Peningkatan Hasil Belajar Tendangan Sabit Pencak Silat Melalui Media Audio Visual dan Alat Bantu Pembelajaran Pada Siswa Kelas VII SMA 1 Praya Timur Tahun Ajaran 2022/2023
Keywords:
Hasil Belajar, Tendangan Sabit, Media Audio VisualAbstract
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa VII SMA 1 PRAYA TIMUR Tahun Ajaran 2022/2023 yang berjumlah 20. Sumber data berasal dari guru dan siswa.Teknik pengumpulan data adalah dengan tes tendangan sabit pencak silat dan observasi. Validitas data menggunakan teknik triangulasi data. Analisis data menggunakan teknik deskriptif yang didasarkan pada analisis kualitatif dengan presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui media audio visual dan alatbantu pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar tendangan sabit pencak silat dari prasiklus kesiklus I dan dari siklus I kesiklus II. Proses pembelajaran prasiklus bersifat konvensional sehingga hasil belajar tendangan sabit pencak silat siswa hanya menunjukkan ketuntasan sebesar 25% ( 5 siswa ). Pada siklus I diterapkan pembelajaran melalui media audio visual dan alat bantu pembelajaran sehingga terjadi peningkatan terhadap hasil belajar tendangan sabit pencak silat siswa walaupun belum optimal yaitu sebesar 70% ( 14 siswa ). Pelaksanaan siklus II yang merupakan upaya perbaikan dari siklus I menciptakan proses pembelajaran yang lebih aktif, efektif, efisien, dan menyenangkan sehingga bias mendukung suatu proses pembelajaran yang berkualitas dan dapat meningkatkan ketuntasan belajar tendangan sabit pencak silat siswa yaitu sebesar 85% ( 17 siswa). Kesimpulan penelitian ini adalah melalui media audio visual dan alat bantu pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar tendangan sabit pencak silat pada siswa kelas VII SMA 1 PRAYA TIMUR Tahun Ajaran 2022/2023
References
Arikunto, 2006, Prosudur Penelitian, RINEKA CIPTA ,Jakarta.
Bungin Burhan, 2005, Metidologi Penelitian Kuantitatif, Prenada Media, Jakarta. atau 3,75 >
Muljadi, 2005, Metode statistik Tehnik analisis korelasi dan Komparasi, Surabaya, UNIPA.
Nurhasan, 2001, Penilaian Pendidikan Jasmani, Universitas Terbuka , Jakarta Riduwa, 2005, Metode dan Teknik Penyusunan Tesis, Alfabeta. Bandung.
Sugiyono, 2011, Metode Penelitian Pendidikan, Alfabeta. Bandung Suhud Muhamad, 1989, Sepak Takraw, Balai Pustaka Jakarta.
Waharsono 1985, Petunjuk Praktis Penggunaan dan Perawatan Alat-Alat Olahraga Sepak Takraw, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan , Jakarta. 1998,.
Majalah Sepak Takraw, PB. PERSETASI, Jakarta. 1996.Peraturan, perwasitan, permainan dan Pertandingan Sepak Takraw,
PB. PERSETASI, Jakarta. 2007, Peraturan Permainan Sepak Takraw, PB. PSTI, Jakarta 1982, Permainan Sepak Raga dan Sepak takraw, PLS, Pemuda dan Olahraga DepDikBud RI, Jakarta 1998,
Rule of Circle Game (Takraw Bundaran ), ISTAF TECHNICAL MEETING, Bangkook 2003,
Traditional Sports Sepak Takraw, Sinar Harapan, Jakarta. 2011, Pedoman Pembimbingan dan Penulisan Karya Ilmiah, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Mataram