembidaian dengan tepat. Kegiatan ini perlu dimonitor secara periodik, sehingga dapat menekan angka kesakitan yang berlanjut

Downloads

Download data is not yet available.

References

Blom, E., Warwick, D., Whitehouse, M.R. (2017). Apley & Solomon’s System of Orthopaedics and Trauma. 10th Edition. CRC Press. Boca Raton.

Bouwhuizen, M. (1991). Bahan Bebat dan Pembebatan Luka dalam Ilmu Keperawatan Bagian I. EGC. Jakarta.

Ellis, J.R., Nowlis, E.A., Bentz, P.M. (1996). Applying Bandages and Binders in Modules for Basic Nursing Skills. 6 th Edition. Lippincot. New York. http: // www. Worldwidewounds.com/2003/june/Thomas/Laplace-Bandagews.html.

Kozier, B., Erb, G. (1983). Wound Care in Fundamental of Nursing: Concepts and Procedures. 2nd Edition. Addison-Wesley Publishing Company. Massachuset. USA

Laboratorium Keterampilan Klinis. (2018). Buku Pedoman Keterampilan Klinis Pembebatan dan Pembidaian untuk semester 6. UNS Press. Surakarta

Pearce, EC. (1999). Anatomi dan Fisiologi untuk Paramedis, Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta

Skills Laboratory Manual. (2003). Vital sign Examination and Bandages and Splints. Skills Laboratory, School of Medicine Gadjah Mada University, Yogyakarta.

Stevens, P.J.M., Almekinders, G.I., Bordui, F., Caris, J., van der Meer, W.E., van der Weyde, J.A.G. (2000). Pemberian Pertolongan Pertama dalam Ilmu Keperawatan. EGC. Jakarta.

Suwardi, Imobilisasi dan Transportasi Tim Penyusun Buku Pedoman Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan, Markas Besar Palang Merah Indonesia.

Wolff, L.V., Weitzel, M.H., Fuerst, E.F. (1984). Dasar-Dasar Ilmu Keperawatan. Buku Kedua. Gunung Agung. Jakarta.

Downloads

Published

2024-01-17