PENERTIBAN DOKUMEN KREDIT DALAM MEMINIMALISIR RISIKO KEHILANGAN DATA NASABAH DI BANK BRI UNIT WIROLEGI JEMBER

Authors

  • Galih Andika Febriyanto Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq, Jember
  • Siti Rahmafita Purnamasari Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq, Jember
  • Amelia Dita Eka Kusuma Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq, Jember
  • Hikmatul Hasanah Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq, Jember

DOI:

https://doi.org/10.55681/ejoin.v2i10.1607

Keywords:

Controling Dokuments, Credit, Customers

Abstract

Dalam dunia perbankan, pengelolaan dokumen kredit adalah aspek yang sangat penting, terutama dalam menjaga integritas data nasabah. Bank BRI Unit Wirolegi memiliki komitmen kuat untuk memastikan keamanan data nasabah dalam pengalaman lapangan mereka. Oleh karena itu, pengabdian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana penertiban dokumen kredit dapat berperan sebagai langkah efektif dalam mengurangi risiko kehilangan data nasabah. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah Metodologi Participatory Action Research (PAR), yang memungkinkan pengumpulan data melalui observasi langsung di Bank BRI Unit Wirolegi serta analisis praktik-praktik terbaik yang digunakan dalam pengelolaan dokumen kredit di lingkungan perbankan. dalam pengabdian ini menghasilkan penerapan strategi penertiban dokumen kredit yang efisien dan signifikan mengurangi kemungkinan terjadinanya kehilangan atau akses yang tidak sah terhadap data nasabah di Bank BRI Unit Wirolegi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

‘Aanalisis Yuridis terhadap Kejahatan Perbankan.Pdf’, n.d.

Bambang Sutiyoso. ‘Penyelesaian Sengketa Bisnis’. Yogyakarta: Citra Media, 2006.

‘Bank BRI Beberkan Cara Mengamankan Data Nasabah’. Accessed 28 September 2023. https://keuangan.kontan.co.id/news/bank-bri-beberkan-cara-mengamankan-data-nasabah.

‘BRI Terapkan Standar Internasional Jaga Keamanan Data’. Accessed 28 September 2023. https://www.cnbcindonesia.com/tech/20220618190027-37-348269/bri-terapkan-standar-internasional-jaga-keamanan-data.

Ernanti, Qatrunnada, and Bambang Eko Turisno. ‘Perlindungan Hukum bagi Konsumen Perbankan dalam Penggunaan Data Pribadi Nasabah (Studi pada PT BRI Kantor Wilayah Semarang)’ 5, no. 3 (2016): 1–14. https://doi.org/10.14710/dlj.2016.12557.

‘Ini Strategi BRI Finance Perkuat Keamanan Data Dan Transaksi Nasabah’. Accessed 28 September 2023. https://finance.wartaekonomi.co.id/read34077/ini-strategi-bri-finance-perkuat-keamanan-data-dan-transaksi-nasabah.

Janus Sibadolok. ‘Hukum Perlindungan Konsumen Di Indonesia’. Bandung: PT Citra Aditya Bakti, 2001.

Kementrian Agama RI. ‘Metodologi Pengabdian Masyarakat’, 1–246. Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Direktorat Jendral Pendidikan Islam Kementria Agama RI, 2022. http://diktis.kemenag.go.id.

Kurniawan, Teguh. ‘Urgensi Pengesahan Rancangan Undang Undang Perlindungan Data Pribadi Dalam Digitalisasi Pelayanan Publik Guna Mewujudkan Smart Government’. Ikatan Penulis Mahasiswa Hukum Indonesia Law Journal 2, no. 2 (22 February 2022): 264–81. https://doi.org/10.15294/ipmhi.v2i2.55032.

‘Lestari Moerdijat // Pustaka Lestari - Pentingnya Perlindungan Privasi Dan Data Pribadi’. Accessed 28 September 2023. https://lestarimoerdijat.com/pustakalestari/read/2019/10/03/702/Pentingnya-Perlindungan-Privasi-dan-Data-Pribadi.

‘Mabes Polri Siap Usut Kebocoran Data Nasabah BRI Life - Nasional Tempo.Co’. Accessed 28 September 2023. https://nasional.tempo.co/read/1488274/mabes-polri-siap-usut-kebocoran-data-nasabah-bri-life.

Prabowo, Muhammad Aras, Muhammad Robin, Fathur Rohman, Gilang Permana, Mohammad Tamam Qomaruddin, and Defita Rahma. ‘Peran Pengabdian Masyarakat dalam Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM)’. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM) 29, no. 1 (2023): 30–34. https://doi.org/10.24114/jpkm.v29i1.40859.

Thomas Suyatno. ‘Dasar-Dasar Perkreditan’, 132. Jakarta: PT. Gramedia, 1998.

———. ‘Dasar-Dasar Perkreditan’, 38. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 2016.

Tryana, Salsabila Medy. ‘Strategi BRI Cabang Sidrap dalam Meningkatkan kualitas Layanan terhadap Nasabah (Analisisi Etika Bisnis Islam)’, 2020.

Downloads

Published

2023-10-05