PENGARUH INOVASI PELAYANAN, KUALITAS PELAYANAN DAN SOSIALISASI PERPAJAKAN TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK KENDRAAN RODA DUA PADA UPTD PELAYANAN PAJAK DAN RETRIBUSI DAERAH PROVINSI BALI DI KABUPATEN BULELENG

Authors

  • I Komang Agoes Udayana Putra Universitas Ngurah Rai
  • Nyoman Diah Utari Dewi Universitas Ngurah Rai
  • Ida Ayu Putu Sri Widnyani Universitas Ngurah Rai

DOI:

https://doi.org/10.55681/jige.v4i4.1356

Keywords:

Inovasi Pelayanan, Kualitas Pelayanan, Sosialisasi Perpajakan, Kepatuhan

Abstract

Pajak kendaraan roda dua merupakan salah satu sumber potensial yang dapat memberikan kontribusi signifikan bagi pendapatan daerah, namun di UPTD  Pelayanan Pajak dan Retribusi Daerah Provinsi Bali di Kabupaten Buleleng mengalami penurunan kepatuhan wajib pajak, hal ini menjadi hambatan utama dalam merealisasikan potensi sumber pendanaan bagi pemerintah daerah. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh inovasi pelayanan, kualitas pelayanan dan sosialisasi perpajakan terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan roda dua di UPTD Pelayanan Pajak dan Retribusi Daerah Provinsi Bali di Kabupaten Buleleng. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner berskala likert. Jumlah responden yang terlibat dalam penelitian ini sebanyak 100 orang menggunakan metode purposive sampling. Instrumen penelitian telah melalui tahapan pengujian validitas dan reliabilitas sehingga indikator yang digunakan layak untuk mengukur variabel. Teknik analisa data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda menggunakan aplikasi Smart PLS. Hasil penelitian menunjukkan inovasi pelayanan, kualitas pelayanan dan sosialisasi perpajakan berpengaruh signifikan secara parsial dan simultan terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan roda dua di UPTD Pelayanan Pajak dan Retribusi Daerah Provinsi Bali di Kabupaten Buleleng. Besarnya pengaruh inovasi pelayanan, kualitas pelayanan dan sosialisasi perpajakan terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan roda dua di UPTD Pelayanan Pajak dan Retribusi Daerah Provinsi Bali di Kabupaten Buleleng sebesar 69,5%. Disarankan untuk mengimplementasikan teknologi digital dan terintegrasi untuk meningkatkan efisiensi pelayanan, meningkatkan kualitas pelayanan, dan melakukan sosialisasi yang lebih intensif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustini, K. D., & Widhiyani, N. L. S. (2019). Pengaruh Penerapan E-Filing, Sosialisasi Perpajakan, Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi. E-Jurnal Akuntansi, 27(2), 1343-1364

Apriliyani, (2022). Pengaruh sosialisasi, pengetahuan, sanksi dan kualitas pelayanan terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor. Journal of innovation in management accounting and business. Vol 1 Issue. 2

Asdevi, T. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Petugas Pajak, Sanksi Perpajakan Dan Biaya Kepatuhan Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Umkm Pada Kpp Pratama Tebing Tinggi (Doctoral dissertation).

Dewi, I. G. A. M. R. (2019). Efektivitas e-samsat, pajak progresif dan kualitas pelayanan terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Bisnis, 4(1), 50-61.

Erna Setijaningrum. (2019). Inovasi Pelayanan Publik, Surabaya. PT Revka Petra Media

Fariska, A., & Andini, I. Y. (2023). Dampak Inovasi Layanan Samsat Keliling Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor (Studi Kasus Kantor Samsat Sumenep). MAMEN: Jurnal Manajemen, 2(1), 111-122.

Mardiasmo. (2018). Perpajakan. Edisi revisi. Yogyakarta: Andi.

Maxuel, A., & Primastiwi, A. (2021). Pengaruh sosialisasi perpajakan dan sanksi perpajakan terhadap kepatuhan wajib pajak UMKM e-commerce. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis, 16(1), 21-29

Muhamad, M. S., Asnawi, M., & Pangayow, B. J. (2019). Pengaruh Sosialisasi Perpajakan, Tarif Pajak, Sanksi Perpajakan, Dan Kesadaran Perpajakan Terhadap Kepatuhan Pelaporan SPT Tahunan Wajib Pajak Orang Pribadi. Jurnal Akuntansi dan Keuangan Daerah, 14(1),

Mujiyati dan M.Abdul Aris. (2019). Perpajakan Kontemporer. Muhammadiyah University Press.Surakarta

Pebrina, R., & Hidayatulloh, A. (2020). Pengaruh penerapan e-spt, pemahaman peraturan perpajakan, sanksi perpajakan, dan kualitas pelayanan terhadap kepatuhan wajib pajak. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 17(1), 1-8.

Purwono, Henry. (2018). Dasar-dasar Perpajakan dan Akuntansi Pajak. Surabaya: Erlangga

Puspanita, I., Machfuzhoh, A., & Pratiwi, R. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak UMKM. Simposium Nasional Mulitidisiplin (SinaMu), 2

Ridwandi, dkk (2021),

Sugiyono. (2019). Metodologi Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Yasa, I. K. T. U., & Dewi, N. A. W. T. (2022). Mengungkap Efektivitas Inovasi Layanan Samsat Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak:(Studi Kasus di Kantor Bersama Samsat Badung). Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Humanika, 12(3), 596-605

Downloads

Published

2023-12-21

How to Cite

Putra, I. K. A. U., Dewi, N. D. U., & Widnyani, I. A. P. S. (2023). PENGARUH INOVASI PELAYANAN, KUALITAS PELAYANAN DAN SOSIALISASI PERPAJAKAN TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK KENDRAAN RODA DUA PADA UPTD PELAYANAN PAJAK DAN RETRIBUSI DAERAH PROVINSI BALI DI KABUPATEN BULELENG. Jurnal Ilmiah Global Education, 4(4), 2396–2402. https://doi.org/10.55681/jige.v4i4.1356