UPAYA PENINGKATAN PENGETAHUAN SISWA- SISWI SMA MENGENAL KEGAWATDARURATAN NAPZA DALAM RANGKA PENCEGAHAN PENGGUNAAN NAPZA

Authors

  • Priyo Sasmito Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Faathir Husada Tangerang, Indonesia
  • Aslihah Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Faathir Husada Tangerang, Indonesia
  • Tenku Fikri Athoillah Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Faathir Husada Tangerang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55681/ejoin.v1i8.1506

Keywords:

Penyuluhan, Kegawatdaruratan NAPZA, Siswa-Siswi SMA

Abstract

Penyalahgunaan narkotika, psikotropika, dan zat adiktif lainnya atau Napza masih menjadi salah satu masalah penting   yang   harus   diperhatikan   oleh seluruh negara di dunia. Napza merupakan   suatu   bahan   atau   zat   yang ketika   dikonsumsi   oleh   manusia   dapat mempengaruhi fungsi tubuh terutama pada otak atau susunan saraf pusat.Indonesia merupakan salah satu negara di Asia yang semula difungsikan sebagai negara transit, namun kini telah berkembang menjadi kawasan penjualan dan tempat produksi Narkotika, Psikotropika, dan Zat Adiktif Lainnya (Napza). Pertambahan penduduk setiap tahunnya menjadikan Indonesia sebagai wilayah pasar yang potensial bagi masalah ketergantungan narkoba. Masalah penyalahgunaan narkoba telah menyebar ke seluruh pelosok daerah. Hal ini menunjukkan bahwa tempat kecanduan narkoba tidak hanya terjadi di tempat-tempat yang terisolasi secara geografis, tetapi juga di tengah masyarakat pedesaan dan perkotaan. Pada dasarnya narkoba bermanfaat dalam bidang kesehatan dan ilmu pengetahuan, namun menjadi berbahaya bila disalahgunakan. Penyuluhan ini menekankan pada aspek-aspek kegawatdaruratan yang muncul pada pengguna NAPZA. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan siswa-siswi SMA tentang bahaya penyalahgunaan narkoba (NAPZA) dan cara pencegahannya. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan dalam satu hari pada bulan November 2022. Peserta kegiatan ini adalah siswa-siswi SMA kelas XI MIPA 1

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alifia, U. (2019). APA ITU NARKOTIKA DAN NAPZA. SEMARANG: ALPRIN.

Hasnidar, Tasnia, & sitorus, S. (2020). Ilmu kesehatan masyarakat. yayasan kita menulis.

Kabain, H. (2019). Jenis-jenis Napza dan Bahayanya. Semarang: Alpin.

Kabain, H. (2019). Peran Keluarga, Guru, dan Sekolah Menyelamatkan Anak dari Pengaruh NAPZA. ALprin.

Lolok, N., & Yuliastri, W. O. (2020). Efektifitas Program P4GN Terhadap Pencegahan Penyalahgunaan NAPZA di SMP Negeri 10 Kota Kendari. Jurnal Mandala, 33-38.

Mahardipa, P. D. (2022). Bunga Rampai Isu-Isu tentang Narkotika, Alkohol, Psikotropika, dan Zat Adiktif Lainnya (NAPZA). Lakeisha.

Putri, d., Dilisca, N. L., Yundari, h., Dalem, A. I., Puswati, D., Putu, N. L., . . . Prasetya, D. (2022). Penyuluhan Bahaya Penyalahgunaan NAPZA serta Pengenalan Pengelolaan Spesimen Pemeriksaan NAPZA pada Kelompok Siswa Peduli AIDS dan Narkoba di SMAN 7 Denpasar. Jurnal Pengabdian Mandiri, 57-66.

Downloads

Published

2023-08-30