PELATIHAN ECOPRINT DAN MANAJEMEN USAHA UNTUK IBU PKK DI DESA JURUNG, DESA KIMAK KECAMATAN MERAWANG DAN DESA SEMPAN KECAMATAN PEMALI KABUPATEN BANGKA

Authors

DOI:

https://doi.org/10.55681/ejoin.v1i8.1399

Keywords:

Ecoprint, Manajemen Usaha, Kelompok Usaha

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat bertujuan untuk menyelenggarakan Pelatihan Ecoprinting, Manajemen Usaha dan Pembentukan Kelompok bagi Ibu-Ibu PKK. Tujuan dari pelatihan ini adalah memberikan pengetahuan tentang pembuatan ecoprint, pembentukan kelompok usaha, dan manajemen usaha yang bertujuan untuk meningkatkan dan menonjolkan ciri khas dari Desa Jurung, Desa Kimak Kecamatan Merawang, dan Desa Sempan Kecamatan Pemali Kabupaten Bangka. Metode yang digunakan dalam pelatihan ini meliputi pendampingan, diskusi, workshop, dan bimbingan teknis (bimtek) pembuatan ecoprint dan manajemen usaha sederhana. Hasil dari pelatihan ini menunjukkan respon yang sangat baik dan antusias dari seluruh peserta. Materi, fasilitator, tempat pelatihan, dan konsumsi juga mendapat pujian dari peserta karena sangat membantu dan bermanfaat. Dengan pelatihan ini, peserta menjadi lebih terampil dalam prosedur ecoprint dan memiliki pengetahuan yang baik tentang manajemen usaha. Hal ini diharapkan dapat membantu meningkatkan ekonomi masyarakat di Desa Jurung, Desa Kimak Kecamatan Merawang, dan Desa Sempan Kecamatan Pemali Kabupaten Bangka.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anand, B., & Dhar, A. (2021). Sustainable Business Management: Concepts, Practices, and Challenges. IGI Global.

Herlina, M. S., Dartono, F. A., & Setyawan. (2018). Eksplorasi Eco Printing Untuk Produk Sustainable Fashion. 15(02), 118–130.

Kurniawati, D. P, Supriyadi, B, dan Hanafi, I. (2013). Pemberdayaan Masyarakat di Bidang Usaha Ekonomi (Studi pada Badan Pemberdayaan Masyarakat Kota Mojokerto). Jurnal Administrasi Publik, Vol.1, No. 4, 9-14.

Nurcahyanti, D., & Septiana, U. (2018). Handmade Eco Print as a Strategy to Preserve the Originality of Ria Miranda’ s Designs in the Digital Age. Mudra Jurnal Seni Budaya, 33(3), 395-400.

Ribeiro, R. R., de Oliveira, F. L., & da Silva, R. M. (2020). Ecoprint: An Eco-Friendly Alternative for Textile Printing. Sustainability, 12(24), 10241.

Saptutyningsih, E., & Wardani, D. T. K. (2019). Pemanfaatan Bahan Alami Untuk Pengembangan Produk Ecoprint Di Dukuh Iv Cerme, Panjatan, Kabupaten Kulonprogo. Warta LPM, 21(2), 18–26.

Saraswati, H., Iriyanto, E., & Putri, H. Y. (2019). Semiotika Batik Banyumasan sebagai bentuk identitas budaya lokal masyarakat Banyumas. Piwulang: Jurnal Pendidikan Bahasa Jawa, 7(1), 16-22.

Sedjati, D. P., & Sari, V. T. (2019). Mix teknik ecoprint dan teknik batik berbahan warna tumbuhan dalam penciptaan karya seni tekstil. Corak: Jurnal Seni Kriya, 8(1), 1-11.

Downloads

Published

2023-08-12