PEMBUATAN GAMBAR PETUNJUK ARAH DAN TEMPAT WISATA BARU UNTUK MENINGKATKAN KEMBALI WISATAWAN DI KAMPUNG WISATAWAN KETANDAN SURABAYA

Authors

  • Umul Khasanah Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Muhammad Ryan Rahman Firdaus Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Rezanty Indah Aulia Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Anggeline Cholilla Nawang Janah Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.55681/ejoin.v2i1.2103

Keywords:

Pariwisata, Wisata Edukasi, Kampung Wisata, Kampung Ketandan, Kkn C

Abstract

Surabaya merupakan kota yang memiliki banyak kampung wisata, salah satunya adalah Kampung Wisata Ketandan Surabaya yang menjadi bagian dari kampung tertua yang terletak di tengah kota Surabaya. Menurut warga kampung selama pandemi Covid-19, terjadi penurunan jumlah wisatawan. Oleh karena itu, untuk menarik kembali wisatawan perlu dilakukan kegiatan promosi dengan memanfaatkan tempat wisata yang telah tersedia dan memperbanyak kegiatan wisata, salah satunya adalah wisata edukasi yang bisa mengangkat banyak tema. Wisata edukasi merupakan wisata yang memiliki tujuan agar bisa mendapatkan banyak pengalaman dari pembelajaran langsung di tempat wisata. Wisata edukasi di buat dengan mengajak warga dan anak-anak Kampung Ketandan Surabaya, berupa Gambar Petunjuk Arah, Rumah Edukasi Keberanian dan kegiatan edukasi berupa Pembuatan Jajanan Bernutrisi ala Jepang. Pembuatan tempat wisata dan kegiatan edukasi ini bertujuan untuk meningkatkan kembali wisatawan Kampung Wisata Ketandan Surabaya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anugrahadi, F. (2022). Kampung Wisata Ketandan Surabaya.Kompas.com.

Candra, A. K., & Prasetyo, D. (2022). Strategi Komunikasi Promosi Pariwisata Daerah Oleh Duta Wisata Ikon Cak dan Ning Surabaya. DIGICOM: Jurnal Komunikasi dan Media, 2(1), 93-100.

Dinarta, N. E. S. (2020). Fotografi Sebagai Media Promosi Destinasi Wisata Surabaya (Studi Deskriptif Tentang Upaya Penggunaan Foto Sebagai Media Promosi Oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Surabaya) (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS AIRLANGGA).

Endrasari, B. I., Widjajanti, W. W., & Azizah, S. (2017, October). Desain Wisata Edukasi Berwawasan Lingkungan di Surabaya. In Seminar Nasional Sains dan Teknologi Terapan V (pp. 67-72).

Muwifanindhita, M. B., & Idajati, H. (2019). Identifikasi faktor yang memengaruhi partisipasi masyarakat kampung Ketandan sebagai kampung wisata di Surabaya. Jurnal Teknik ITS, 7(2), C216-C222.

Muwifanindhita, M.B. Strategi Peningkatan Partisipasi Masyarakat Kampung Ketandan Sebagai Kampung Wisata di Surabaya.

Ramadhan, D. (2022). Data Statistik Pariwisata Indonesia.Databoks.co.id.

Reinsch, R. (2022). The Growth of Global Tourism.Council on Foreign Relations.

Romandhona, D. (2016). Pengelolaan, Partisipasi, Potensi dan City Branding sebagai Upaya Pengembangan Industri Pariwisata di Kota Surabaya. Universitas Airlangga.

Sharwana, P. (2023). Arahan Pengembangan Kampung Wisata Berdasarkan Community Resilience di Kawasan Kampung Ketandan, Kota Surabaya (Doctoral dissertation, Institut Teknologi Sepuluh Nopember).

Sholik, M., Rahmawati, D., Kristanto, T., Hidayatullah, M. S., Ramadaniputra, N., & Prayogi, R. A. (2022). Pengembangan Kampung Wisata Edukasi dengan Penerapan Teknologi dan Pemberdayaan Masyarakat (Studi Kasus: kampoeng songo Surabaya). Terang: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat Menerangi Negeri, 5, 74-81.

Syahputra, S., & Andjarwati, A. L. (2019). Pengaruh Kualitas Layanan dan Experiential Marketing terhadap Niat Berkunjung Ulang dengan Kepuasan sebagai Variabel Mediasi (Studi pada Pengunjung Wisata Edukasi Kampung Coklat Blitar). Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Ilmu Manajemen, 7, 265-272.

UNWTO. (2022). Tourism Highlights Report.UNWTO.org.

Wijaya, D. M. (2019). Fasilitas Wisata Edukasi Mangrove di Surabaya. eDimensi Arsitektur Petra, 7, 225-232.

Downloads

Published

2024-01-11