PEMANFAATAN BAHAN PERCA DENGAN PEMASARAN MEDIA SOSIAL DALAM MENINGKATKAN PEREKONOMIAN KELUARGA DI KECAMATAN PANTAI CERMIN

Authors

  • Rahmat Hidayat Universitas Dharmawangsa,Medan
  • Budiman Purba Universitas Dharmawangsa,Medan
  • Asrindah Nasution Universitas Dharmawangsa,Medan

DOI:

https://doi.org/10.55681/ejoin.v1i8.1418

Keywords:

Bahan Perca, Media Sosial, Perekonomian Keluarga

Abstract

Kain perca adalah sisa kain atau limbah dari konveksi, pabrik pakaian, atau pabrik garmen yang memproduksi pakaian, sprei, dan barang lain yang terbuat dari kain. Para penjahit atau konveksi memproduksi pakaian, yang menghasilkan banyak limbah kain yang disebut kain perca. Salah satu jenis anorganik yang paling sulit diproses karena tidak dapat terurai dan tidak dapat dikompos. Saat dibakar, limbah kain mengeluarkan gas dan asap beracun yang berbahaya bagi lingkungan sekitar. Untuk mengatasi masalah ini, kain perca harus diubah menjadi produk yang memiliki nilai jual dan nilai estetika, sehingga mengurangi pencemaran lingkungan. Untuk mendaur ulang, ibu-ibu Pkk di Kecamatan Pantai cermin berpartisipasi dalam pengabdian ini. limbahnya kain perca menjadi produk yang bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari seperti konektor masker, yang saat ini sangat dibutuhkan terutama oleh wanita yang menggunakan hijab di masa pandemi,Selimut, bahkan menjadi produk daster dan sebagainya. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini meliputi pengamatan awal kondisi lingkungan di kecamatan Pantai Cermin, penyediaan solusi dan sosialisasi inisiatif kewirausahaan. Kegiatan dimulai dengan ceramah tentang pentingnya penggunaan limbah kain perca, demonstrasi, dan praktik pembuatan konektor masker, selimut dan daster. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengajar ibu-ibu bagaimana mengubah limbah kain perca menjadi barang yang dapat dijual, sehingga mereka dapat membantu meningkatkan pendapatan keluarga

Downloads

Download data is not yet available.

References

A’isah, Trias Nur Aisyah, & Desi Novitasari, 2012, ‘Kencana: Kerajinan Kain Perca Menjadi Line Art Sebagai Industri Kreatif Berpeluang Ekonomi’,Jurnal Pena, Vol.3, No.1, Hal 464.

Dari Mahasiswa Untuk Indonesia: Kewirausahaan Dan Inovasi Di Era Digital, Magelang: Unima Press, 2020.

Latar Muhammad Arief, Pengolahan Limbah Industri: Dasar-Dasar Pengetahuan Dan Aplikasi DI tempat Kerja, Yogyakarta: Penerbit Andi, 2016.

Nurheti Yuliarti, Rifki Aziz. Bisnis Menggiurkan Dari Kain Perca, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2014.

Opi Ardiani, 2021, Kenapa Saya Menggunakan Konektor Masker?, dilihat pada tanggal 30 Juli 2021,

https://www.opiardiani.com/2021/01/kenapa

-saya-pakai-konektor-masker.html

Regigs Aprilia & Ratna Suhartini, ‘Pemanfaatan Teknologi E-Commerce Dalam Pemasaran Kain Perca Sebagai Produk Kreatif’, e-Jurnal Vol. 09, No. 2, Edisi Yudisium, 2020 Hal.

137-147.

Sugiono. Metodelogi Penelitian. Bandung: IKAPI, 2018.

Sumiati, dkk, Bantal Kursi Unik Dari Sampah Plastik Kiriman, Bandung: Media Sains Indonesia, 2020.

UKMF Dycres 2019, Kompilasi Karya Ilmiah UKM-F Dycres 2019, Pekalongan: Penerbit NEM, 2021.

Downloads

Published

2023-08-15