PENYULUHAN BAGI BAGI IBU BURUH TANI PENTINGNYA PENDIDIKAN KELUARGA DALAM MENANAMKAN KARAKTER ISLAMI ANAK DI DESA DULANG KEC. BARAKA KAB. ENREKANG

Authors

  • Salmiati Universitas Muhammadiyah Parepare
  • Andi Abd Muis Universitas Muhammadiyah Parepare
  • Nurlina Jalil Universitas Muhammadiyah Parepare
  • Lismawati Universitas Muhammadiyah Parepare
  • Jumarni Universitas Muhammadiyah Parepare

DOI:

https://doi.org/10.55681/ejoin.v1i8.1379

Keywords:

Ibu Buruh Tani, Pendidikan Keluarga, Karakter Islami

Abstract

Keluarga merupakan tempat utama dan pertama bagi anak dalam memperoleh pendidikan. Salah satu materi pendidikan yang utama diperoleh anak dalam keluarga adalah pendidikan karakter. Orang tua terutama ibu diharapkan menjadi garda terdepan dalam menanamkan dan menguatkan karakter islami kepada anak. Urusan pekerjaan tidak boleh menjadi alasan tidak terpenuhinya edukasi karakter islami kepada anak. Namun fakta yang terjadi peran keluarga selama ini hanya sebatas tempat berinteraksi antara setiap anggota keluarga, keterbatasan waktu orang tua dengan alasan mencari nafkah, serta keterbatasan pengetahuan orang tua menjadikan keluarga belum seutuhnya menjadi tempat pendidikan yang pertama dan utama bagi anak. Kajian ini bertujuan untuk mendeskripsikan beberapa model dalam pendidikan keluarga yang dapat membangun dan menguatkan karakter islami anak. Fokus dalam PkM ini adalah penyuluhan pada ibu buruh tani bawang merah tentang peran keluarga dalam menanamkan karakter islami anak. Hasil yang ditargetkan dari kegiatan ini adalah para ibu buruh tani bawang merah memahami dan mampu memainkan perannya sebagai garda terdepan dalam penanaman karakter islami anak. Beberapa langkah ditempuh dalam kegiatan PkM ini yaitu: (1) Persiapan; meliputi kegiatan observasi dan survey di lapangan, penetapan materi penyuluhan dan sasaran peserta pelatihan, dan persiapan materi pelatihan dan tempat pelaksanaan pelatihan, serta penetapan target luaran pelatihan yang akan dicapai; (2) Pelaksanaan; yaitu: sosialisasi dan penyuluhan, Observasi dan evaluasi; dan (3) Penulisan laporan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Undang-undang Republik Indonesia No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidkan Nasional Jakarta.

Hawassy, Ahmad. Kajian Akhlak dalam Bingkai Aswaja, Banten: Genggambuk E-Publisher, 2018.

Suyadi, Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2015.

Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sekretariat Negara Republik Indonesia, 2003

Mulyasa. Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) pada sekolah dan madrasah, Jakarta: Bumi Aksara, 2011.

Yusnita, I., & Masykur. Modifikasi Model Pembelajaran Gerlach Dan Ely Melalui Integrasi Nilai-Nilai Keislaman Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis. Al-Jabar, 7(1), 2016.

Khanafi, Muhammad Yusuf. Konsep Pendidikan Karakter Islami (Telaah Kritis atas Pemikiran Najib Sulhan). Semarang: Institut Agama Islam Negeri Walisongo, 2011.

Surya, Edi. Visual Thinking dalam Memaksimalkan Pembelajaran Matematika Siswa dapat Membangun Karakter Bangsa. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika,Volume 5 Nomor 1. Universitas NegeriMedan, 2012.

Downloads

Published

2023-08-07