PENGABDIAN MASYARAKAT TENTANG PENCEGAHAN BULLYING PADA ANAK USIA SEKOLAH OLEH MAHASISWA FAKULTAS KESEHATAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUMATRA BARAT DI SD FRANSISKUS BUKITTINGGI

Authors

  • Yasherly Bachri Univeristas Muhammadiyah Sumatera Barat
  • Yolanda Univeristas Muhammadiyah Sumatera Barat
  • Roza Isnaini Univeristas Muhammadiyah Sumatera Barat
  • Naufaldy al haq Univeristas Muhammadiyah Sumatera Barat
  • Putri Aisyah Univeristas Muhammadiyah Sumatera Barat

DOI:

https://doi.org/10.55681/ejoin.v1i8.1413

Keywords:

Pencegahan, Bulling, Sekolah Dasar

Abstract

Anak sekolah merupakan sasaran strategis dalam memberikan informasi, pendidikan dan ditanamkan pola hidup sehat sejak dini, karena anak usia sekolah dasar mudah menerima masukan dan perubahan. Hal lain yang menjadi pertimbangan adalah anak mengalami masa pertumbuhan cepat. Masa ini akan berjalan baik bila didukung oleh gizi yang baik, terpenuhi dan seimbang. Pendidikan dan informasi gizi seimbang sangat perlu disampaikan untuk meningkatkan pengetahuan gizi seimbang dan membekali anak-anak dalam usia pertumbuhan dan perkembangan merek. Tujuan kegiatan untuk meningkatkan pengetahuan anak sekolah tentang pentingnya manfaat sarapan bagi anak sekolah. Pengabdian masyarakat ini dilaksanakan dengan metode penyuluhan/ceramah dengan menggunakan media slide presentasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali Mohamad dan Asrori Mohamad, (2006). Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik.Jakarta : Bumi Aksara. Assegaf, Abd. Rahman.( 2004).

Pendidikan Tanpa Kekerasan : Tipologi Kondisi, Kasus danKonsep. Yogya: Penerbit Tiara Wacana.staka:Astuti, P.R. (2008).

Meredam Bullying: 3 cara efektif mengatasi kekerasan pada anak. Jakarta:PT.Grasindo. Evertson M Carolyn.(2001).

Manajemen Kelas Untuk Guru Sekolah Dasar. Jakarta: Pranadamedia Group. Sulfemi, W. B. (2009).

Modul Pembelajaran Pendidikan Pancasila danKewarganegaraan. Bogor: STKIP Muhammadiyah Bogor, 1, 1-49. Sulfemi, Wahyu Bagja. (2016).

Modul Pembelajaran Ilmu Sosial dan Budaya Dasar.Bogor :STKIP Muhammadiyah Bogor. Sulfemi, Wahyu Bagja. (2017).

Korelasi Penilaian Guru Terhadap Gaya Kepemimpinan AsertifKepala Sekolah Dengan Kinerja Guru Di SMPN 01 Jasinga Kabupaten Bogor.Lingua : Jurnal ilmiah Kajian Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 3 (1) 2017. 90-100. Sulfemi, W. B. (2018).

Pengaruh Disiplin Ibadah Sholat, Lingkungan Sekolah, dan IntelegensiTerhadap Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. EDUKASI:Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan, 16 (2). Sulfemi, Wahyu Bagja dan Hilga Minati. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Peserta DidikKelas 3 SD Menggunakan Model Picture And Picture dan Media Gambar Seri.JPSD.4 (2), 228- 242. Sulfemi, W. B., & Yuliana, D. (2019) .

Penerapan Model Pembelajaran DiscoveryLea rningMeningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan.JurnalRontal Keilmuan Pancasila dan Kewarganegaraan, 5(1), 17-30. Sulfemi, Wahyu Bagja. (2019).

Bergaul Tanpa Harus Menyakiti.Bogor : Visi Nusantara Maju. Sulfemi, Wahyu Bagja. (2019).

Menanggulangi Prilaku Bullying Di Sekolah.Bogor : VisiNusantara Maju. Sulfemi, Wahyu Bagja dan Yuliani, Nunung. (2019).

Model Pembelajaran Contextual TeachingAnd Learning (CTL) Berbantu Media Miniatur Lingkungan Untuk MeningkatkanHasil Belajar IPS. Edunomic : Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi FakultasKeguruan Dan Ilmu Pendidikan. 7 ( 2) . 73-84. Sulfemi, W. B. (2019).

Model Pembelajaran Kooperatif Mind Mapping Berbantu Audio VisualDalam Meningkatkan Minat, Motivasi dan Hasil Belajar IPS. Jurnal PIPSI (JurnalPendidikan IPS Indonesia), 4(1), 13-19. Sulfemi, W. B. (2019).

Manajemen Pendidikan Berbasis Multi Budaya. Bogor : STKIPMuhammadiyah Bogor.

Downloads

Published

2023-08-12