PEMBERDAYAAN KP-ASI UNTUK MENINGKATKAN ASI EKSKLUSIF DI DESA NGARIBOYO KECAMATAN NGARIBOYO KABUPATEN MAGETAN

Authors

  • Astin Nur Hanifah Poltekkes Kemenkes Surabaya Prodi D3 Kebidanan Magetan
  • Nana Usnawati Poltekkes Kemenkes Surabaya Prodi D3 Kebidanan Magetan
  • Triana Septianti Purwanto Poltekkes Kemenkes Surabaya Prodi D3 Kebidanan Magetan

DOI:

https://doi.org/10.55681/ejoin.v1i8.1297

Keywords:

Pemberdayaan , Asi Eksklusif , KP Asi

Abstract

Seribu hari pertama kehidupan merupakan masa terpenting dalam hidup seseorang. Pada masa ini dibutuhkan asupan gizi dari ibu baik yang dikonsumsi ibu maupun yang berasal dari simpanan ibu (ASI). Pemenuhan gizi yang optimal akan memberikan kesempatan hidup lebih lama pada anak, lebih sehat, lebih optimal dan lebih produktif. Cakupan ASI Kabupaten Magetan dibawah target 80%. Cakupan ASI Eksklusif di Puskesmas Ngariboyo sebesar 74,3%.  Dengan rincian sebagai berikut Desa Ngariboyo dari 9 bayi yang diperiksa, 2 orang yang memberikan ASI eksklusif (22,2%). dan masih dibawah target kabupaten Magetan. (Dinas Kesehatan Kabupaten Magetan, 2020). Di Desa Ngariboyo belum dibentuk kelompok pendukung (KP-ASI) , sehingga masih terus diperlukan upaya edukasi tentang ASI dan menyusui yang berkelanjutan mulai dari kehamilan trimester III dengan harapan semua ibu setelah melahirkan memberikan ASI Eksklusif.  Melihat permasalahan yang dihadapi desa tersebut, maka diperlukan upaya edukasi tentang ASI dan menyusui yang berkelanjutan mulai dari kehamilan trimester III sehingga semua ibu setelah melahirkan memberikan ASI Eksklusif, oleh karena itu perlu diberikannya intervensi untuk meningkatkan cakupan pemberian ASI Eksklusif. Tujuan dari pengabdian pada masyarakat ini adalah terlaksananya upaya  Pendampingan Menyusui Melalui Pemberdayaan. Kegiatan ini akan bekerja sama dengan Desa Ngariboyo Kecamatan Ngariboyo Magetan. Sasaran Kelompok Pendukung ASI adalah kepala desa, bidan desa, kader kesehatan, ibu hamil trimester III dengan jumlah peserta 20 orang setiap kelas. Metode kegiatan diawali dengan tahap perijinan, pembentukan KP-ASI, Penyampaian materi KP-ASI, Pendampingan KP-ASI. Evaluasi didapat dari hasil pre test dan post tes untuk mengevaluasi peningkatan pengetahuan dan sikap, serta pendampingan KP-ASI selama 3 bulan untuk mengevaluasi keberhasilan pendampingan menyusui dan pemberian ASI Eksklusif. Luaran dan target capaian kegiatan adalah: publikasi artikel ilmiah yang sudah submit jurnal nasional yang ber ISSN; modul KP-ASI, HKI modul KP-ASI; meningkatkan pemahaman, sikap dan perilaku ibu hamil trimester III dan ibu menyusui tentang ASI menyusui dan permasalahan dalam menyusui; meningkatkan pemberian ASI Eksklusif . Hasil yang dicapai adalah Peningkatan pengetahuan KP-ASI desa Peningkatan pengetahuan KP-ASI desa Ngariboyo sebesar 33,29%. Peningkatan sikap KP-ASI desa Ngariboyo sebesar 31,95%.  Pendampingan menyusui 3 bulan tidak ditemukan masalah dalam menyusui

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ambarwati, M. R., Setiyani, A. and Usnawati, N. (2017) ‘Efektifitas Kelas Diskusi ASI sebagai media promosi kesehatan dalam meningkatkan praktik menyusui’, Jurnal Kesehatan Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Ternate, 10(1), pp. 7–14.

Azwar, S. (2009) Sikap Manusia, Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dinas Kesehatan Kabupaten Magetan (2019) Profil Kesehatan Kabupaten Magetan Tahun 2018. Magetan.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (2012) Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 33 Tahun 2012 Tentang Pemberian Air Susu Ibu Eksklusif. Jakarta.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (2019) Data dan Informasi Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2018. Jakarta.

Notoatmodjo, S. (2010) Promosi Kesehatan, Teori dan Aplikasi. Jakarta: Rineka Cipta.

Usnawati, N. (2017) ‘Efektitas Parent Education dalam meningkatkan pengetahuan dan sikap pasangan primigravida tentang ASI Eksklusif’, Jurnal Penelitian Kesehatan Suara Forikes, vii(3), pp. 121–125.

Depkes RI. 2008. Paket Modul Kegiatan Inisisasi Menyusu Dini (IMD) dan ASI Eksklusif. Jakarta: Depkes RI, Ditjen Binkesmas

Downloads

Published

2023-08-05