PELATIHAN PENGEMASAN DAN PEMASARAN BAGI KELOMPOK WANITA WIRAUSAHA OLAHAN MANGROVE DI PANTAI HARAPAN JAYA, MUARA GEMBONG
Keywords:
Mangrove, Media Pemasaran Online, Pengemasan, PemasaranAbstract
Tanaman mangrove jenis buah pidada banyak ditemukan di Desa Pantai Harapan Jaya, Kecamatan Muara Gembong, Kabupaten Bekasi yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai olahan makanan, salah satunya adalah selai buah pidada. Selai ini diproduksi oleh para ibu yang tergabung dalam Kelompok Wanita Wirausaha Olahan Mangrove. Pengolahan dan pemasarannya masih sangat sederhana. Produksi dan jangkauan penjualannya juga masih terbatas. Selain itu, mereka juga belum menggarap pengemasan dan pemasaran secara profesional . Karenanya mereka perlu diberikan bimbingan dalam cara-cara pengemasan yang layak jual dan pemasaran yang cakupannya lebih luas lagi.Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah melatih para produsen pangan olahan mangrove mengenai bagaimana melakukan pengemasan dan pemasaran melalui media online atau menggunakan social media, khususnya Instagram. Pelatihan diadakan pada Maret -Juni 2022. Metode kegiatan berupa tutorial, diskusi, pemberian tugas, dan praktik langsung. Setelah pelatihan pengemasan dan pemasaran dilakukan terlihat ada peningkatan hasil dari kegiatan PKM tersebut terutama untuk pelatihan pengemasan, namun untuk pemasaran melalui media online berupa Instagram hasilnya belum memperlihatkan hasil yang maksimal. Sehingga hasil evaluasinya untuk pemasaran melalui Instagram nantinya lebih diintensifkan untuk hal ini karena Instagram merupakan hal baru bagi mereka sehingga mereka masih harus mempelajari fitur-fiturnya. Mereka juga harus mulai membiasakan diri melakukan promosi melalui Instagram.
Downloads
References
Braun, K. (2018, 28 Maret). A Digital Marketing Survival Guide For Small Businesses [daring] Diakses dari https://www.forbes.com/sites/forbesagencycouncil/2018/03/28/a-digital- marketing -survival-guide-for-small-businesses
Cenadi, C.S. (1999). Elemen-Elemen dalam Dasar Komunikasi Visual. Jurnal Nirmana, Volume 1, Nomor 1, Surabya: Universitas Kristen Petra
Cenadi, C.S. (2000). Peranan Desain Kemasan dalam Dunia Pemasaran. Jurnal Nirmana, Volume 2, Nomor 1, Surabaya: Universitas Kristen Petra
Dhameria, V. (2014). Analisis Pengaruh Keunikan Desain Kemasan Produk, Kondusivitas Store Environment, Kualitas Display Produk Terhadap Keputusan Pembelian Impulsif (Studi Pada Pasaraya Sri Ratu Pemuda Semarang). Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, Volume XIII, 1 Mei, 1, hal 1-44, Semarang: Center of Marketing Science Universitas Diponegoro.
Hanlon, A. (2015, 2 Februari). Lauterborn’s 4Cs: Consumer wants and needs; Cost to satisfy; Convenience to buy and Communication [daring]. Diakses dari https://www.smartinsights.com/marketing-planning/marketing-models/4cs-marketing- model/
Kotler, P. & K. Keller (2016). Marketing Management. Edisi 15. Edinburgh Gate, Essex: Pearson Education, Inc.
Mulyadi. (2001). Sistem Akuntasi, Edisi 3, Jakarta: Salemba Empat.
Nilsson, J. & Öström, T. (2005). Packaging as a Brand Communication Vehicle (tesis). Diakses dari http://www.diva-portal.org/smash/get/diva2:1027732/FULLTEXT01.pdf
Pemerintah Provinsi Jawa Barat (2017, n.d.). Potensi Wisata [daring]. Diakses dari http://jabarprov.go.id/index.php/potensi_daerah/detail/175/1
Risnandar, C. (2018, 18 Maret). Hutan Mangrove [daring]. Diakses dari https://jurnalbumi.com/knol/hutan-mangrove/
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 EJOIN : Jurnal Pengabdian Masyarakat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.