PELATIHAN PEMBUATAN GELANG MAKRAME MANIK-MANIK

Authors

  • Selvi Prisilia Nainggolan Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Faiza Putri Kiswari Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia
  • Mushardiva Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia
  • Rahayu Kesuma Dewi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia
  • Desy Rufaidah Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55681/ejoin.v2i1.1959

Keywords:

Pelatihan, Gelang Makrame, Gelang Manik-Manik

Abstract

Makrame merupakan seni rupa dengan cara menyimpul beberapa tali maupun benang menjadi bentuk pola dekoratif-geometrik. Di media soekarang ini banyak berseliweran  informasi tentang cara membuat gelang, cincin, serta kalung dari manik-manik melalui teknik makrame. Dalam pembuatan gelang makrame ini ada 1 komponen penambah lagi agar gelang tampak lebih menarik yaitu manik-manik. Manik-manik merupakan hiasan kecil yang terbuat dari plastik, kaca, atau logam yang digunakan untuk membuat perhiasan dengan cara dijalin atau dijahit Bersama untuk menciptakan kreasi artistik. Manik-manik memiliki banyak jenis diantaranya yaitu manik akrilik motif dan manik mote lokal. Dari hasil observasi diketahui bahwa di lingkungan Celeban belum banyak anak yang mengetahui makrame. Berdasarkan hal tersebut, dilaksanakan pelatihan untuk anak-anak di sekitar Masjid Kartini. Agar nantinya anak-anak disekitar Masjid Kartini mampu membuat kerajinan manik-manik dengan teknik makrame, khususnya gelang. Selain itu, pelatihan ini juga dapat meningkatkan kreativitas dan jiwa wirausaha bagi anak-anak di sekitar Masjid Kartini dengan kemampuan yang telah mereka dapatkan dari pelatihan yang kami adakan. Pelatihan ini dilakukan dengan metode praktik langsung untuk pembuatan gelang makrame.Sasaran pelatihan ini yaitu anak-anak. Kegiatan pelatihan makrame ini memperoleh hasil, yaitu anak-anak dapat membuat makrame sesuai dengan target. Selain itu, hasil dari pembuatan gelang yang dibuat oleh anak-anak itu bisa langsung mereka gunakan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Muthi’ah, W. 2013. Teknik Makrame dalam Tren Fashion. Jurnal Serat Rupa. Vol. 1. Hal 35-46.

https://web.archive.org/web/20180421035934id_/http://majour.maranatha.edu/index.php/sr/article/viewFile/1241/1306, diakses pada tanggal 19 Desember 2023 pukul 13.23 WIB.

Purbawati, Anita, dkk. 2023. Proposal Pelatihan membuat kerajinan makrame guna meningkatkan kreativtas dan jiwa wirausaha bagi anak-anak panti asuhan Budi Utomo Muhammadiyah Metro.

https://id.scribd.com/document/644460663/Proposal-PK-II-Kel Pelatihan-Makrame, diakses pada tanggal 10 november 2023 pukul 07.58 WIB.

Kurnia, Firdilla. 2023. Contoh Proposal Kegiatan, Ayo Pelajari Format 31q2wsdan Strukturnya di Sini!.

https://dailysocial.id/amp/post/contohproposal-kegiatan.

diakses pada tanggal 10 November 2023 pukul 10.00 WIB.

Downloads

Published

2024-01-08