PELATIHAN PENERAPAN TES KEBUGARAN PELAJAR NUSANTARA PADA GURU PJOK DI SAMARINDA

Authors

  • Muhammad Sukron Fauzi Universitas Mulawarman
  • Didik Cahyono Universitas Mulawarman
  • Naheria Universitas Mulawarman
  • Gyta Krisdiana Cahyaningrum Universitas Mulawarman
  • Helda Dwi Amalia Universitas Mulawarman

DOI:

https://doi.org/10.55681/ejoin.v1i8.1412

Keywords:

Keguruan, Pendidikan Jasmani, Pengukuran, Kebugaran Pelajar Indonesia

Abstract

Tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan pemahaman dan keterampilan untuk mengukur kebugaran jasmani siswa. Manfaat dari kegiatan ini adalah semua sekolah di kota samarinda memiliki data kebugaran jasmani yang benar, dan bisa dijadikan sebagai indikator bagi guru PJOK untuk mengembangkan dan melaksanakan program kegiatan olahraga di lingkungannya masing-masing sekolah. Metode yang digunakan adalah pemberian materi dan bantuan yaitu; Tahap pertama menyediakan pengetahuan/pemahaman tentang konsep kebugaran jasmani, tujuan dan manfaat kebugaran jasmani bagi siswa, praktik pengukuran tes kebugaran pelajar nusantara. Hasil dari pelatihan (a) diharapkan guru-guru PJOK paham tentang tujuan kebugaran bagi pembelajaran (b) diharapkan guru-guru PJOK paham tentang pedoman tes kebugaran pelajar nusantara (TKPN). (c) Setelah mengikuti kegiatan pelatihan secara aktif maka diharapkan guru-guru PJOK memperoleh pengalaman teori maupun praktik mengenai tes kebugaran pelajar nusantara (TKPN) Hasil pengabdian ini tingkat kemampuan free test ditemukan bahwa 50% pengetahuan guru PJOK terkait teori maupun praktik tes kebugaran pelajar nusantara (TKPN) tergolong kategori rendah sedangkan setelah diberi pelatihan didapatkan hasil post test 83% tergolong kategori tinggi guru PJOK menguasai pengetauan teori maupun praktik tes kebugaran pelajar nusantara (TKPN) Berdasarkan buku pedoman tes kebugaran pelajar nusantara (TKPN) dari Kemenpora. Dan mereka berjanji akan memulai melaksanakan tes kebugaran disekolah

Downloads

Download data is not yet available.

References

Irianto, F. Y. (2013). Hubungan Status Gizi Dan Aktivitas Olahraga Dengan Tingkat Kebugaran Jasmani. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 01(02)

Mae, R. M. (2017). Pengembangan model tarian bonet untuk kebugaran jasmani dalam pembelajaran penjasorkes di sekolah dasar. Jurnal Keolahragaan, 5(1). https://doi.org/10.21831/jk.v5i1.12772

Prakoso, D. P., & Hartoto, S. (2015). Pengukuran Tingkat Kebugaran Jasmani Terhadap Siswa Yang Mengikuti Ekstrakulikuler Bolavoli di SMS DR.Soetomo Surabaya. JurnalPendidikan Olahraga Dan Kesehatan, Volume 3.

Prasetio, E., Sutisyana, A., Ilahi, B. R., & Defliyanto, D. (2018). Tingkat KebugaranJasmani Berdasarkan Indeks Massa Tubuh Pada Siswa Smp Negeri 29 Bengkulu Utara. Kinestetik, 2(2). https://doi.org/10.33369/jk.v2i2.8738

Prayitno, J., & Winarno, M. E. (2021). Kebugaran Jasmani Peserta Ekstrakurikuler Olahragadi SMA Negeri Kota Malang. Sport Science and Health, 3(10). https://doi.org/10.17977/um062v3i102021p808-813

Rohmah, L., & Muhammad, H. N. (2021). Tingkat Kebugaran Jasmani dan Aktivitas Fisik Siswa Sekolah. Jurnal Universitas Negeri Surabaya, 09(01).

Sastaman, P. (2015). Analisis Tingkat Kebugaran Jasmani Antara SiswaYang Berjalan Kaki Dan Bersepeda Pada Siswa Putra Kelas ViiiMadrasah Tsanawiyah Negeri 1 Pontianak. Jurnal Pendidikan Olahraga, 4(2).

Sultan, A., Susandi, B., Wahyudi, E., & Fajrin, I. (2019). Tingkat Kesegaran Jasmani Indonesia (Tkji) Siswa Peserta Ekstrakurikuler Madrasah Aliyah Negeri Tolitoli. Tadulako Journal Sport Sciences and Physical Education, 7.

Trisnata, P. A., Hanief, Y. N., & Bekti, R. A. (2020). Studi Hasil Tes Kebugaran Jasmani Siswa Kelas Atas di Sekolah Dasar Negeri 03 Talang Tulungagung Tahun Ajaran 2019.Jurnal Literasi Olahraga, 1(1). https://doi.org/10.35706/jlo.v1i1.4047

Wulandari, A., & Hariyanto, E. (2022). Survei Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Tunarungudi SMPLB-B. Sport Science and Health, 2(3). https://doi.org/10.17977/um062v2i32020p195-.

Downloads

Published

2023-08-12