PELATIHAN DASAR ARDUINO SEBAGAI PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TEKNIK ELEKTROMEDIS

Authors

  • Sri Ulina Universitas Sari Mutiara Indonesia
  • Mhd Aldi Primasyukra Universitas Sari Mutiara Indonesia
  • Marnida Yusfiani Politeknik Tanjungbalai, Tanjungbalai
  • Ayu Diana Politeknik Tanjungbalai, Tanjungbalai
  • Ahmad Fauzan Lubis Politeknik Tanjungbalai, Tanjungbalai
  • Didy Suharlan Politeknik Tanjungbalai, Tanjungbalai

DOI:

https://doi.org/10.55681/ejoin.v1i8.1411

Keywords:

Pengembangan Pembelajan, Elektronika Dasar, Arduino

Abstract

Media pembelajaran merupakan salah satu faktor penting dalam meningkatkan hasil belajar. Dengan media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik mahasiswa dapat membantu dan memahami pembelajaran.Dengan perkembangan teknologi yang bergerak dengan pesat, maka pengembangan media pembelajaran bisa dilakukan dengan baik. Perkembangan arduino yang saat ini semakin berkembang dalam segala bidang. Tujuan dari pelaksanaan pengabdian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran interaktif yang valid, praktis, dan efektif untuk membantu mahasiswa dalam menguasai bidang elektromedis. Adapun hasil dari kegiatan ini dapat membuat dan memahami media pembelajaran  arduino dasar dan mengimplementasikannya dengan baik. Diharapakan untuk kedepan  dengan adanya kegiatan ini dapat inspirasi dan motivasi para peserta serta dapat berinovasi dalam pengembangan IPTEK di dunia elektromedis.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Teni Nurrita, “Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa,” Misykat, vol. 03, no. 1, pp. 171–187, 2018.

R. Novita and S. Z. Harahap, “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Sistem Komputer Di SMK,” J. Inform., vol. 8, no. 1, pp. 36–44, 2020, doi: 10.36987/informatika.v8i1.1532.

N. Suryani, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis IT,” Semin. Nas. Pengemb. ICT, no. November, pp. 102–114, 2015, [Online]. Available: http://repository.unib.ac.id/490/1/04. Isi vol x 2012 - Nurul Astuty Yensi 024-035.pdf

Ani Shayadi, “Pengembangan Media dan Sumber Belajar Teori dan Prosedur,” in Laksita Indonesia, vol. 1, no. 1, 2019, pp. 1–152.

S. Mawarni and A. Muhtadi, “Pengembangan digital book interaktif mata kuliah pengembangan multimedia pembelajaran interaktif untuk mahasiswa teknologi pendidikan,” J. Inov. Teknol. Pendidik., vol. 4, no. 1, pp. 84–96, 2017, doi: 10.21831/jitp.v4i1.10114.

M. Harahap, A. Syahputra, and S. Suherman, “Analisis Karakteristik Daya Output Inverter Pembangkit Listrik Tenaga Air Skala Kecil Menggunakan Arduino,” J. Rekayasa Mesin, vol. 18, p. 105, Apr. 2023, doi: 10.32497/jrm.v18i1.3949.

A. V. Malik et al., “Pemanfaatan Arduino Uno Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa SMK Dalam Internet Of Things,” Abdi J. Publ., vol. 1, no. 6, pp. 585–589, 2023.

M. Ali, “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Mata Kuliah Medan Elektromagnetik,” J. Edukasi Elektro, vol. 5, no. 1, pp. 11–18, 2009.

M. Manfaluhty and S. Wilyanti, “Pelatihan Platform Arduino Untuk Fungsi Switching, Monitoring, Dan Pengontrol Bagi Smk Di Wilayah Bekasi,” J. Pengabdi. Masy. IPTEKS, vol. 4, no. 1, pp. 44–64, 2018, doi: 10.32528/pengabdian_iptek.v4i1.1498.

Downloads

Published

2023-08-10