DEMPLOT BUDIDAYA SAYURAN BERSAMA KELOMPOK WANITA TANI SERUNI INDAH, DESA PAPRINGAN, KABUPATEN BANYUMAS

Authors

  • Ni Wayan Anik Leana Universitas Jenderal Soedirman
  • Prasmaji Sulistyanto Universitas Jenderal Soedirman
  • Purwanto Universitas Jenderal Soedirman

DOI:

https://doi.org/10.55681/ejoin.v1i9.1609

Keywords:

Kelompok Wanita Tani, Sayuran, Desa Papringan

Abstract

Desa Papringan merupakan salah satu desa dengan jumlah ternak sapi terbanyak di Kabupaten Banyumas. Salah satu upaya pemanfaatan limbah kotoran ternak adalah dengan mengolahnya menjadi pupuk dan menggunakannya untuk budidaya sayuran. Sayangnya, Desa Papringan yang memiliki lahan pertanian cukup luas, belum memanfaatkan limbah kotoran ternak secara khusus untuk budidaya tanaman.Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk mendampingi Kelompok Wanita Tani (KWT) Desa Papringan budidaya sayuran di demplot tanah desa. Metode transfer teknologi budidaya sayuran dengan pupuk limbah kotoran sapi dilakukan dengan penyuluhan dan pendampingan langsung. Kegiatan pengabdian ini diawali dengan membentuk KWT Seruni Indah Desa Papringan. Selanjutnya kegiatan budidaya sayuran di lahan demplot milik desa. Sayuran yang dibudidayakan seperti terung, kangkong, pokcoy, bayam, tanaman obat, serta tabulampot belimbing Dewi. Kegiatan ini memberikan tambahan pengalaman dan pengetahuan kepada peserta tentang cara budidaya sayuran dengan pupuk limbah ternak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Kementrian Sosial RI. 2011. Pedoman Dasar Karang Taruna. Direktorat Pemberdayaan Keluarga dan Kelembagaan Sosial, Jakarta.

Notoatmodjo, Soekidjo. 2007. Kesehatan Masyarakat: Ilmu dan Seni. Rineka Cipta, Jakarta.

Saputro, D. D., Burhan Rubai Wijaya, & Yuni Wijayanti. 2014. Pengelolaan Limbah Peternakan Sapi Untuk Meningkatkan Kapasitas Produksi Pada Kelompok Ternak Patra Sutera. Rekayasa, 12 (2): 91-98.

Saputro, Y. S., Kismartini, & Syafrudin. 2015. Pengelolaan Sampah Berbasis Masyarakat Melalui Bank Sampah. Indonesian Journal of Conservation, 04 (1): 83-94.

Ustriyana, I N.G. 2010. Analisis Nilai Tambah dan Pendapatan Usaha Pengeolahan Limbah Ternak: Studi Kasus di Desa Babahan Kecamatan Penebel Kabupaten

Downloads

Published

2023-09-29