EDUKASI DENGAN MEDIA FLIPCHART DAN TINDAKAN PENCEGAHAN KARIES EMAIL DENGAN FISSURE SEALANT

Authors

  • Nike Haryani poltekkes kemenkes pontianak
  • Erma Mahmiyah Poltekkes Kemenkes Pontianak
  • Halimah Halimah Poltekkes Kemenkes Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.55681/ejoin.v1i7.1154

Keywords:

pendidikan, karies, fissure sealant

Abstract

(Riset Kesehatan Dasar, 2013) Rata-rata karies gigi (DMF-T) di Kalimantan Barat adalah 6,2 persen, yang berarti rata-rata 6 dari 28 gigi yang dimiliki penduduk perlu diperbaiki. Fakta bahwa ada lebih banyak profesional kesehatan daripada yang optimal hanya memperburuk masalah. Menurut informasi dari Konsil Kedokteran Indonesia (KKI) tahun 2013, hanya ada 166 dokter gigi di Kalbar. Karena masih banyak orang yang belum paham dan tidak sadar akan pentingnya menjaga kesehatan gigi dan gusi, maka tingginya angka kerusakan gigi. Hasil riset (Antara Kalbar, 2017) dari 400 peserta pemeriksaan gratis yang digelar Formula di Kota Pontianak menunjukan 80 persen memang bermasalah pada gigi berlubang.Saat ini masyarakat selain masih ada yang tidak memperhatikan cara menyikat gigi dan waktu yang benar melakukan menyikat gigi yaitu pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur . Hasil penelitian ini menjadi dasar yang sangat penting untuk diterapkannya program Edukasi serta pencegahan karies email dengan Fissure sealant diberikan kepada Siswa SDN 21 Pontianak Utara agar nantinya ada perubahan prilaku menjadi lebih baik dalam menangani masalah kesehatan gigi dan mulut. Berdasarkan hasil identifikasi masalah ditemukan beberapa masalah yang dihadapi mitra yaitu (1) kurang nya pengetahuan yang dimiliki Siswa di SDN 21 Pontianak Utara terkait pencegahan karies dengan fissure sealant, (2) kurangnya edukasi tentang kesehatan gigi dan mulut khususnya pencegahan karies dengan fissure sealant yang harus diterima oleh Siswa SDN 21 Pontianak Utara, (3) Belum adanya media Flipchart untuk menggambarkan tentang pencegahan karies dengan fissure sealant . Kontribusi mendasar program ini adalah transfer ilmu pengetahuan dan cara meningkatkan perubahan pengetahuan dan perilaku mengenai kesehatan gigi dan mulut serta mengedukasi siswa tentang pencegahan karies dengan fissure sealant . Kegiatan ini akan merubah pengetahuan dan perilaku anak dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut. Program yang diusulkan juga untuk menanggulangi masalah kesehatan gigi dan mulut yaitu dengan melakukan Edukasi menggunakan Flipchart pencegahan karies dengan fissure sealant

Downloads

Download data is not yet available.

References

Budiharto. (2008). Pengantar ilmu perilaku kesehatan dan pendidikan kesehatan gigi. EGC.

Fankari. (2004). Pengaruh Penyuluhan Dengan Metode Stimulasi dan Demonstrasi Terhadap Perubahan Perilaku Menjaga Kesehatan Gigi Dan Mulut Anak Sekolah Dasar. Universitas Gadjah Mada.

Haryani. (2002). ‘Hubungan Antara Konsumsi Karbohidrat Dengan Tingkat Keparahan Karies Gigi pada Anak Usia Prasekolah di Kecamatan Depok, Sleman, Yogyakarta. Berita Kedokteran Masyarakat.

Kawuryan, U. (2008). Hubungan Pengetahuan Tentang Kesehatan Gigi dan Mulut dengan Kejadian Karies Gigi Anak SDN Kleco II Kelas V dan VI Kecamatan Laweyan Surakarta. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Khan MHA (last). (2013). Evaluation of School oral health education program. 2, 3.

Pusat Promosi Kesehatan. (2011). PHBS di Sekolah. http://www.promkes.depkes.go.id/bahan/PH BS di Sekolah.pdf.

Downloads

Published

2023-07-11