PENYULUHAN RANGE OF MOTION (ROM) PASIF DI RUANG PERAWATAN MAWAR KELAS III RSUD UNDATA PALU.

Authors

  • Vidya Urbaningrum Universitas Widya Nusantara Palu
  • Agnes erlita distriani patade Universitas Widya Nusantara Palu
  • Katrina febby lestari Universitas Widya Nusantara Palu
  • Pebriani Universitas Widya Nusantara Palu
  • Ribka Gracia Guampe Universitas Widya Nusantara Palu
  • Andi Putri Ayu Thamar Universitas Widya Nusantara Palu

DOI:

https://doi.org/10.55681/ejoin.v1i12.1979

Keywords:

Penyuluhan Hambatan Mobilitas Fisik

Abstract

PENDAHULUAN: Hambatan mobilitas fisik adalah hambatan yang secara mandiri dan spesifik membatasi pergerakan fisik satu atau lebih anggota tubuh. Menurunnya mobilitas fisik yang terjadi pada lansia berdampak pada perubahan performa atletik, seperti menurunnya kekuatan dan power otot. Hal ini biasanya disertai dengan perubahan fisik yang terjadi seiring bertambahnya usia, penurunan kinerja otot, kekakuan sendi, dan tremor pada tangan, kepala, dan tangan. Pada pasien dengan hambatan mobilitas fisik dapat ditangani dengan terapi Range Of Motion (ROM). METODE: Kegiatan ini melibatkan pasien dan keluarga di Ruang Perawatan Mawar Kelas III RSUD Undata Palu berjumlah 15 orang dilakukan dengan metode ceramah  dengan menggunakan SAP (satuan acara penyuluhan) dan leflet.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Reza Rozanna, Dara Febriana, Rahmawati Rahmawati, (2022) Pemberian Range Of Motion (Rom)Pada Lansia Dengan Hambatan Mobilitas Fisik: Suatu Studi Kasus, Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Keperawatan.

Nur Azizah,Wahyuningsih, (2020). Genggam Bola Untuk Mengatasihambatan Mobilitas Fisik Pada Pasien Stroke Nonhemoragik, Jurnal Manajemen Asuhan Keperawatan Vol. 4 No. 1 Januari 2020, Halaman 35 – 42

Tejo Saksono, Siwi, Putranti (2022) Asuhan Keperawatan Hambatan Mobilitas Fisik Pada Pasien Dengan Stroke Iskemik. Jurnal Inovasi Penelitian Vol.3 No.7 Desember 2022.

Agusrianto, Rantesigi 2020. Penerapan Latihan Range of Motion (ROM) Pasif terhadap Peningkatan Kekuatan Otot Ekstremitas pada Pasien dengan Kasus Stroke. Jurnal ilmiah kesehatan Vol. 2, No. 2, Agustus 2020, pp 61-66

Downloads

Published

2023-12-20